Jalan Penghubung Antar Objek Wisata di Kawasan Longsor Sragen Sangiran - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Jalan Penghubung Antar Objek Wisata di Kawasan Longsor Sragen Sangiran – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Seorang pengendara sepeda motor menepi ke pinggir jalan saat melihat kondisi bahu jalan yang ambruk di Ruas Jalan Ngabe-Manyarejo, Kalijambe, Sragen, Jumat (25/11/2022). (Pertanyaan Khusus/DPU)

pos solo.com, BERTANYA Jalan penghubung antar objek wisata di kawasan Situs Sangiran, tepatnya di jalur Ngabe-Manyarejo, Kalijambe, Sragen, jebol pada Jumat (25/11/2022). Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen siap meninjau lokasi dan merencanakan penyelesaian mulai awal 2023 besok.

Ambang longsor tidak mengganggu lalu lintas dan tidak terlalu berbahaya bagi pengguna jalan. Namun, hal itu tetap menjadi rambu-rambu bagi pengguna jalan agar berhati-hati.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Ketua DPU Sragen, Raden Suparwoto saat dihubungi Solopos.com, Longsor terkonfirmasi pada Sabtu (26/11/2022). Ia menjelaskan, karena jalan tersebut berada di tepi jurang, tepi jalan yang ambruk sepanjang 6 meter dan tinggi 20 meter.

“Kami sudah cek ke lokasi. Longsor itu bahu Jalan Ngabe-Manyarejo. Ruas jalan ini dibangun kembali pada awal 2023. Kami berencana membuat ground support block seperti patok dan bronjong,” jelas Woto, sapaan akrabnya.

Baca Juga: JNE Bebaskan Biaya Pengiriman untuk Bantuan Gempa Cianjur

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, jalan tersebut sengaja diberi tanda peringatan dan pengawasan. Katanya antrean sudah putus. Jalan setapak menghubungkan Menara Pandang Sangiran dengan Museum Ngabe dan berlanjut ke Museum Manyarejo.

“Ada risiko longsor di beberapa ruas jalan karena tanahnya tidak stabil. Pada tahun 2021 kami menyediakan jangkar pantai. Untuk kebutuhan anggaran baru kami susun. Nantinya, semua jalan ini akan dibangun kembali,” jelasnya.

Jalan rusak yang akan diperbaiki tahun depan itu panjangnya sekitar 2 km. Meski tidak diperkirakan longsor, DPRP mengantisipasi penanganan dan pembangunan kembali jalan yang rusak tersebut.

Baca Juga: Setelah Tertutup Material Longsor, Jalan Lingkar Kota Wonogiri Mulai Dibuka

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button