Keren! Mulai hari ini, 5.000 lampion akan dipasang secara individual untuk menyambut Tahun Baru Imlek - WisataHits
Yogyakarta

Keren! Mulai hari ini, 5.000 lampion akan dipasang secara individual untuk menyambut Tahun Baru Imlek

Keren!  Mulai hari ini, 5.000 lampion akan dipasang secara individual untuk menyambut Tahun Baru Imlek

Harianjogja.com, SOLO — Perayaan Imlek tahun ini di Kota Surakarta akan semarak dengan pemasangan 5.000 lampion.

Ribuan lampion itu akan dipasang di Jalan Urip Sumoharjo dan Jenderal Sudirman Plaza Balai Kota Surakarta mulai 10 Januari hingga 5 Februari.

Ketua Panitia Imlek 2023 Sumartono Hadinoto mengatakan, perayaan Imlek tahun ini di Solo akan lebih meriah dari tahun lalu yang masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Imlek 2022 dirayakan sederhana karena masih pandemi dengan memasang 1.000 lampion. Tahun ini pusat Kota Surakarta dihiasi 5.000 lampion,” kata Sumartono dalam jumpa pers di Kantor PMS Solo, Selasa (10/1/2023).

BACA JUGA: Rayakan Imlek di jantung pusat kota Jogja dengan Yu Sheng Meal Portions, Salad Imlek Penuh Makna

Sumartono mengatakan perayaan Imlek tahun ini ditandai dengan pemasangan ribuan lampion merah dan kuning, ditambah 12 Shio, lampion maskot kelinci, lampion Dewa Rezeki, barongsai, Jileyhud, lampion lilin dan gapura Imlek di Pasar Gede. daerah Solo.

“Lampion akan menghiasi Jalan Urip Sumoharjo atau kawasan Pasar Gede dan Jalan Jenderal Sudirman di kawasan Bundaran Gladag hingga Balai Kota Surakarta. Lampion akan dihias dan dinyalakan pada Selasa hingga 5 Februari,” kata Sumartono.

Dikatakannya, tujuan perayaan Imlek 2023 adalah menjadikan Kota Surakarta sebagai kota pariwisata. Tentunya hal ini juga sesuai dengan visi dan misi Kota Surakarta.

Ia berharap visi dan misi Panitia Imlek terus dipertahankan yaitu mencap kota Solo sebagai kota wisata Imlek, dan juga membandingkan keragaman yang saat ini luar biasa dan dapat memberikan dampak. pada komunitas Tahun Baru Imlek.

Selain itu Panitia Imlek 2023 mengadakan bakti sosial donor darah pada tanggal 14 Januari 2923 di kantor PMI Surakarta dengan target 200 peserta.

Tahun Baru Imlek juga akan dirayakan di Solo, katanya Grebek Sudiro di kawasan Pasar Gede, yang menggambarkan akulturasi atau peleburan budaya Jawa dan Tionghoa menjadi satu dan baru. Kemudian juga akan ada kembang api pada malam tahun baru Imlek pada 21 Januari 2023 di Plaza Balai Kota Surakarta.

Perayaan Imlek, kata dia, juga dimeriahkan oleh tiga perkumpulan barongsai yang berkeliling kota pada 4 Februari 2023 untuk menghibur masyarakat Solo. Ketiga perkumpulan barongsai tersebut berasal dari Sasana Tripusaka, Sasana Macan Putih dan Sasana Budi Dharma.

Tahun Baru Imlek diakhiri pada 5 Februari dengan perayaan Cap Go Meh bersama Pemerintah Kota Surakarta di Gedhe Pendapa Balai Kota Surakarta.

Sementara itu, banyak masyarakat yang berkunjung ke kawasan Pasar Gede dan Jalan Jenderal Sudirman Solo melihat banyak hiasan lampion warna-warni sejak Senin malam (9/1/2023). Mereka dan keluarga berswafoto di setiap spot lampion.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button