Pangandaran akan segera memiliki titik 0 kilometer - WisataHits
Jawa Barat

Pangandaran akan segera memiliki titik 0 kilometer

Pangandaran

Titik nol menandai lokasi geografis suatu daerah. Di banyak daerah, titik nol atau 0 kilometer biasanya berupa monumen atau patung.

Namun Pangandaran, daerah otonom “termuda” di Jawa Barat, tidak memiliki titik nol kilometer. Namun titik nol itu pun kini ada di Pangandaran.

Pendirian Titik Nol Pangandaran akan menyambut wisatawan yang memasuki objek wisata Pantai Batukaras di kawasan Cijulang, Pangandaran.

pemantauan detikJabar Pada Jumat (16/12/2022) pusat titik nol gedung Pangandaran mulai berdiri tegak. Tampilan depan terlihat seperti taman dan patio. Di tengahnya berdiri sebuah monumen menjulang tinggi yang bermekaran seperti bunga.

Lantai yang dibangun di titik nol Pangandaran juga dibuat nyaman dengan motif gelombang laut. Tugu Titik Nol yang didirikan di sebelah Pantai Batukaras akan menjadi tanda seseorang menginjak Pangandaran.

Kepala Desa Batukaras Hadi Somantri mengatakan, masyarakat Batukaras menyambut baik pembangunan Tugu Titik Nol di Pantai Batukaras. Harapan menonjol.

“Semoga tugu titik nol ini bisa menambah daya tarik wisata di sini. Karena sering ada anggapan titik nol itu tandanya pernah berkunjung ke suatu daerah,” kata Hadi detikJabarJumat (16/12/2022).

Tugu 0 km Pangandaran.Tugu 0 km Pangandaran. Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Menurutnya, titik nol di Pantai Batukaras diharapkan tidak hanya menjadi monumen, tetapi dapat berdampak signifikan terhadap jumlah pengunjung. Ia juga berharap tugu tersebut segera selesai dibangun dan diresmikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Watch Guntari mengatakan, pembangunan Titik Nol Pangandaran baru mencapai 77,9 persen.

Tugu Nol Kilometer Pangandaran dibangun mulai 28 November 2022 dengan anggaran Rp 176 juta. Dijadwalkan berakhir pada 27 Desember 2022 dan tinggal pemasangan icon Marlin beserta tulisan “Pantai Batukaras” dan papan selancar.

“Jadi kolaborasi icon Pangandaran dan icon vibe Pantai Batukaras yang terkenal dengan peselancarnya,” ujar Watch.

Ia mengatakan tugu peringatan Marlin Pangandaran akan menyambut wisatawan jelang libur Natal dan Tahun Baru. Mengenai pemilihan kawasan pantai Batukaras untuk lokasi tugu 0 kilometer, katanya karena lokasinya berada di tengah-tengah objek wisata Pangandaran.

“Dekat Cimerak, Pantai Madasari, beberapa kilometer dari Green Canyon, jarak ke Pantai Pangandaran hanya 57 menit yaitu 34,1 kilometer. Sedangkan lokasinya juga dekat dengan Bandara Nusawiru, Terminal Cijulang,” ujarnya.

Peresmian tugu peringatan nol kilo dijadwalkan pada awal 2023. “Juga akhir tahun ini sudah siap, kita resmikan mumpung ada event otomotif. Karena sebelumnya diprakarsai oleh Otomotif.“Teman-teman,” ujarnya.

(iqk/bola)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button