Keindahan Curug Cibeureum, Objek Wisata Alam Eksotis di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Keindahan Curug Cibeureum, Objek Wisata Alam Eksotis di Cianjur

Harga tiket: Rp 16.000, Jam operasional: 07.30-13.00 WIB, Alamat: Jl.Cisarua Puncak KM.10, Desa Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Wilayah Cianjur didominasi oleh perbukitan hijau yang masih sangat asri. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan ini, termasuk Curug Cibeureum yang terkenal. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan air terjun yang indah.

Berada di kawasan pegunungan yang mencapai 1.625 meter di atas permukaan laut, suasana segar dan sejuk sangat terasa di tempat wisata ini. Aliran air terjun ini berasal dari mata air pegunungan, sehingga kesegaran airnya sudah tidak diragukan lagi.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini dengan segala keindahannya, jalan menuju lokasinya mudah dijangkau dari ibu kota atau daerah lain. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, berikut beberapa ulasan tempat wisata tersebut.

Tempat Wisata Curug Cibeureum

Air Terjun CibeureumKredit Gambar: Facebook Andri Priatna

1. Asal usul nama Cibeureum

Nama tempat wisata ini diambil dari beberapa kata bahasa sunda. Kata pertama yang digunakan adalah “curug” yang artinya air terjun. Aliran air yang jatuh dari ketinggian yang mencapai 40 meter ini berasal dari mata air pegunungan.

Kemudian kata “cibereum” yang dalam bahasa Sunda berarti merah, diambil karena diyakini dapat menggambarkan dengan jelas suasana air terjun tersebut. Tapi Anda tidak akan menemukan area merah di sekitar air terjun, jadi mengapa warna merah dipilih?

Di sekitar Curug Cibeureum terdapat tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi vegetasi mirip lumut. Sehingga pada pagi menjelang siang saat matahari bersinar penuh di atas tebing berlumut tersebut, konon warna merahnya akan terpancar begitu jelas.

Hal ini memang terjadi, namun warna merah yang dihasilkan oleh sinar matahari muncul karena adanya proses pembiasan. Seperti pelangi yang sering Anda lihat saat hujan telah berhenti, air di air terjun ini juga bisa membiaskan jika terkena sinar matahari.

2. Mitos Curug

Wilayah Jawa Barat tidak lepas dari mitos, dimana pun tempatnya pasti ada mitos yang mengikutinya. Tak terkecuali dengan tempat wisata berupa air terjun ini, ada mitos yang banyak dianut oleh masyarakat sekitar.

Konon dahulu, kawasan air terjun merupakan tempat yang strategis untuk melakukan kegiatan meditasi. Beberapa tokoh yang memiliki kesaktian saat itu kerap memanfaatkan lokasi air terjun ini untuk bermeditasi.

Namun ada tokoh yang melakukan aktivitas bertapa di lokasi air terjun Cibeureum ini hingga akhir hayatnya. Diakui oleh masyarakat setempat, penjelmaan karakter tersebut kini telah menjelma menjadi sebuah batu besar di tengah air terjun.

Hingga saat ini mitos tersebut masih dipercaya oleh masyarakat, bahkan mitos ini sudah menjadi cerita turun temurun yang banyak dikenal oleh kalangan milenial saat ini. Ini juga merupakan daya tarik lain dari tempat wisata yang menonjolkan keindahan alam dan kesejukan airnya.

3. Berada di kawasan hutan lindung

Tempat wisata berbentuk air terjun ini terletak di Kawasan Hutan Lindung Gunung Gede Pangrango, yang dekat dengan salah satu taman konservasi Jawa Barat. Karena letaknya yang berada di kawasan lindung, wisatawan yang datang juga dituntut untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Banyak pohon yang menjulang tinggi tercatat cukup tua di kawasan wisata tersebut. Hal tersebut merupakan upaya untuk melestarikan alam agar tetap terjaga, dan dapat membawa manfaat yang baik untuk mencegah berbagai masalah seperti tanah longsor pada khususnya.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Curug Cibeureum

Alamat Curug CibeureumKredit gambar: Google Maps Bambang Pari Sukonandi

Wisata air terjun Cibeureum ini terletak di desa Cilember, Kec. Cisarua, Puncak, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ada beberapa rute perjalanan yang bisa Anda gunakan karena tempat wisata ini mudah diakses dari Jakarta dan pulau Jawa lainnya.

Padahal, rute yang Anda tempuh akan berakhir di simpang yang sama, yakni di pertigaan Cibodas. Namun sebelum itu, kawasan Puncak yang terkenal dengan kemacetannya harus Anda lewati terlebih dahulu. Ada tips agar perjalanan Anda tidak terjebak macet di Puncak.

Artinya, berangkat lebih awal dari waktu yang dijadwalkan. Hal ini dapat menyelamatkan Anda dari terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Namun jika harus berangkat nanti, maka persiapkan dengan baik kondisi Anda dan kendaraan yang digunakan.

Setelah keluar dari hiruk pikuk, kendaraan Anda akan berhenti di sebuah jalan di kawasan Cimacan. Mengambil jalur kanan setelah pertigaan Cibodas akan membuat perjalanan terasa lebih tenang karena sudah memasuki kawasan perbukitan yang sejuk.

Jalan menuju Curug Cibeureum masih merupakan jalur dengan kawasan konservasi flora terbesar di Indonesia yaitu kebun raya. Maka akan banyak rambu-rambu jalan yang bisa Anda gunakan sebagai kendaraan untuk menentukan arah kendaraan.

