Desa Sidomulyo milik PLN di Jember ditetapkan sebagai desa mandiri - WisataHits
Jawa Timur

Desa Sidomulyo milik PLN di Jember ditetapkan sebagai desa mandiri

Desa Sidomulyo milik PLN di Jember ditetapkan sebagai desa mandiri

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Kementerian Desa menetapkan Desa Sidomulyo di Kabupaten Jember, Jawa Timur sebagai desa binaan PLN yang menawarkan wisata edukasi bagi wisatawan.

Hamzah Senior Manager Komunikasi & Umum PLN Unit Distribusi Utama Jawa Timur mengatakan, program Desa Wisata Sidomulyo menjadi salah satu program unggulan untuk meraih kesuksesan melalui ISDA Awards 2022.

“PLN tentu akan senang jika apa yang kami persembahkan kepada masyarakat benar-benar memberikan manfaat yang luas, terutama bagi perekonomian desa,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jember, Minggu.

Kawasan di kaki Gunung Gumitir ini terkenal dengan potensi alam yang baik, terbukti dengan banyaknya lahan perkebunan yang subur, dan menjadi penopang ekonomi utama bagi masyarakat sekitar, salah satunya desa binaan PLN di desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

Masyarakat yang berwisata ke Banyuwangi melalui Jember dengan menggunakan kendaraan tentunya sudah tidak asing lagi dengan desa ini karena berada tepat di jalur selatan Jember-Banyuwangi, menjadikan desa ini sebagai destinasi yang tepat untuk beristirahat sebelum menuju kawasan pegunungan.

Dengan Rp 50.000, pengunjung dapat berjalan kaki melalui desa ke lokasi peternakan domba, melihat kerajinan akar alami, belajar tentang kopi dan pengolahannya, mengunjungi rumah batik dan berkendara ke Sendang Tirto Gumitir.

“Melalui kegiatan wisata ini, masyarakat Desa Sidomulyo diberdayakan secara penuh untuk menawarkan kegiatan edukasi dan melakukan kegiatan usaha penunjang yang menunjang perputaran ekonomi,” ujarnya.

Melalui desa liburan, pemerintah kota menyediakan keluarga tamuPenyewaan sepeda untuk aktivitas sepeda khusus di kawasan hutan pinus dan menjadi pelaku industri kreatif untuk mendukung wisata budaya.

“Melalui kerjasama antara PLN Peduli dengan Desa Sidomulyo, sejak tahun 2018 telah mendorong perekonomian desa dengan mendirikan sejumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) baru untuk mendukung wisata alam di Desa Sidomulyo,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo Kamiluddin berharap dukungan PLN Peduli kepada desa Sidomulyo semakin meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat dan mendorong kemandirian ekonomi desa, sehingga mengantarkan desa Sidomulyo pada tahun 2022 telah mendapatkan status desa mandiri dari kementerian desa.

“Status mandiri menunjukkan baik secara ekonomi, sosial dan lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujarnya.

Dijelaskannya, keberadaan pariwisata dan berdirinya UMK baru di desa tersebut membawa perubahan besar bagi masyarakat, memberikan mata pencaharian baru bagi banyak orang, memperoleh kekuatan lebih dan mampu menyalurkan kreativitasnya melalui kegiatan yang bernilai ekonomi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button