Tiket dan Aktivitas PURI MATARAM Sleman - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas PURI MATARAM Sleman

Tiket dan Aktivitas PURI MATARAM Sleman

Harga tiket masuk ke Puri Mataram: Rp 20.000 hingga Rp 75.000. Jam buka: 09:00 – 17:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Drono, Tridadi, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55511.

Benteng Mataram merupakan objek wisata baru di Kabupaten Sleman. Memadukan wisata alam dan budaya Jawa begitu serasi. Bahkan, kesan tradisional begitu kental menghadirkan wisata budaya Jawa yang sesungguhnya.

Puri Mataram Sleman berdekatan dengan tempat wisata lain di Sleman. Namun objek wisata yang satu ini tentunya sangat berbeda dengan yang lainnya. Oleh karena itu tidak ada perselisihan antara objek wisata lainnya.

Harga Tiket Masuk Puri Mataram Sleman

Untuk memasuki taman hiburan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Pengunjung harus membayar jika ingin menikmati makanan di restoran dan wahana.

Harga Tiket Masuk Puri Mataram Sleman
Tiket masuk pada hari kerja Rp 20.000
Tiket masuk akhir pekan Rp30.000
Harga wahana Puri Mataram Sleman
Kapal tangan per 20 menit Rp 15.000
becak air Rp 20.000
Mengendarai kuda Rp30.000
Delman Rp60.000
Skuter 30 menit Rp 50.000
Skuter 1 Jam Rp 75.000

Baca: Wisata Kampung Flory Sleman ala Kampung

Jam Buka Benteng Mataram

Pengunjung dapat mengunjungi taman ini setiap hari. Dari jam 8 pagi sampai 6 sore.

Jam operasional
Bulat 09.00 – 17.00 WIB
Kafe Mulia 15.00 – 22.00 WIB

Liburan penuh nuansa Jawa di Puri Mataram

Taman Bunga Benteng Mataram SlemanTaman bunga yang ditata dengan cermat di kawasan Puri Mataram Sleman. Foto: Google Maps/aditya nugroho

Tak heran jika Puri Mataram terkenal dengan suasananya yang sangat Jawa. Karena objek wisata ini memiliki konsep seperti pada masa Kerajaan Mataram. Di Sleman sendiri belum ada objek wisata yang memiliki konsep seperti itu.

Taman hiburan ini merupakan objek wisata yang dimiliki oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Namun, pemerintah dan warga tetap membantu menyediakan dana. Pengelolanya juga warga masyarakat setempat.

Setelah memasuki objek wisata, pengunjung akan melihat sebuah joglo yang merupakan sebuah rumah makan. Selain itu, ada juga kolam buatan dan aneka permainan air.

Baca: Tiket Masuk Kebun Binatang GEMBIRA LOKA dan 11+ Aktivitas Seru

Masuk lebih dalam, pengunjung akan melihat hamparan sawah yang menghijau. Bau nasi akan menyambut pengunjung. Di sini terdapat jembatan bambu panjang yang bisa dilintasi pengunjung.

Jembatan bambu ini dibuat begitu artistik. Ada ranting bambu yang menjadi hiasan. Ditambah ornamen bambu yang bisa berbunyi saat angin bertiup.

Pengunjung sering berhenti untuk mengabadikan momen. Foto dengan latar belakang yang indah.

Baca: Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu & 3 Aktivitas Terbaik

Restoran Joglo dengan menu masakan tradisional

Restoran Joglo di Puri MataramKunjungan kuliner ke restoran Joglo di sekitar taman. Foto: Google Maps/Bayu Dewanto

Bangunan Joglo terbesar adalah bangunan induk Puri Mataram. Tempat ini merupakan restoran yang menawarkan berbagai menu tradisional. Tentunya pengunjung bisa mencicipi aneka masakan yaitu: lele mangut, tempe bacem, tahu bacem, sayur lodeh, dan lain-lain.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi menunya antara Rp 8.000 hingga Rp 15.000. Tentu bukan harga yang mahal, mengingat masuk ke tempat wisata pun murah. Sistem cateringnya juga buffet, sehingga pengunjung bebas mengambil sesuai porsinya.

Tips makan disini, pengunjung harus membawa uang tunai. Karena restoran belum menawarkan pembayaran kartu debit atau kredit.

Baca: Tiket Masuk Kastil LOST WORLD dan 5 Spot Foto Keren

Olahraga Air

Sepeda air di danau sekitar tamanBermain biliar dengan sepeda air. Foto: Google Maps/Endah SWR

Di kolam dekat rumah makan Joglo, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan bermain. Di kolam ini terdapat permainan air yang bisa dinikmati tua dan muda. Seperti becak air atau sepeda air berbentuk binatang, sambil berkeliling kolam.

Selain untuk bermain, sepeda air ini juga bisa menjadi sarana berolahraga. Dengan mengayuh, kaki menjadi lebih kuat dan kalori terbakar.

Baca: Tiket Masuk Hutan Pinus MANGUNAN dan 4 Aktivitas Utamanya

Bermain dengan kelinci

Mengajak anak-anak ke Puri Mataram adalah pilihan yang tepat. Disini terdapat taman kelinci, tentunya anak-anak akan senang bermain dengan kelinci.

Mereka bisa berinteraksi langsung dengan kelinci. Pegang, belai, dan bawa kelinci. Bahkan, pengunjung bisa memberi makan kelinci dengan makanan yang disediakan.

Baca: Tiket Masuk BREKSI Cliff Park dan 4 Aktivitas Terbaiknya

Berfoto di taman bunga

Taman bungaTaman bunga berwarna-warni. Foto: Google Maps/N. Amin Iskandar

Selain taman kelinci, di sini juga ada taman bunga. Untuk menuju taman bunga, pengunjung harus melewati jembatan bambu.

Sesampainya di taman bunga, pengunjung akan disambut indahnya bunga-bunga yang bermekaran. Berfoto adalah tujuan utama pengunjung yang datang ke taman bunga ini.

Pasar tunggal Ndelik

Warung dengan konsep pedesaanWarung dengan konsep pedesaan. Foto: Google Maps/aditya nugroho

Pasar Ndelik hanya buka setiap hari Minggu dan hari libur nasional. Disebut Pasar Ndelik karena letaknya di sebuah gubuk kecil dan ditumbuhi pepohonan. Dalam bahasa Jawa, “ndelik” artinya bersembunyi.

Di sini banyak jajanan pasar atau jajanan jaman dulu yang dijajakan. Seperti klepon, cenil, pisang goreng, jenang, pecel dan lain-lain. Yang unik di sini pengunjung harus membayar dengan pandel, bukan rupiah.

Pandel adalah mata uang kayu yang digunakan sebagai alat tukar di pasar Ndelik. 1 pandel bernilai Rp 1000, yang dapat ditukarkan sebelum memasuki pasar Ndelik. Pandel yang tersisa tidak dapat dikembalikan, tetapi dapat digunakan untuk hari berikutnya.

Lokasi dan Kontak Puri Mataram

Taman hiburan ini terletak di Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Dekat dengan kompleks perkantoran Kabupaten Sleman. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Instagram @puri_mataram

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button