Ada dua masterplan revitalisasi Keraton Surakarta, Gibran: kita review dulu - WisataHits
Jawa Tengah

Ada dua masterplan revitalisasi Keraton Surakarta, Gibran: kita review dulu

Ada dua masterplan revitalisasi Keraton Surakarta, Gibran: kita review dulu

TEMPO.CO, solo – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan proyek revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Surakarta segera dilaksanakan. Dia mengaku sejauh ini telah melakukan konsultasi intensif dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti terkait rencana tersebut.

Gibran mengatakan langkah pertama adalah memeriksa keduanya rencana utama revitalisasi Keraton Surakarta saat ini berada di tangannya. “Kami memilikinya rencana utama oleh PUPR, namun karena ada dua penelitian dengan tahun yang berbeda yaitu tahun 2017 dan 2008, maka isi (studi) juga berbeda, maka sekarang kami ingin membandingkan dan mengulasnya kembali. Setelah itu kita tunggu langkah selanjutnya. Kalau bisa secepatnya,” kata Gibran kepada awak media di Solo, Minggu, 22 Januari 2023.

Padahal sudah ada dua rencana utama Kebangkitan Keraton Surakarta, menurut Gibran, belum pernah dilakukan sebelumnya. Ini karena sejauh ini belum ada persetujuan dari berbagai peserta proyek. Namun, dia memastikan hal itu tidak terkait dengan konflik internal Keraton Surakarta yang terjadi sebelumnya.

“Bukan, bukan karena masih ada masalah di dalam kerato saat itu. Karena Pemkot (Pemkot Solo), Kementerian PUPR dan lainnya belum sepakat. Masalahnya, pelaksanaan kebangkitan ini akan berdampak pada banyak pihak, jadi (rencana utama) belum pernah dieksekusi. Nah, itu tugas kita (melaksanakan). Saya ingin secepatnya,” kata Gibran.

Disinggung soal pembentukan tim resusitasi kecil seperti yang disarankan Keraton Surakarta, Gibran mengaku tim itu belum terbentuk. “Tim kecil? Saat ini, Ibu Diana dan saya adalah tim kecil, tim yang sangat kecil,” katanya.

Meski belum membentuk Tim Kecil, Gibran mengaku selalu berkomunikasi dengan pihak Keraton Surakarta dan pihak lain terkait rencana tersebut. “Saya koordinasi Darimana dengan Gusti Purboyo dan lainnya. Untuk perkembangan saya nanti Memperbarui lagi. Intinya mereka (dari Keraton Surakarta) menyerahkannya ke saya, sudah ada secercah harapan. Tetap tenang. Mudah-mudahan bisa segera direalisasikan,” ujarnya.

Baca juga: Tak didanai pemerintah dan CSR, Gibran mencari sumber lain untuk merevitalisasi Keraton Surakarta

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan cerita unggulan di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button