Ketep Pass menyambut Tahun Baru 2023 dan dilengkapi dengan menara observasi yang menjulang ke langit - WisataHits
Jawa Tengah

Ketep Pass menyambut Tahun Baru 2023 dan dilengkapi dengan menara observasi yang menjulang ke langit

Ketep Pass menyambut Tahun Baru 2023 dan dilengkapi dengan menara observasi yang menjulang ke langit

Krjogja.com – MAGELANG – Objek Wisata Ketep Pass (DTW) yang terletak di dataran tinggi Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tumbuh menjadi destinasi wisata unggulan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang. Mulai tahun 2023, DTW Ketep Pass akan dilengkapi dengan menara observasi setinggi kurang lebih 9 meter yang menjulang ke langit.

“Dengan tower observasi baru ini, wisatawan dapat melihat keindahan alam pegunungan di kaki gunung, antara lain puncak Gunung Merapi dan puncak Gunung Merbabu,” kata Direktur Badan Pengelola Obyek Wisata Ketep Pass Magelang ini. Mul Budi Santoso, di Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Rabu (28/12-2022).

DTW Ketep Pass, dilengkapi menara observasi setinggi lebih dari 9 meter di atas Dataran Tinggi Ketep. Gardu pandang yang dibangun dengan nilai proyek Rp 3,6 miliar ini akan melengkapi fasilitas lengkap bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam lereng Gunung Merapi, gunung berapi teraktif di Indonesia.

Ketep Pass mendapat anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun sejumlah fasilitas. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas tambahan yaitu 10 kios UMKM untuk dijadikan showcase produk UMKM di Kabupaten Magelang, khususnya oleh-oleh. Ada juga 5 warung kuliner yang akan dibangun nantinya untuk melayani tamu kelas menengah.

Lansekap, desain tempat istirahat, toilet bersih dan toilet modern. Ikonnya adalah menara observasi 3 lantai berbentuk lingkaran yang tingginya 9 meter atau 11 meter. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati indahnya lereng Gunung Merapi yang merupakan gunung berapi teraktif di Indonesia.

Menara observasi yang akan dibuka pada 1 Januari 2023 ini bisa dicapai melalui Skywalk. Skywalk ini memiliki panjang sekitar 16 meter untuk selfie, dimulai dari prasasti Ketep Pass hingga lantai dua pos pengamatan. “Yang jelas wisatawan bisa menikmati pemandangan 360 derajat dari Ketep Pass,” kata Mul Budi Santoso yang biasa disapa Bodrek.

Ada beberapa puncak gunung yang bisa dilihat dan dinikmati yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Slamet, Telomoyo dan puncak Andong. Tujuh puncak gunung dapat dilihat dari titik atau menara observasi.

Tahun Baru 2023 menjadi momentum bagi wisatawan untuk datang ke destinasi Ketep Pass. Untuk sampai ke viewpoint, tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Wisatawan bisa melihat pemandangan alam dengan teropong yang bisa disewa, melihat aktivitas Gunung Merapi, keindahan Gunung Merbabu dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa tiket masuk Ketep Pass dikenai biaya Rp 10.500 untuk hari Senin sampai Sabtu. Pada hari Minggu dan hari libur Rp 12.500. Ada juga bioskop yang menayangkan peristiwa erupsi Merapi dengan tiket Rp 9.000. Waktu operasi dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore WIB.

DTW Ketep Pass telah menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Magelang sejak dibuka pada tahun 2002 yaitu Ketep Pass Gardu Pandang. Menara observasi tiga lantai berbingkai besi memiliki kapasitas 130 orang dan menawarkan pemandangan 360 derajat dari tujuh gunung dan teropong.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein menambahkan, pembangunan ini juga dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat kualitas daya tarik wisata pendukung salah satunya Ketep Pass, serta daya dukung lainnya. wilayah Wilayah Kabupaten Magelang.

“Jika kawasan Borobudur, khususnya Candi Borobudur menjadi destinasi wisata prioritas utama, maka perlu penguatan daya tarik wisata pendukung, termasuk daya tarik wisata Ketep Pass. Tujuannya agar bisa menampung kunjungan yang melimpah dan tidak mengecewakan pengunjung karena Ketep Pass saat ini sudah memiliki fasilitas infrastruktur yang berkualitas,” kata Husein. (adv)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button