KHAS, Destinasi Wisata Kuliner di Taman Valkenet Malabar Kota Bandung - WisataHits
Jawa Barat

KHAS, Destinasi Wisata Kuliner di Taman Valkenet Malabar Kota Bandung

PORTAL BANDUNG TIMUR – Kawasan Kuliner Halal (KHAS) Aman dan Sehat di Valkenet Malabar Park, Jalan Malabar, Kota Bandung ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Kota Bandung. Kehadiran KHAS merupakan salah satu upaya Kota Bandung untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang pangan.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kehadiran KHAS di Valkenet Malabar Park bisa memudahkan wisatawan mencari wisata halal tanpa perlu khawatir dengan produk kuliner yang diburu.

“Namun peresmian kawasan (KHAS) ini bukan dalam kerangka Bandung menjadi kota halal, melainkan upaya Pemkot Bandung memfasilitasi kerja para pelaku UMKM,” kata Yana Mulyana kepada wartawan usai peresmian oleh KHAS. di Malabar Valkenet Park, Jalan Malabar, Kota Bandung, Senin 12 Desember 2022.

Baca juga: Ternyata Korban Gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur Lebih dari 600 Orang

Secara teknis, menurut Yana Mulyana, jika pelaku UMKM di kawasan KHAS sudah terbiasa menjual produk Halal, otomatis akan lebih mudah jika ada sertifikasi Halal. “Kami akan terus memantau perkembangan di kawasan ini,” tambah Yana Mulyana.

Menurut Yana Mulyana, kehadiran destinasi KHAS dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Bandung pascapandemi Covid-19. Apalagi saat ini perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bandung relatif terkendali.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Atet Dedi Handiman mengatakan, kawasan PKL Malabar Valkenet Park merupakan tempat pedagang kaki lima (PKL) yang digalakkan melalui kerjasama antara Pemkot Bandung dengan PT. Mayora Indah Tbk dan diresmikan pada 8 September 2018 dengan total 18 PKL kuliner.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan perlindungan konsumen, menciptakan rasa nyaman dan aman khususnya bagi wisatawan, meningkatkan profitabilitas UKM (dalam hal ini pedagang kaki lima), serta kesadaran dan kepercayaan gaya hidup Halal untuk memberdayakan masyarakat Kota Bandung,” ujarnya. (heriyanto)***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button