Kisah Mbah Parti yang tinggal di kuburan tua Taman Sari Jogja selama puluhan tahun - WisataHits
Yogyakarta

Kisah Mbah Parti yang tinggal di kuburan tua Taman Sari Jogja selama puluhan tahun

jakarta

Kawasan Taman Sari atau Tamansari merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di pusat kota Jogja. Ternyata ada kuburan tua di kawasan Taman Sari yang juga ditempati oleh seorang wanita selama puluhan tahun.

dilaporkan detikJateng, lokasi warga yang tinggal bersama makam ini berada di sisi barat Taman Sari. Tidak jauh dari Masjid Soko Tunggal terdapat beberapa makam kuno yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Kawasan makam ini merupakan tempat tinggal warga setempat. Luas pemukiman dan makam sekitar 60 meter dari timur ke barat dan panjang 70 meter dari utara ke selatan. Ada sekitar sepuluh rumah yang menempati area yang berdekatan dengan kuburan.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Saat memasuki kompleks makam, terlihat anak-anak sedang bermain dan berlarian. Warga setempat juga tampak melakukan aktivitas sehari-hari seperti memandikan, memberi makan burung, dan mengelap sepeda motor tepat di areal pemakaman.

Beberapa warga langsung mengambil tindakan detikJateng Parti (63) ketika dia bertanya tentang kuburan. Menurut warga sekitar, Parti merupakan salah satu warga yang sudah lama tinggal di kuburan tersebut.

“Saya sudah lama tinggal di sini, rumah ini sudah ada sejak zaman kakek, Mas. Kakek itu yang ngurus (kuburan), tugasnya bersih-bersih, toh dia disuruh menempati. Dulu tidak ada rumah di sini, kakek saya yang pertama,” kata Parti saat tiba di Rabu (16/11/22) ditemui di Kompleks Taman Sari Patehan, Kraton Yogyakarta.

Baca berita selengkapnya di sini.

(rdp/idh)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button