Untuk harga tiket masuk kawasan wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya Rp 16.000 di hari biasa. Namun, jika Anda berkunjung saat hari libur, tarifnya akan naik menjadi Rp 18.500 per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Cibeureum

Aktivitas Air Terjun CibeureumKredit gambar: Google Maps Muhammad Ulil Al-Bab

1. Permainan air

Aktivitas pertama yang harus Anda lakukan di wisata air terjun Cibeureum ini adalah berenang. Cekungan air yang berada tepat di bawah air terjun merupakan tempat yang tepat untuk merasakan kesejukan air yang berasal dari mata air pegunungan ini.

Kedalaman kolam air alami ini juga cukup bervariasi, jika Anda berenang lebih jauh di tengah, bagian bawahnya juga akan menjadi lebih dalam. Ditambah lagi, tubuh Anda akan terasa seperti sedang dipijat saat air yang jatuh dari atas tebing menerpa tubuh Anda.

Namun bagi Anda yang tidak berani berenang di bawah air terjun ini, Anda bisa duduk dan bersantai di tepi kolam air alami. Dengan duduk di bebatuan besar, Anda bisa merendam kaki di arus air terjun yang cukup dingin.

2. Tracking ke daerah Curug

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas ekstrim seperti tracking, dapat memilih tempat wisata ini sebagai tempat pilihan untuk melakukan aktivitas tersebut. Berbekal sepatu tebal dan persediaan air mineral yang cukup, Anda bisa memulai pramuka ini begitu memasuki sirkuit.

Dari pintu masuk pertama ke titik dimana air Curug Cibeureum berada, jaraknya agak jauh yaitu 3-4 km. Oleh karena itu, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu selama perjalanan sekitar satu jam. Namun, waktu tempuh ini tergantung kecepatan masing-masing.

Jalan yang kondisinya masih berupa tanah dan bebatuan merupakan hal yang biasa Anda temukan selama perjalanan tracking. Selain itu, berbagai jenis tanaman dengan ketinggian yang berbeda akan menemani Anda selama aktivitas seru ini.

3. Berfoto dengan keindahan pemandangan

Berfoto merupakan hal menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Apalagi didukung dengan keindahan pemandangan gunung, atau juga tanaman hijau di sekitar lokasi.

Karena tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, maka orang akan mengerti betapa megahnya pesona gunung ini. Momen terlihat seperti pemandangan gunung dapat dijadikan sebagai ide latar belakang untuk foto Anda.

Selain itu, background keindahan air terjun juga menjadi hal lain yang bisa Anda gunakan sebagai konten unggahan di media sosial. Dengan mengunggahnya ke halaman Internet, banyak orang akan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

4. Nikmati keindahan danau biru

Aktivitas Lain Air Terjun CibeureumKredit gambar: Google Maps Ebrek4060 Endank

Di kawasan Curug Cibeureum terdapat sebuah danau dengan air jernih yang bisa Anda temukan sebelum sampai di lokasi air terjun. Genangan air yang cukup luas itu disebut Telaga Biru. Wisatawan bisa berhenti sejenak untuk menikmati keindahan danau ini.

Karena letaknya yang berada di jalur jalan setapak menuju kawasan air terjun, Anda bisa membasuh muka dan kaki terlebih dahulu agar bisa mengembalikan kesegaran. Air di danau yang tampak jernih ini berasal dari mata air di dasar danau.

Mata air ini dapat muncul di banyak tempat di kaki gunung, karena lapisan permukaan tanah yang menutupi mata air bawah tanah diketahui lebih tipis. Sehingga akan banyak mata air yang memancar di beberapa tempat.

5. Perkemahan

Aktivitas seru lainnya seperti camping bisa Anda lakukan selama berada di tempat wisata ini. Namun sebelum mendirikan tenda, Anda bisa memilih tempat dengan kondisi tanah yang cukup baik terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Anda saat menanam pasak dari tenda itu sendiri.

Perlengkapan camping seperti selimut dan jaket tebal, jangan lupa dibawa. Karena pada malam hari, udara di sekitar air terjun ini akan lebih sejuk, bahkan mencapai 10°C.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cibeureum Cianjur

Fasilitas Curug CibeureumKredit gambar: Twitter @tofa_ibrohim

Fasilitas di lokasi wisata Curug Cibeureum ini bisa dibilang cukup lengkap untuk beberapa fasilitas standar yang telah dibangun di lokasi wisata tersebut. Saat pertama kali masuk, Anda bisa menemukan tempat istirahat berupa bangunan mirip gazebo yang terlihat lebih luas.

Kemudian sesampainya di air terjun sendiri, Anda bisa menggunakan fasilitas lain sesuai kebutuhan. Mulai dari toilet dengan ruangan yang cukup bersih, hingga mushola bagi wisatawan muslim.

Selain itu, terdapat beberapa gazebo yang terletak di sekitar air terjun, yang bisa Anda gunakan untuk meregangkan kaki sejenak setelah lelah berjalan 3 km. Tentunya dengan fasilitas yang memadai, wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini akan merasa lebih nyaman.

Inilah informasi wisata Curug Cibeureum di Cianjur yang bisa anda kunjungi untuk berlibur bersama keluarga atau teman. Suasana sejuk khas perbukitan menjadi suguhan utama tempat wisata ini, tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button