Bagong Cluster Art Festival 2022 Resmi Dibuka, Ada Apa? - WisataHits
wisatahits

Bagong Cluster Art Festival 2022 Resmi Dibuka, Ada Apa?

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) kembali menyelenggarakan Festival Seni Pertunjukan Gugus Bagong 2022.

Penyelenggaraan Gugus Bagong ini merupakan bentuk komitmen PSBK terhadap warisan visi budaya maestro seni Bagong Kussudiardja.

Festival Seni Gugus Bagong 2022Cluster ADAPTASI BAGONG 2022, foto: PSBK Jogja

Aula Bagong Gugus yang dibuka setiap dua tahun sekali merupakan tempat berkumpul, berdialog, berjejaring dalam wacana seni dan pengetahuan yang penting bagi ekosistem seni yang berkelanjutan bagi seniman dan masyarakat.

Kapan Festival Cluster Bagong 2022?

Festival Kesenian Gugus Bagong 2022 akan digelar pada 29 Oktober hingga 3 Desember 2022 dan diresmikan oleh GKR Mangkubumi, disertai perkenalan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Hilmar Farid, Ph .D.

Pakai tema adaptasi

Alih-alih makhluk hidup terkuat, terpintar, atau paling banyak; mereka yang berhasil dalam seleksi alam adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Pandemi dua tahun terakhir menggarisbawahi proses ini. Seni pertunjukan merupakan salah satu seni yang mengalami tantangan terberat di masa pandemi.

Sifat karyanya melibatkan banyak orang selama bekerja dan secara langsung mengundang kehadiran publik.

Adaptasi dengan situasi baru dilakukan, salah satu caranya adalah dengan mengadopsi pengoperasian video. Inilah yang dilakukan Bagong Cluster 2020 tahun lalu.

Pada tahun 2022, klaster Bagong dapat kembali hadir secara offline.

Meski begitu, ruang dan cara penyajian seni pertunjukan ini tentu berbeda dengan sebelumnya.

Berbagai hal yang telah dipelajari dan diadopsi selama pandemi juga coba diterapkan pada penyelenggaraan Bagong Cluster Art Festival 2022.

“Adaptasi” dipilih sebagai tema Bagong Cluster Art Festival 2022, bertepatan dengan HUT ke-44 PSBK, sebagai pengingat bahwa perjalanan puluhan tahun dapat dilalui karena PSBK menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Tema ini juga dijadikan sebagai penyemangat untuk setiap pekerjaan yang telah kita lakukan untuk terus beradaptasi.

Tema “adaptasi” dihadirkan lebih mendalam dalam program Bagong Cluster 2022 diantaranya Rubik, Link dan Mozaik.

Gugus Bagong Arts Festival 2022 terdiri dari 3 program utama, yaitu Rubik (program pertunjukan), Pranala (program pameran berbasis arsip) dan Mozaik (program talk show).

Program-program tersebut mengimplementasikan nilai-nilai dan peran Gugus Bagong sebagai perpanjangan dari semangat produksi dan diseminasi pengetahuan terkait seni pertunjukan.

Pada saat yang sama, Gugus Bagong juga menawarkan pengalaman membaca dan menikmati pertunjukan dari sudut pandang yang berbeda.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button