Kebun Raya Kuningan, destinasi wisata favorit untuk liburan keluarga - WisataHits
wisatahits

Kebun Raya Kuningan, destinasi wisata favorit untuk liburan keluarga

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB Alamat: Desa Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Kebun Raya Kuningan merupakan salah satu destinasi dengan beragam bunga langka dan beragam warna. Sehingga dengan keindahan pemandangannya, banyak menarik pengunjung dari berbagai daerah maupun wisatawan mancanegara. Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai, yang memungkinkan pemandangan yang baik dari pemandangan Laut Jawa dan kota Cirebon.

Destinasi ini merupakan salah satu keindahan alam terbesar di Indonesia. Karena memiliki luas 156 hektar dan terdapat 23.000 jenis tanaman. Dan unik dengan beragam tema bebatuan. Ciri khas tanaman ini adalah berbunga kuning dan berdaun, karena didominasi warna kuning maka disebut juga taman kuningan.

Meski destinasi wisata ini masih dalam tahap pengembangan, jangan khawatir karena Anda akan menemukan pemandangan indah di sini. Banyak pepohonan mengelilingi tempat wisata ini, dan terdapat cekungan yang disebut danau alam. Dan bagian barat Kebun Raya Kuningan dialiri Sungai Cipari yang menambah keindahan kunjungan.

Atraksi Kebun Raya Kuningan

Atraksi Kebun RayaKredit gambar: Instagram Komar_resas

Kebun raya ini merupakan kebun raya terbesar di Indonesia dan menawarkan banyak atraksi bagi pengunjung. Jika Anda ke desa Kuningan, Anda belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini, rasanya belum lengkap.

1. Tanaman berwarna-warni

Daya tarik utama dari objek wisata kuningan ini adalah banyaknya jenis bunga dengan berbagai warna. Dan tempat yang terbentang begitu luas dengan banyak spot foto.

2. Batu Artistik

Destinasi kebun raya di Kuningan ini memiliki berbagai jenis batuan vulkanik besar dan lokasinya yang sangat artistik, sehingga akan semakin indah untuk dijadikan spot foto dan diunggah ke media sosial Anda.

3. Keindahan pepohonan dan aliran sungai di sekitarnya

Karena terletak di kaki gunung, maka banyak terdapat persawahan di sekitarnya, serta pepohonan di sekitarnya dan aliran Sungai Cipari. Selain itu juga dapat menambah keindahan pemandangan dan daya tarik objek wisata tersebut.

Alamat dan arah menuju lokasi Kebun Raya Kuningan

Alamat Kebun Raya KuninganKredit Gambar: Generasi Instagram Pesona Indonesia

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini namun tidak mengetahui jalannya, caranya cukup mudah, anda bisa melihat di google maps atau rambu jalan yang terlampir.

Kebun raya ini terletak di Jawa Barat, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dibutuhkan setidaknya 20 menit dari kota Kuningan dengan jarak 38 km dan akses jalan cukup mudah menggunakan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang berada di luar kota, jika khawatir tersesat, bisa menggunakan Google Maps.

Rute menuju tempat ini adalah melalui kecamatan Pasawahan, setelah itu jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Perjalanan juga membutuhkan tenaga dan sangat melelahkan, namun akan terpelihara dengan keindahan panorama di sekitarnya.

Setelah beberapa saat jika Anda melihat batu vulkanik yang sangat besar di jalan. Itu adalah tanda bahwa mereka akan segera tiba di tempat tujuan. Setelah sampai di gerbang masuk, Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tempat parkir wisata.

Transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Kebun Raya Kuningan adalah kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor agar perjalanan Anda semakin menyenangkan. Kalau pakai angkutan umum juga bisa, tapi hanya sampai berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan.

Karena kondisi jalan yang masih sangat sempit, bus akan kesulitan untuk lewat. Setelah itu, Anda dapat menggunakan layanan moto-taksi yang tersedia di sekitar lokasi untuk sampai ke tujuan Anda.

