Keindahan Bukit Panenjoan, Destinasi Wisata Alam Hits di Purwakarta - WisataHits
wisatahits

Keindahan Bukit Panenjoan, Destinasi Wisata Alam Hits di Purwakarta

Keindahan Bukit Panenjoan, Destinasi Wisata Alam Hits di Purwakarta
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Beragam wisata ada di kawasan Purwakarta, salah satunya adalah Bukit Panenjoan. Tempat ini memiliki nama dengan arti yang unik dan menarik, nenjo adalah bahasa Sunda, sedangkan dalam bahasa Indonesia artinya melihat. Tempatnya berada di atas bukit yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan, seperti gunung, perkebunan, hamparan sungai yang bisa dilihat dari atas bukit.

Awalnya tempat wisata ini hanyalah sebuah bukit biasa yang terbentang luas. Namun berkat ide-ide kreatif dan inovatif warga setempat, termasuk membangun jembatan bambu di titik-titik strategis, kini menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang paling diminati. Berbagai atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana membuat wisatawan sering berkunjung ke tempat indah ini.

Bagi kaum milenial, tempat wisata yang indah ini pasti menjadi nomor satu di antara tujuan mereka. Apalagi bagi mereka yang menyukai fotografi, dimana pemandangan alam menjadi latar utama pengambilan gambar. Khusus untuk kamu yang belum pernah mampir ke lokasi Bukit Panenjoan dan penasaran ingin tahu apa saja yang menarik, kami rangkum beberapa informasi penting berikut ini!

Objek wisata bukit Panenjoan

Objek Wisata Bukit PanenjoanFoto Nur Ilham di Google Maps

Alam harus dijaga, dilestarikan agar menarik dan dapat menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Layaknya penduduk desa Sindangpanon, mereka menjaga, merawat dan membangun bukit Panenjoan. Sehingga kini menjadi tempat yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke daerah yang sedang viral di kalangan milenial ini.

✦ Pemandangan alam yang indah

Tempat wisata memiliki daya tarik yang berbeda-beda, pasir putih dan pantai laut, pegunungan dan pepohonan hijau serta udara yang dingin, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun berbeda jika anda berwisata alam di tempat yang indah ini, karena di atas bukit anda dapat melihat pemandangan alam yang indah sejauh mata memandang. Apalagi tempat ini juga menampilkan keindahan alam yang begitu sempurna.

Ada keindahan berbeda di tempat ini, seperti pegunungan yang tampak hijau karena pepohonan yang menggandeng rapat. Ditambah dengan perkebunan yang hijau dan asri, air sungai yang mengalir dan angin sepoi-sepoi seolah membelai rambut dan kulit wisatawan, memberikan ketenangan, ketentraman dan kenyamanan. Apalagi matahari terbit dan terbenam adalah fenomena alam menarik yang banyak disaksikan wisatawan.

✦ Berbagai spot foto yang unik dan menarik

Warga sekitar Bukit Panenjoan, Purwakarta melihat potensi tempat ini sehingga membuat titik-titik strategis di sekitar lokasi. Salah satunya dengan membuat jembatan bambu dan membuat berbagai spot foto yang unik dan menarik bagi wisatawan. Berbagai spot tersebut antara lain kupu-kupu, sarang burung, sayap bidadari, dan lain-lain yang dapat digunakan untuk tujuan memberikan pelayanan dan kepuasan kepada pengunjung.

Daya tarik inilah yang mendorong para milenial untuk mengunjungi tempat ini karena ingin berfoto dengan gaya yang berbeda dengan pemandangan alam yang indah. Harga masuk yang murah membuat tempat ini lebih sering dikunjungi oleh anak muda.

✦ Jembatan bambu yang unik

Tidak dapat disangkal bahwa bukit Panenjoan mudah diakses dan Anda dapat melihat pemandangan dari berbagai arah. Pasalnya, ada jembatan bambu yang menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya. Selain itu spot foto yang unik dan menarik, untuk menuju tempat ini anda harus berjalan kaki menggunakan jembatan bambu dengan ketinggian sekitar 1-3 meter dari permukaan tanah.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena jalan panjang dan berliku dapat dinikmati sambil memandang pegunungan dan menghirup udara segar bebas polusi. Apalagi perkebunan yang tampak hijau dengan berbagai jenis tumbuhan dan tumbuhan menambah eksotisme tempat tersebut.

✦ Taman bunga yang indah

Padahal pemandangan alam bukit Panenjoan begitu indah sehingga keindahannya bisa dilihat sejauh mata memandang, ada juga taman bunga yang sangat indah. Tersedia berbagai warna dan jenis tanaman seperti warna kuning, biru, merah, dan juga warna lain yang menyatu dan menyatu dalam sebuah taman. Selain itu, ada juga hiasan untuk mempercantik taman seperti bambu dan aksesoris lainnya, serta pipa untuk menjaga kesegaran dan kesuburan tanaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit PanejoanFoto oleh Septyan Widianto di Google Maps

Bagi yang penasaran dan ingin ke Bukit Panenjoan, lokasinya berada di Desa Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Jika wisatawan sampai ke tempat tersebut melalui jalur Kapten Halim, jarak tempuhnya sekitar 19 kilometer, sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya 45 menit.

