Ketika turis dan pelajar mengendarai perusahaan tekstil di Yogyakarta setelah pandemi - WisataHits
Yogyakarta

Ketika turis dan pelajar mengendarai perusahaan tekstil di Yogyakarta setelah pandemi

Ketika turis dan pelajar mengendarai perusahaan tekstil di Yogyakarta setelah pandemi

TEMPO.CO, Yogyakarta – Siapa sangka banyaknya wisatawan dan pelajar di Yogyakarta berperan penting dalam mendongkrak sektor industri tekstil di Yogyakarta? Rajiv Harkishore Lula, pengusaha tekstil ternama yang memiliki sejumlah toko tekstil di Pusat Tekstil di Jalan Uripsumoharjo Yogyakarta, mengatakan turis dan pelajar telah memberikan kontribusi besar dalam mendorong siklus bisnis tekstilnya.

“Banyak wisatawan yang datang awalnya hanya membeli bahan untuk oleh-oleh, lama kelamaan akan pengecer Karena harga kain di sini lebih murah daripada di tempat tinggalnya,” kata Rajiv, Senin, 16 Januari 2023.

Pendiri Zaara NX Textile ini mengatakan, bisnis tekstilnya bisa menjangkau setiap pelosok tanah air melalui wisatawan. Bahkan selama pandemi Covid-19 yang mematikan sebagian besar perekonomian, bisnis tetap berjalan meski penjualan turun hingga 60 persen.

“Sekarang penjualan sudah meningkat sekitar 80 persen, dan perkuliahan sudah normal kembali, banyak mahasiswa yang belanja dan ikut pengecer juga,” kata Rajiv.

Melimpahnya mahasiswa di Yogya, kata Rajiv, menjadi faktor bertahannya industri tekstil Yogya. Para siswa membutuhkan pakaian dari kelulusan mereka hingga upacara pernikahan mereka.

“Mahasiswa yang kini mengenyam pendidikan di bidang fashion adalah penunjang, mereka mencari bahan hijab di baju ke sini lalu menjahitnya menjadi produk jadi dan menjualnya ke konsumen di dalam dan luar negeri,” kata Rajiv. “Dulu mahasiswa Yogya, sekarang jadi reseller dan grosir kain di sini ada dari Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Kalimantan.”

Rajiv menjelaskan, tokonya yang kini memiliki tiga cabang menawarkan ratusan produk kain mulai dari Rp1.000 hingga Rp1,8 juta per meter. pelajar dan wisatawan pengecer Ini banyak berburu untuk jenis barang tulle pernikahanBrokat, batik, katun jepang, motif sutra, kain jaket bahkan kain kerudung.

Toko tekstil ketiga Rajiv akan dibuka dengan gaya megah selama empat hari mulai 19-22 Januari 2023, dengan menghadirkan sejumlah seniman termasuk Soimah, Raffi Ahmad, dan Ivan Gunawan.

Baca juga: Di tempat ini wisatawan bisa berburu oleh-oleh khas Yogyakarta

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button