Keroncong Pesisir Mataraman menjadi acara khas di pesisir selatan Bantul - WisataHits
Yogyakarta

Keroncong Pesisir Mataraman menjadi acara khas di pesisir selatan Bantul

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Rangkaian acara memperingati satu dekade keistimewaan DIY sedang berlangsung.

Menyusul suksesnya Festival Kuliner Mataraman di Laguna View Depok, kini wisatawan bisa menikmati ragam keroncong di Keroncong Pesisir Mataraman di Pantai Samas, Sabtu (9/3/2022).

Acara yang bertajuk South Beach Tone Rhythm ini berlangsung mulai pukul 16.00 hingga 22.00.

Kepala Biro Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengumumkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat branding destinasi pariwisata Kabupaten Bantul kepada masyarakat, khususnya para pemangku kepentingan pariwisata, baik individu maupun organisasi, melalui potensi seni yang dimiliki. Pantai Samas juga dipilih untuk acara ini untuk memulihkan atau memulihkan pengunjung yang sebelumnya terkena dampak pandemi Covid-19.

“Melalui kegiatan ini, kami juga berharap destinasi Bantul tetap menjadi destinasi wisata populer di antara wilayah Indonesia lainnya,” ujarnya, Jumat (9 Februari 2022).

Pihaknya ingin menghidupkan kembali kejayaan Pantai Samas dengan menggelar keroncong di tepi pantai. Diharapkan acara ini menjadi ciri khas Kabupaten Bantul dan hanya dimainkan di wilayah Pesisir Selatan.

Dijelaskannya, Bantul memiliki berbagai kekayaan budaya dan adat sebagai warisan nenek moyang. Potensi ini perlu dihadirkan kepada masyarakat luas, termasuk melalui kegiatan di Keroncong Pesisir Mataraman.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan citra positif pariwisata di wilayah Bantul, khususnya wilayah pesisir, sebagai destinasi wisata unggulan bagi masyarakat luas sebagai bentuk dukungan pengembangan potensi wilayah tersebut,” ujarnya.

Ia berharap acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi seni dan budaya yang ada di Bantul sebagai penunjang daya tarik wisata. Selain peluang untuk terus meningkatkan citra positif pariwisata daerah, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul guna meningkatkan pendapatan daerah melalui retribusi masuk ke daerah tujuan wisata.

Kelompok sasaran penyelenggaraan Keroncong Pesisir adalah masyarakat umum sebagai calon wisatawan, musisi di Bantul dan pecinta musik khususnya milenial. Tentu saja keroncongan yang dimainkan dikemas dalam aransemen modern untuk menarik minat anak muda.

Acara ini dimeriahkan oleh Sekolah Menengah Musik (SMKN 2 Kasihan), Keroncong Kawulo Alit dan Paksi Band. Sedangkan pimpinan acara ini adalah MC ternama dari Yogyakarta, Fira Sasmita dan Gundhisos. (n)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button