99% Armada Lolos Ramp Check, Organda DIY Siap Menyambut Liburan Nataru - WisataHits
Yogyakarta

99% Armada Lolos Ramp Check, Organda DIY Siap Menyambut Liburan Nataru

WAKTU INDONESIA, YOGYAKARTA – Sekitar 99 persen armada anggota Organisasi Angkutan Darat atau Organda DIY lolos ramp check. Tidak hanya kendaraan, awak kendaraan juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan.

Dengan kondisi tersebut, Ketua Organda DIY V Hantoro memastikan armada dan awak kendaraan siap melayani masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

“Persiapan Organda DIY menyambut hari raya Nataru kali ini, terutama terkait kesiapan kendaraan dan awak kendaraan juga sudah dilakukan dan semuanya sudah siap,” kata Hantoro, Minggu (27/11/2022).

Ya, semua anggota Organda DIY sudah mempersiapkan diri untuk Nataru. Selain kendaraan dan awak kendaraan, semua dokumen administrasi sudah lengkap, termasuk pajak jalan, pemeriksaan kendaraan, dan surat izin kendaraan.

“Kami optimis kondisi saat ini akan lebih baik dari sebelumnya. Ini dibuktikan dengan mulai pulihnya anggota Organda,” ujar Hantoro.

Hantoro menambahkan, sejak September lalu, bus wisata sudah mulai aktif mengangkut rombongan wisata, baik dari sekolah, kelompok belajar, lembaga dan lainnya.

“September ini bus wisata sudah aktif kembali, makanya kita juga melakukan perawatan rutin. Ada juga banyak kelompok, terutama kelas sekolah. Oleh karena itu, mulai 10 Desember hingga pertengahan Januari akan banyak rombongan study tour,” kata Hantoro.

Selain jumlah pemesanan yang tinggi, bus juga banyak yang melaju. September lalu, perjalanan bisa mencapai 20 hari dalam sebulan.

“Kalau high season, sebulan bisa 25-26 hari. Rata-rata 20 hari, nanti di low season 18 hari. Sudah 20 hari sejak September lalu. Kebanyakan berasal dari kelompok mahasiswa, komunitasnya juga banyak seperti ibu-ibu PKK, haji dan lain-lain,” kata Hantoro.

DIY siap menjadi tuan rumah ATF 2023

Di sisi lain, Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) ke-2 yang akan diselenggarakan pada Februari 2023. DIY merupakan salah satu tempat penyelenggaraan ATF yang diharapkan diikuti oleh 10 negara ASEAN dan lima negara lainnya.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan DIY tentu akan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. “Pada prinsipnya kami siap menyelaraskan ATF. Dan sementara itu mari kita manfaatkan potensi yang ada, karena kita akan kedatangan tamu dari luar negeri. Harapannya ke depan DIY juga bisa lebih banyak dikunjungi tamu mancanegara daripada di Bali,” kata Aji dalam siaran persnya, Minggu (27/11/2022).

Aji menambahkan, Pemda DIY sangat serius melakukan berbagai persiapan penyelenggaraan ATF kali ini. Selain melakukan berbagai perbaikan venue, Gubernur GKR DIY juga secara khusus menunjuk Bendara sebagai ketua Organizing Committee (OC).

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan peserta ATF 2023 akan berasal dari 10 negara ASEAN, serta China, Korea Selatan, Jepang, India, dan Rusia. Topik yang diangkat ATF ke-2 nanti di DIY adalah Journey to Wonderful Destination.

“Ngomong-ngomong, Indonesia juga akan mengambil alih keketuaan ASEAN pada 2023. Tema Keketuaan ASEAN Indonesia adalah “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Sebagai langkah awal penyelenggaraan ATF ke-2 pada 2023, Giri Adnyani menjelaskan pihaknya menggelar kick-off ATF pada November 2022. Kick-off ini dimaksudkan untuk mencerminkan implementasi ATF di sektor do-it-yourself dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi.

“Mengingat kesuksesan acara G20 kemarin di Indonesia dan beberapa pertemuan pariwisata sebelumnya di tingkat internasional, kami yakin ATF akan lebih sukses lagi di DIY nantinya. Berbagai negara telah melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana kami mampu menyelenggarakan event internasional dalam kondisi yang masih dalam tahap pemulihan,” ujar Giri Adnyani.

Kepala Biro Pariwisata DIY Singgih Raharja mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa side event untuk ATF 2023, di antaranya pameran industri kreatif. ATF ke-2, yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 Februari 2023.

“Intinya Jogja sudah siap menjadi tuan rumah ATF. Dan dari sisi beli dan jual, dilaporkan lebih dari 60% telah mengkonfirmasi kehadiran. Dan di ATF ini akan ada dua agenda utama, yang pertama adalah pertemuan tingkat menteri, di mana para menteri pariwisata ASEAN dan lima negara akan berkumpul untuk membahas dan menyusun kesimpulan bahkan deklarasi tentang pengembangan pariwisata dan industri kreatif di ASEAN,” kata Singgih. .

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram Update TI. Caranya, klik link ini dan bergabunglah dengan kami. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button