GOR Bogor Selatan: Nyaman untuk olahraga - WisataHits
Jawa Barat

GOR Bogor Selatan: Nyaman untuk olahraga

GOR Bogor Selatan: Nyaman untuk olahraga

RADAR BOGOR BOGOR, Pemkot Bogor terus membangun fasilitas umum. Setelah alun-alun Bogor, Lapangan Sempur, Pemkot membangun tiga Arena Olahraga (GOR) Manunggal, Bogor Utara dan GOR Bogor Selatan. Upaya tersebut tak lain untuk memudahkan warga bergerak, berkumpul, bermain, dan menghibur.

Terlihat pada Sabtu (21/1/2023) dini hari. Warga sekitar terlihat berdatangan di GOR Bogor Selatan. Selain itu, kondisi GOR yang berada di Kelurahan Kertamaya, Kabupaten Bogor Selatan, juga masih mulus.

Zaenal Abdin, 43, warga Kelurahan Lawanggintung, ingin berolahraga di tempat yang nyaman dan aman dengan udara yang sejuk. Sehingga keberadaan GOR Bogor Selatan cukup tepat, karena terletak di pinggiran Kota Bogor yang udaranya masih segar.

avatar

”Cocok banget tempatnya, jauh dari keramaian. Jogging di One Way System (SSA) di Kebun Raya Bogor atau di Lapangan Sempur sudah ramai,” kata Zaenal.

Gedung Olahraga Bogor SelatanGedung Olahraga Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Ia sangat mengapresiasi upaya Pemkot Bogor untuk memecah konsentrasi tempat-tempat olahraga yang tidak hanya terpusat di Lapangan Sempur atau Alun Alun Kota Bogor dan Kebun Raya SSA yang terletak di pusat Kota Bogor.

Kini Kota Bogor telah mendirikan GOR di setiap kecamatan, salah satunya di Kabupaten Bogor Selatan. “Selain menyehatkan warga Kota Bogor, saya juga optimis atlet berprestasi bisa lahir dengan adanya gelanggang olahraga di setiap kecamatan,” kata Zaenal.

Lain halnya dengan Siti Nurlaela (36). Warga Cipaku mengaku senang dengan kehadiran GOR Bogor Selatan karena menjadi daya tarik wisata lokal untuk mengajak anak-anak bermain. Selain itu, terdapat pula taman bermain anak di kawasan GOR Bogor Selatan.

“Jadi nggak harus ke Lapangan Sempur tiap weekend lagi, saya bisa ajak suami olahraga dan anak-anak juga bisa main dan makan,” kata Lela sapaan akrab Siti Nurlaela.

Gedung Olahraga Bogor Selatan Gedung Olahraga Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Ia berharap DPRD Kota Bogor dapat merawat GOR Bogor Selatan dan menjaganya dengan baik. Karena itu, pihaknya mendukung bila Pemprov DKI memanfaatkan situs GOR secara gratis bagi masyarakat atau tidak memungut tarif apapun. “Bahkan kalau pakai fasilitas di lapangan bola itu bayar juga ya,” kata Lela.

Pemerintah kota juga berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan ketertiban fasilitas umum tersebut. Ia pun melakukannya dengan membuang sampah pada tempat yang tersedia. Selain itu, jalan-jalan di jogging track dan tempat yang sudah tersedia untuk pejalan kaki, karena terdapat taman tempat tumbuhnya pohon berbunga.

“Saya juga mengajak warga lain yang menggunakan fasilitas bermain anak agar tidak merusak fasilitas umum ini,” jelasnya.

Lain halnya dengan Supriyadi (48). Warga Kertamaya itu senang daerahnya ramai dikunjungi warga dari luar kecamatannya. Tak heran jika warga sekitar GOR Bogor Selatan mampu menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung yang berlatih dan bermain di kawasan GOM.

“Alhamdullilah berkah, warga juga merasakan dampaknya, meski kecil, tapi kalau sering juga besar. Mudah-mudahan ke depan akan lebih banyak lagi orang-orangnya,” ujarnya.

Ia berharap Gelanggang Olahraga Bogor Selatan tidak hanya menjadi pusat olahraga baru di kawasan Bogor Selatan, tetapi juga meningkatkan perekonomian warga setempat.

Gedung Olahraga Bogor SelatanGedung Olahraga Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Untuk itu, dia berharap jalan tersebut diperlebar ke arah Bogor Selatan agar tidak terjadi kemacetan, khususnya di Batu Tulis. “Kabarnya Pemkot Bogor akan membangun underpass Batu Tulis, mudah-mudahan jalan juga diperlebar,” kata Supriyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Herry Karnadi mengatakan, pembangunan GOR Bogor Selatan memiliki konsep beberapa lapangan olahraga dalam satu kawasan. Seperti sepak bola, basket, voli, bulu tangkis dan jogging track.

Cukup lengkap mengingat bahan-bahannya berkonsep outdoor. Sementara bulu tangkis hanya memiliki konsep indoor. GOR Bogor Selatan memiliki konsep sport, family friendly, mulai dari anak-anak hingga lansia.

“Jadi orang tidak hanya datang ke sini untuk berolahraga, tapi juga untuk bermain, nongkrong, dan makan. Harapannya selain aspek kesehatan juga ada aspek smart and healthy city,” imbuhnya.

GOR Bogor Selatan berdiri di atas lahan seluas 1 hektar khusus untuk lapangan sepak bola rumput sintetis yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang mulai dari tribun, ruang ganti, toilet, jogging track, permainan anak, outdoor gym dan ruang administrasi.

avatar

Tahap selanjutnya pada tahun 2023 akan dilengkapi dengan fasilitas indoor yaitu lapangan bulu tangkis, voli dan basket. Walikota Bogor Bima Arya meresmikan GOR Bogor Selatan pada Rabu (21/12/2022), bersamaan dengan peresmian GOR Manunggal dan GOR Bogor Utara.

Gedung Olahraga Bogor Selatan Gedung Olahraga Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Ketiga GOR ini kini menjadi tempat wisata lokal bagi warga yang bisa mengajak anaknya bermain dan membesarkannya di tempat atau fasilitas yang disediakan yaitu arena keluarga.

GOR Bogor Selatan hampir setiap hari dikunjungi warga, terutama ibu-ibu yang mengajak anaknya bermain. Selain alun-alun yang luas, fasilitasnya juga terbilang lengkap, mulai dari tempat parkir mobil, toilet umum, dan ruang ganti. (exp)

Penerbit: Yusuf

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button