Pendhapa Art Space, nikmati pesona berbagai karya seni unggulan di Bantul - WisataHits
wisatahits

Pendhapa Art Space, nikmati pesona berbagai karya seni unggulan di Bantul

Pendhapa Art Space, nikmati pesona berbagai karya seni unggulan di Bantul

Pendhapa Art Space memberikan pengalaman aktivitas yang menyenangkan sebaik terkesan dengan seni menarik yang dimilikinya.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Glugo, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Memang bisa dikatakan karya seni Indonesia cukup unik dan menarik. Jogja adalah kota yang kaya akan karya seni. Nah bagi pecinta seni jangan lewatkan kota ini dengan tempat menariknya yaitu Pendhapa Art Space yang sangat direkomendasikan.

Di kota seniman, Yogyakarta. Wisatawan dapat memperoleh berbagai jenis pengetahuan artistik karena ruang artistik disediakan dengan sangat baik. Lokasinya sendiri bisa dibilang cukup strategis dan bisa dijangkau dengan sangat baik.

Penasaran apa saja isinya? Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata dan edukasi sehingga pemahaman seni Indonesia lebih dalam lagi.

Atraksi Ruang Seni Pendhapa

Atraksi Ruang Seni PendhapaKredit gambar: Twitter Ruang Seni Pendhapa

Tak lengkap rasanya jika membicarakan destinasi wisata tanpa mengetahui pesonanya masing-masing. Anjungan seni di Jogja ini akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan dengan daya tariknya, yaitu:

1. Memiliki karya seni unggulan

Surga pecinta seni ada di kota Jogja, tepatnya di Pendhapa Art Space Jogja. Karya seni yang disimpan di sini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Deretan karya seni yang menarik mampu memukau wisatawan yang berkunjung.

Memang karya seni seperti lukisan, patung, ukiran dan lain-lain dari berbagai daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Yang keren adalah dekorasi yang ada memiliki perpaduan warna dan corak yang sangat menarik.

2. Ada pameran

Wisatawan tidak akan bosan di tempat ini meski banyak kesenian yang tidak bisa dilihat. Namun, daya tarik lainnya adalah Pendhapa kerap menggelar pameran dengan tema tertentu, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya.

Pameran ini berisi berbagai lukisan yang ditempatkan di setiap sudut ruangan. Tema lukisannya pun beragam. Nuansa yang diberikan bertema monokrom namun tetap memiliki keunikan tersendiri.

Biasanya, pameran seni adalah pameran seni rupa dan seni rupa kontemporer. Selain itu, ada program rutin yaitu pentas seni, residensi seniman, pameran seni, pemutaran film dan diskusi.

Maka dari itu, di Pendhapa ini sering diadakan pameran dengan tema yang berganti-ganti. Dengan cara ini, wisatawan dapat menikmati tamasya yang menyenangkan di sepanjang jalan.

3. Memiliki 3 showroom

Di dalam Pendhapa Art Space ternyata masih terbagi menjadi beberapa ruangan. Secara total, Pendhapa memiliki tiga ruang pamer. Yang pertama adalah kamar tidur di dekat pintu masuk utama dan dua lainnya di lantai atas.

Di ruang pertama dekat pintu masuk, terdapat berbagai karya seni yang menarik. Sedangkan ruangan lain selain digunakan untuk lokasi pameran seni juga sering digunakan untuk kegiatan lain.

Karena Pendhapa sering mengadakan berbagai macam kegiatan seru di bidang kreatif. Misalnya, wisatawan dapat menyelenggarakan bincang-bincang, lokakarya, dan sejenisnya yang berkaitan dengan seni. Oleh karena itu sayang jika pecinta seni melewatkan destinasi wisata ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pendhapa Art SpaceKredit Gambar: Instagram Nukabangsawan

Untuk bisa mengunjungi ruang seni menarik di Jogja ini, wisatawan bisa mengetahui terlebih dahulu alamatnya. Tepatnya ada jalan lingkar selatan di Jalan Prof. Wirjono Prodjodikoro, RT 01 Tegal Krapyak, Glugo, Panggungharjo. Kecamatan Sewon, Bantul.

