Kereta api pangrango berjalan lagi, oleh-oleh ini bisa kamu dapatkan dari sukabumi - WisataHits
Jawa Tengah

Kereta api pangrango berjalan lagi, oleh-oleh ini bisa kamu dapatkan dari sukabumi

TEMPO.CO, jakarta – PT Kereta Api Indonesia Operation Area 1 Jakarta akan mengoperasikan KA Pangrango jalur Bogor-Cicurug mulai Minggu 10 April 2022. KA Pangrango akan beroperasi tiga kali pulang pergi per hari dengan satu kali pelayanan dari stasiun Bogor Paledang ke stasiun sukabumi. Tarif promosi yang berlaku adalah Rp 45.000 untuk kereta Ekonomi dan Rp 80.000 untuk kereta Eksekutif.

Pengoperasian Pangrango membuat perjalanan menjadi lebih mudah lagi. Misalnya, menuju ke sana dari Jakarta lebih mudah dicapai. Saat Anda berkunjung ke Sukabumi, Anda bisa membawa pulang oleh-oleh berikut ini:

  1. Tutug Oncom

Makanan ini biasanya banyak dijual di pedagang kaki lima. Dalam bahasa Sunda sering diolah dan disebut nasi tuug-oncom sangu tutug oncom dibuat dengan cara ditumis dengan oncom goreng atau bakar. Makanan ini paling enak disantap hangat-hangat, ditemani beberapa menu pelengkap seperti lalapan, ayam, dan sambal.

  1. Kue Mochi Lentera

Mochi Sukabumi terkenal dengan tampilan variasi warna yang berbeda-beda. Rasa mochi juga digemari karena mudah dimakan dan memiliki rasa yang kenyal.

mulai cybex.pertanian.go.id, Mochi Hawker Center terletak di Jalan Bhayangkara. Namun Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Bahan dasar pembuatan mochi adalah tepung beras, tepung ketan, kacang tanah, dan susu kental manis.

  1. kue

Orang Sukabumi biasanya makan kue untuk sarapan. Selain kue, penjual juga menyediakan kue odading dan bantal di vending cart miliknya. Jajanan ini bisa Anda temukan sebagai oleh-oleh di sepanjang pinggir Jalan Sukabumi.

  1. Bandros Ata

Bandros adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Penjual yang paling terkenal adalah Bandros Mang Ata. Nama Bandros Ata sendiri diambil dari nama penjualnya, yaitu Mbah Ata. Bandros ini bisa Anda temukan di Jalan Gudang sebelum lampu merah di pertigaan menuju Jalan Baros.

  1. Geco atau tauge

mulai placewisataseru.com, geco singkatan dari tauge tauco. Harganya mulai dari Rp 7.000. Vendor Geco banyak ditemui di Jalan Jenderal Sudirman, seberang RS As Syifa.

  1. Nasi Uduk Ungu

Jika Anda menemukan nasi uduk putih di daerah lain, Anda bisa menemukan nasi uduk ungu di Sukabumi. Meski merupakan varian baru, kuliner ini banyak dijual di Sukabumi. Warna ungunya terbuat dari campuran bit atau ubi ungu kemudian dimakan dengan ayam goreng, telur dadar atau lalapan.

  1. Roti Priangan

Itu roti kuno. Bahan dasarnya hanya susu, tepung dan mentega. Penjual yang paling terkenal adalah Roti Priangan Oey Tjiang Lie. Mereka sudah berjualan roti Priangan sejak tahun 1943 dan hanya di Sukabumi.

FATHUR RACHMAN

Baca Juga: Taman Rekreasi Danau Lido, Penyembuhan Tak Harus Jauh dari Jakarta

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button