Wisata edukasi, apa bedanya dengan wisata wisata lainnya? - WisataHits
Yogyakarta

Wisata edukasi, apa bedanya dengan wisata wisata lainnya?

TEMPO.CO, jakarta – Setiap orang yang melakukan perjalanan belum tentu memiliki tujuan yang sama. Ada berbagai jenis wisata yang tidak sama dalam perencanaan. Pariwisata adalah fenomena yang kompleks di masyarakat seperti dikutip dari buku Pengetahuan dasar pariwisata.

Sedangkan untuk pariwisata ada hotel, tempat wisata, souvenir, pemandu wisata, angkutan wisata, biro perjalanan, restoran. Itu sebabnya setiap tujuan wisata berbeda. wisata pendidikan atau perjalanan pendidikan konsep perjalanan yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang topik tertentu.

Apa itu wisata edukasi?

kutipan Manajemen wisata edukasi untuk menjelaskan, wisata pendidikan atau wisata pendidikan, program perjalanan kelompok untuk perjalanan ke suatu tempat dengan tujuan utama memiliki pengalaman belajar. Pembelajaran berhubungan langsung dengan tempat-tempat yang dikunjungi.

Program wisata edukasi ini dapat berupa ekowisata atau ekowisata, wisata heritage (wisata warisan), wisata pedesaan atau pertanian, wisata masyarakat, pertukaran pelajar antar lembaga pendidikan (pertukaran pelajar).

Wisata edukasi merupakan paradigma pendidikan yang menciptakan nilai di masyarakat. Hal ini merupakan bentuk peningkatan pendidikan sekaligus menciptakan peluang ekonomi baru sebagai hasil dari ilmu yang didapat di bidang pariwisata.

Wisata edukasi sebagai platform pembelajaran tanpa perbedaan usia secara bertahap dapat berkembang menjadi metode pendidikan alternatif. Pariwisata juga berguna untuk mendapatkan wawasan baru tentang budaya atau sejarah negara atau kota lain, menurut IGI Global.

Wisata edukasi di Indonesia

1. Taman Nasional

Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, taman nasional adalah kawasan lindung dengan ekosistem primordial yang dikelola dengan sistem zona yang digunakan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, dan pendidikan dalam mendukung budidaya, pariwisata dan rekreasi. .

2. Museum

Di dalam museum terdapat berbagai peninggalan sejarah dari masa lalu. Ada banyak jenis museum yang bisa dikunjungi di Indonesia tergantung minat dan preferensi pengunjung atau kebutuhan edukasi, seperti; B. Museum seni, museum rumah sejarah, museum sejarah, museum arkeologi dan masih banyak lagi.

Baca: Wisata Edukasi Haji 3D Untuk Mengisi Libur Lebaran

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button