Jika Anda berada di pusat kota Yogyakarta, Anda hanya perlu berkendara sejauh 6,5 km atau sekitar 20 menit. Untuk rute yang bisa dilalui yaitu Jalan Bugisan Selatan dan Jalan Parangtritis. Jalan yang ditempuh juga sudah bagus, sehingga bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Harga tiket masuk objek wisata

Wisatawan bisa mengunjungi Pendhapa Art Space Gallery dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 21.00 tergantung jam buka. Padahal, kawasan wisata ini merupakan tempat umum yang bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Dan bisa dibilang aksesnya gratis karena tidak dipungut biaya untuk tiket masuknya. Wisatawan hanya perlu masuk dan menikmati semua kesenian yang ada. Bahkan, tidak ada biaya parkir untuk parkir.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pendhapa Art Space

Aktivitas Menarik di Pendhapa Art SpaceKredit Gambar: Instagram khalisa.musfira

Jika melihat uraian di atas, Anda mungkin sudah tahu sedikit tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di ruang seni Pendhapa ini. Namun, masih banyak aktivitas seru lainnya bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini seperti:

1. Menonton pameran seni

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menonton pameran seni seperti yang dijelaskan di atas. Berbagai jenis pameran mulai dari seni rupa, seni rupa kontemporer dan pameran lainnya telah ditawarkan kepada wisatawan.

Nah, selain bisa melihat karya seni di lantai dasar, ternyata kalau naik ke lantai dua otomatis bisa melihat pameran seni yang sedang berlangsung. Menariknya, pameran seni ini memiliki tema yang berbeda-beda dan tentunya sangat menarik.

2. Lakukan program rutin

Pameran seni rupa sebenarnya merupakan bagian dari agenda rutin yang digelar di Pendhapa. Namun selain itu, ada juga program rutin lainnya yang bisa diikuti wisatawan. Program rutin yang dilakukan di luar pameran misalnya adalah pentas seni, pemutaran film dan sejenisnya.

Mendapatkan kalender untuk buku harian rutin ini tidaklah sulit seperti yang bisa Anda lihat di media sosial Pendhapa Art Space. Memang bisa dikatakan pengelola Pendhapa sangat modern karena selalu mengupdate agenda di akun media sosial.

Dengan demikian, potensi wisata dapat dikembangkan dengan mudah dan menarik lebih banyak wisatawan karena tempat menarik ini sering diperbarui dengan informasi.

3. Lakukan beberapa aktivitas

Kunjungan yang paling sering dilakukan oleh kaum muda. Tempat hits ini memiliki nilai seni yang tinggi, namun anak muda menggunakannya dengan sangat baik. Kegiatan menarik dilakukan seperti gathering, acara ulang tahun, buka puasa dan lain-lain.

Tempat ini menyediakan ruang bebas untuk digunakan yang menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan.

4. Bermalam di kawasan Pendhapa

Ruangan milik Pendhapa Art Space ini memang banyak digunakan untuk persewaan acara. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Oleh karena itu, demi kenyamanan wisatawan, pihak pengelola juga menyediakan guest house.

Fungsi wisma sendiri adalah untuk wisatawan yang ingin menginap disini. Tak hanya itu, bagi yang ada acara di Pendhapa dan ingin istirahat yang nyaman, bisa menggunakan guest house yang disewa pengelola.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Ruang Seni PendhapaKredit gambar: Google Maps meda agustinna

Meski bisa masuk gratis dengan akses yang mudah, pendhapa ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Memiliki fasilitas umum seperti mushola dan toilet yang bersih. Dengan begitu, wisatawan bisa nyaman meski berlama-lama di tempat ini.

Berkunjung ke tempat wisata Pendhapa Art Space memang sangat menyenangkan. Selain melakukan kegiatan yang sudah direncanakan, ternyata kamu juga bisa menambahkan sekilas karya seni dan program rutin yang dilakukan di sini agar liburan semakin berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button