Contoh CV lamaran yang baik dan benar - WisataHits
Informasi

Contoh CV lamaran yang baik dan benar

Bisa dikatakan resume (CV) atau resume merupakan senjata pertama dalam mencari kerja. Hal ini dikarenakan resume yang kita kirimkan merupakan hal pertama yang kita pertimbangkan dan dapat menentukan kesan pertama dari departemen sumber daya manusia perusahaan.

Resume yang baik dan benar menjadi perhatian khusus bagi para manajer perusahaan dan personel sumber daya manusia sebagai penerima karyawan baru. Perusahaan akan menggunakan CV Anda untuk memeriksa apakah Anda cocok untuk wawancara berikutnya.

Pada postingan kali ini, Anda akan mempelajari cara menulis resume yang baik dan benar tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lamar. Mulai dari contoh berbagai jenis resume, isi resume, cara menulis resume, hingga tips dan trik untuk memperkuat resume Anda untuk melamar pekerjaan impian Anda.

Pengertian CV

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang berasal dari bahasa latin yang berarti perjalanan hidup saya. Oleh karena itu, resume dimaksudkan sebagai informasi tentang kehidupan seseorang.

Dalam konteks profesional, resume adalah file yang berisi ringkasan informasi tentang identitas dan pencapaian hidup Anda, mulai dari pendidikan hingga pencapaian Anda. Resume yang baik dapat meyakinkan perekrut bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Untuk membuat CV yang tepat, ada aspek-aspek penting yang harus diperhatikan.

Aspek penting dalam sebuah lamaran CV

Berikan informasi pribadi yang memadai

Tergantung pada bidang aktivitas Anda, Anda mungkin diminta untuk menyertakan informasi pribadi lengkap dalam resume Anda. Namun, jika tidak ada persyaratan khusus untuk menguraikan data pribadi secara lengkap, hanya data yang relevan yang harus dipertimbangkan.

Ruang terbatas saat menulis resume, jadi Anda perlu memberikan informasi yang cukup tentang diri Anda agar efektif. Jika Anda lulusan perguruan tinggi baru dan belum memiliki pengalaman kerja, berikan terlebih dahulu informasi identitas pribadi seperti nama, tanggal lahir (usia), jenis kelamin dan dua latar belakang pendidikan terakhir.

Tuliskan keahlian Anda sejujur ​​​​mungkin

Saat menulis resume, penilaian keterampilan sering kali dilebih-lebihkan untuk menarik perhatian perusahaan. Namun, yang tidak disadari banyak orang adalah keterampilan yang mereka cantumkan di resume mereka akan dievaluasi nanti.

Biasanya, keterampilan yang Anda tulis diuji sebelum Anda benar-benar bergabung dengan perusahaan. Hal ini menunjukkan apakah penilaian kompetensi bersifat faktual dan obyektif. Jadi ketika menulis resume yang bagus, jujurlah tentang keahlian Anda.

Jika skill Anda belum mencukupi untuk posisi yang Anda lamar, cobalah tingkatkan skill Anda terlebih dahulu sebelum mengirimkan resume Anda ke perusahaan lain.

Menjelaskan detail pengalaman

Detail pengalaman yang dimaksud adalah proses yang harus dilalui sebelum mendaftar pada perusahaan tertentu. Jika Anda baru saja lulus atau baru saja berhenti dari pekerjaan, Anda mungkin tidak perlu menjelaskannya.

Namun, jika Anda memiliki banyak waktu sebelum mendapatkan pekerjaan, ada baiknya Anda menjelaskan secara singkat hasil positif yang Anda capai.

Saat Anda tidak sedang melakukan kegiatan prakerja di waktu senggang, cobalah untuk mengisi waktu Anda dengan hal-hal yang positif, seperti: Misalnya dengan bergabung dalam komunitas atau organisasi, menjadi sukarelawan di suatu acara, atau mengikuti pelatihan prakerja tertentu. Ini pasti akan membuat Anda lebih berharga sebagai kandidat.

Contoh lamaran CV

Aplikasi sederhana CV

Contoh CV yang pertama ini adalah model CV dengan desain yang simpel dan clean. Resume ini dapat dengan mudah dibuat di Microsoft Word atau program serupa. Jenis resume ini cocok untuk orang yang merasa tidak nyaman membuat resume dengan banyak desain warna-warni dan membayar layanan penulisan resume profesional.

Lamaran resmi CV

Resume formal untuk lamaran pekerjaan umumnya terlihat rapi, jelas, dan ringkas. Anda bisa menambahkan warna dengan santai tanpa mengurangi tampilan formal. Resume jenis ini cocok bagi kita yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan besar yang tidak kreatif seperti manajemen, keuangan, dan administrasi.

Aplikasi kreatif CV

Berbeda dengan resume lamaran kerja formal yang terkesan kaku, resume lamaran kerja di bidang kreatif justru didesain semenarik mungkin dengan mengandalkan kreativitas Anda. Anda dapat menambahkan berbagai aksen warna yang bebas dan dinamis.

Resume kreatif jenis ini sangat cocok bagi kita yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif seperti desain grafis, editor majalah, fotografer, ilustrator atau sejenisnya.

Resume lamaran tulisan tangan

Membuat resume tulisan tangan untuk lamaran pekerjaan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat resume pada umumnya. Pembuatannya juga menggunakan struktur yang sama, seperti: B. identitas pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman profesional, dll.

Contoh lamaran menarik CV

Membangun resume yang baik telah dibahas dengan jelas. Sekarang saatnya menerapkan langkah-langkah membuat resume yang menarik. Jika Anda masih bingung dan membutuhkan inspirasi resume, simak baik-baik contoh resume berikut ini.

Resumenya sangat menonjol dalam hal tata letak dan pilihan warna. Mengingat keahlian pelamar, yaitu ilustrasi dan desain grafis, ia tidak membuang waktu untuk “menyulap” resumenya. Jika Anda salah satu yang memiliki keterampilan tersebut.

Membuat resume yang menarik tidak harus bagus. Hanya saja tampilannya berbeda dari yang lain. Seperti resume di atas. Hanya kombinasi warna lembut dan elegan serta tata letak yang unik yang membuat resume menarik.

Dapatkan berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: https://dailysocial.id/post/contoh-cv-lamaran-kerja-yang-baik-dan-benar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button