Selain itu, di sepanjang jalan yang dilintasi kondisi jalan beraspal dan mulus serta tidak ada lubang besar yang dapat mengganggu perjalanan wisatawan. Jika ragu atau kebingungan di sepanjang jalan, aplikasi Google Maps juga bisa diakses. Tempat ini sangat populer sehingga orang-orang di sepanjang jalan dapat membantu mengarahkan Anda jika bingung.

Harga tiket masuk dan jam buka

Meski panorama alamnya indah dan mempesona, Bukit Panenjoan memiliki harga tiket yang terjangkau. Pengunjung yang datang hanya membayar ongkos sebesar 5.000 rupiah untuk satu orang. Tidak ada perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa, semua tarifnya sama. Besaran harga tiket tersebut jauh lebih murah dibandingkan objek wisata lainnya yang berupa wahana atau kolam renang.

Selain tiket masuk sebagai retribusi wajib, ada juga biaya lain yang perlu Anda siapkan. Pungutan yang dimaksud menyangkut parkir kendaraan bermotor. Ada tiga kategori dengan tarif berbeda, yakni sepeda motor seharga Rp 2.000, mobil seharga Rp 5.000, dan bus seharga Rp 10.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas di Bukit PanenjoanFoto oleh Irwan Qadli di Google Maps

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Bukit Panenjoan. Karena bukan air terjun atau kolam, Anda tidak perlu berganti kostum, atau tanpa harus membasahi baju dan badan. Satu hal yang perlu Anda persiapkan adalah kamera mewah atau ponsel beresolusi tinggi.

1. Berkuda

Tanahnya luas, bersih, asri, segar dan segar, cocok untuk jalan-jalan santai sambil melihat pemandangan dan menghirup udara yang kaya oksigen. Hal itu bisa dilakukan dan lebih seru lagi saat menunggangi kuda ke tempat yang dituju.

Traveler bisa duduk manis, santai, agak fokus di sadel sambil merasakan goyangan kuda saat berjalan. Ini memberikan perasaan tersendiri saat melihat panorama alam. Berbagai usia juga bisa menggunakan kuda di sini, pengunjung tidak perlu khawatir, karena ada petugas profesional yang siap memandu dan mengantar wisatawan.

2. Kunjungi kebun binatang mini

Selain menunggang kuda, Bukit Panenjoan juga menawarkan kebun binatang mini. Tempat ini dihuni oleh berbagai binatang yang lucu, lucu dan menggemaskan. Di antara hewan yang dimaksud adalah rusa, kelinci, dan berbagai burung yang berwarna-warni dan bersuara indah.

Mereka mungkin sudah tahu, pernah melihat dan bermain dengan hewan-hewan ini, tetapi memberi mereka makan, bermain dengan mereka di alam adalah hal yang tidak pernah mereka rasakan. Menghabiskan waktu bersama hewan-hewan di Kebun Binatang Mini sangat menyenangkan.

3. Bersantai di sekitar Bukit Panenjoan

Kegiatan nongkrong bareng memang menyenangkan dan tidak bisa ditinggalkan dimanapun anda berada, apalagi saat berada di tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. Bersantai di sekitar bukit dengan pemandangan indah sambil merokok dan minum kopi pahit adalah kegiatan yang menyenangkan dan menarik untuk dilakukan bersama.

Di bukit Panenjoan terdapat berbagai tempat bersantai seperti bangku taman dan gazebo. Wisatawan bisa bersantai atau menunggu keluarga mereka beraktivitas. Obrolan ringan atau obrolan besar, semuanya terasa halus dan menyenangkan, meskipun kopi yang Anda minum rasanya pahit.

4. Wisata kuliner

Beragam aktivitas dari pagi hingga siang hari membuat tubuh lelah dan perut kelaparan. Saat itulah berwisata kuliner menjadi pilihan yang tepat. Obyek wisata cantik ini menawarkan berbagai warung makan yang siap membantu perut keroncongan wisatawan. Menu yang tersedia pun beragam, mulai dari ikan, bebek hingga ayam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit PanejoanFoto oleh Abd Amin di Google Maps

Meski Bukit Panenjoan tergolong baru, berbagai fasilitas pendukung sudah ada. Misalnya toilet umum yang tersedia dalam jumlah banyak sehingga Anda tidak perlu mengantre lama. Selain itu, tempat ibadah seperti mushola juga tersedia bagi pengunjung Muslim. Sementara itu, tempat parkir yang luas dengan daya tampung belasan mobil dan ratusan sepeda motor juga tersedia di sana.

Berbagai fasilitas pendamping yang tersedia bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan, sehingga dapat menikmati tempat tersebut tanpa rasa khawatir dan situasi terkendali. Selain itu, di berbagai lokasi agen sudah siaga dan siap memenuhi kebutuhan wisatawan.

Banyak orang menyadari bahwa harta yang paling berharga di dunia ini adalah keluarga. Oleh karena itu, menjaga keharmonisan dalam keluarga adalah suatu keharusan. Salah satu cara terbaik untuk menjaga keharmonisan keluarga adalah dengan pergi ke tempat wisata alam. Bukit Panenjoan yang hits di Purwakarta menjadi pilihan yang asyik, menarik dan berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button