Kecamatan Cikakak dijadikan sentra durian unggul di Kabupaten Sukabumi - WisataHits
Jawa Barat

Kecamatan Cikakak dijadikan sentra durian unggul di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cikakak dijadikan sentra durian unggul di Kabupaten Sukabumi

Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA) – Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ditetapkan sebagai sentra durian lokal unggulan Sukabumi karena merupakan kabupaten penghasil varietas durian unggul.

“Durian asal Kecamatan Cikakak memiliki ciri khas mulai dari rasa hingga daging buah hingga aromanya dibandingkan dengan daerah lain,” kata Camat Cikakak Dadang Ramdani di Sukabumi, Senin (1/9).

Menurut Dadang, pecinta durian dari Kecamatan Cikakak selalu diminati baik di dalam maupun di luar Sukabumi, bahkan saat musim panen banyak konsumen yang berebut untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Wabup: Festival Durian Lokal Utama Sukabumi Bisa Menarik Kunjungan Wisatawan

Tentunya keberadaan durian ini bermanfaat bagi warga untuk menambah kekayaan dan pendapatan serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Kecamatan Cikakak memiliki sembilan desa yaitu desa Cimaja, Cikakak, Ridogalih, Margalaksana, Sirnarasa, Cileungsing, Sukamaju, Cirendang dan Gandasoli.

Setiap desa memiliki varietas durian unggulan antara lain Matahari, Sibo, Sri Sultan Vanessa, Sigandaria, Musangking dan lainnya yang dikelola dan dikembangkan oleh beberapa kelompok tani (Poktan).

Namun varietas durian unggulan adalah Sigandaria karena hanya tumbuh di desa Sukamaju dan memiliki manfaat serta rasa yang berbeda dari varietas durian unggul lainnya.

Baca Juga:Durian Cikakak Diperkenalkan Sebagai Icon Buah Unggul Kabupaten Sukabumi

Kemasyhuran durian dari kecamatan Cikakak melejit setelah pemerintah Kabupaten Sukabumi mengadakan Festival Buah Lokal Kabupaten Sukabumi tahun 2019, sehingga hingga saat ini menjadi incaran atau buruan para pecinta durian maupun pengusaha dari berbagai daerah.

Dengan potensi ekonomi yang sangat menjanjikan, saat ini banyak masyarakat di Kabupaten Cikakak yang tertarik untuk menanam durian karena memiliki nilai jual yang tinggi.

“Ke depan, kami ingin menjadikan Kabupaten Cikakak sebagai tempat Edukasi Wisata (Eduwisata) Durian dan dianggap sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” imbuhnya.

Baca Juga: Sake Durian Sukabumi Langka

Ditengah keberhasilan Poktan dalam menghasilkan varietas durian unggul, Dadang terus menghimbau kepada warga khususnya petani agar tidak puas dengan hasil yang ada tetapi mampu berinovasi menciptakan varietas baru dan mengembangkan dunia usaha Durian sehingga nilai jual terus meningkat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button