Kementerian Desa memperkenalkan Sidomulyo sebagai desa mandiri dan menghadirkan wisata edukasi - WisataHits
Jawa Timur

Kementerian Desa memperkenalkan Sidomulyo sebagai desa mandiri dan menghadirkan wisata edukasi

Kementerian Desa memperkenalkan Sidomulyo sebagai desa mandiri dan menghadirkan wisata edukasi

Minggu 8 Januari 2023 | 15:21 WIB ET

SURABAYA, Kabarbisnis.com : Kawasan di kaki Gunung Gumitir ini dikenal memiliki potensi alam yang bagus. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya areal perkebunan subur yang menopang perekonomian utama masyarakat setempat. Salah satunya Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember binaan PLN yang menawarkan wisata desa edukasi bagi para traveller.

Orang-orang yang berwisata ke Banyuwangi dengan kendaraan via Jember tentu tidak asing lagi dengan desa ini. Terletak tak jauh dari jalur selatan Jember-Banyuwangi, desa ini merupakan destinasi yang tepat untuk beristirahat sebelum memasuki kawasan pegunungan.

Dengan harga Rp 50.000, pengunjung dapat berjalan kaki menyusuri desa menuju tempat peternakan domba, melihat kerajinan akar alami, belajar tentang kopi dan pengolahannya, mengunjungi rumah batik dan berkendara ke Sendang Tirto Gumitir.

Melalui kegiatan wisata ini, warga Desa Sidomulyo diberdayakan secara penuh untuk memberikan kegiatan edukasi, melakukan kegiatan usaha penunjang yang mendukung perputaran ekonomi dengan desa wisata, seperti pelaku industri kreatif untuk mendukung perjalanan budaya.

Sejak tahun 2018, melalui kerjasama antara PLN Peduli dan desa Sidomulyo telah memajukan perekonomian desa dengan mendirikan sejumlah usaha mikro kecil (UMK) baru untuk mendukung wisata alam di desa Sidomulyo.

Hamzah, Senior Manager Communications & General Affair PLN UID Jawa Timur mengatakan, program Desa Wisata Sidomulyo menjadi salah satu program unggulan untuk meraih kesuksesan melalui ISDA Awards 2022 dan memberikan manfaat yang luas terutama bagi perekonomian desa,” ujar Hamzah. .

Kepala Desa Sidomulyo Kamiluddin berharap dukungan PLN Peduli kepada desa Sidomulyo semakin meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat dan mendorong kemandirian ekonomi desa. Berbagai prestasi, kata dia, membuat Desa Sidomulyo diberikan status desa mandiri oleh Kementerian Desa pada 2022.

“Memiliki status mandiri menunjukkan sudah baik secara ekonomi, sosial dan lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan membuat masyarakat lebih sejahtera. Adanya pariwisata dan terbentuknya UMK baru di desa ini telah membawa perubahan besar di masyarakat, banyak masyarakat yang menemukan mata pencaharian baru, sehingga lebih berdaya dan dapat menyalurkan kreativitasnya melalui kegiatan yang bernilai ekonomi,” kata Kamiluddin. kbc6

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button