Biaya masuk ke Brass Botanical Garden

Tiket Kebun Raya KuninganKredit gambar: Google Maps Sang petualang

Untuk menikmati tempat wisata ini, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya masuknya. Karena sangat terjangkau untuk semua kalangan. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 10.000-20.000 per orang. Sedangkan biaya parkir belum termasuk biaya parkir sendiri, tarifnya 5.000 untuk sepeda motor dan 10.000 untuk mobil.

Anda dapat mengunjungi dan menjelajahi semua tempat menarik yang tersedia di Kebun Raya Kuningan dari hari Senin hingga Minggu. Dan untuk jam bukanya sendiri dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore baru tutup. Anda dapat menghabiskan sepanjang hari menikmati keindahan alamnya.

Jika Anda tidak suka banyak pengunjung, Anda bisa berkunjung pada hari biasa, yaitu Senin hingga Jumat. Namun jika suka keramaian, pilihlah weekend atau hari Sabtu dan Minggu karena pada hari tersebut pengunjung bisa membludak 2 kali lipat atau bahkan lebih.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Kebun Raya Kuningan

Objek wisata Kebun Raya KuninganKredit gambar: Google Maps Rifal Mushafa Dzikri

1. Piknik

Dengan ketinggian yang mencapai 870 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Ciremai, Kebun Raya Kuningan ini memiliki udara yang sangat segar. Dan sangat cocok untuk rekreasi alam. Jika Anda berlibur ke sini bersama keluarga besar, Anda bisa duduk santai sambil piknik dan menikmati pemandangan bersama mereka.

2. Kegiatan keluar

Tempat ini dipilih karena banyak terdapat pepohonan, sehingga terlihat seperti hutan dan cocok untuk kegiatan outbound. Untuk kegiatan ini, mereka biasanya datang dengan rombongan. Serta jadwal perjalanan mereka serta untuk melakukan pelatihan dasar fasilitas tersebut.

Kegiatan outbound ini selain untuk bersantai dan menikmati pemandangan juga untuk mempererat tali persaudaraan antar anggota kelompok. Karena akan berisi banyak event seperti games dan lain-lain, pasti seru.

3. Menginap di perkemahan

Pengunjung domestik dan mancanegara juga bisa menginap di Kebun Raya Kuningan. Karena selain tempat wisata yang indah, ada juga camping ground. Selain itu, wisata ini cocok bagi Anda yang suka bermalam di ruang terbuka.

Apalagi ada juga cottage dengan desain seperti rumah panggung, dan konsep yang digunakan adalah eco-design. Koleksi bangunannya sangat unik untuk dijadikan perumahan. Selain itu, berfoto selfie juga sangat menarik.

4. Jelajahi berbagai koleksi tanaman

Saat menjelajahi tempat wisata ini, pengunjung akan menjumpai 114 petak tanaman di departemennya. Taman kuningan ini terbagi menjadi sembilan area dengan berbagai jenis tanaman. Dan jumlah tumbuhan yang tercatat di kawasan wisata menarik ini sekitar 23.000 spesies.

5. Berfoto di Kuningan Park

Kegiatan di Kebun RayaKredit gambar: Twitter sebuah catatan

Dengan berbagai tanaman yang ditata secara tertib dan tematik. Begitu juga dengan batuan vulkanik yang berukuran besar secara artistik. Memotret adalah suatu keharusan bagi generasi milenial saat ini.

6. Kagumi panorama sekitar

Melihat ke kejauhan kita bisa melihat perbukitan, banyak pepohonan dan area teduh yang indah di sekitar taman dan area tersebut. Misalnya saja taman endemik Ciremai, bebatuan dan taman awi atau bisa juga disebut taman bambu. Dan persawahan di sekitarnya juga bisa menjadi daya tarik wisata tambahan bagi Kebun Raya Kuningan.

Mendaki ke tempat patung kuda di taman kuningan ini, pengunjung mendapatkan pemandangan 360 derajat di sekitar taman kuningan ini. Sehingga Anda bisa melihat topografi yang berbukit dan memiliki ketinggian 490 hingga 870 meter di atas permukaan laut dengan hamparan batuan vulkanik. Di sisi barat kebun raya ini terlihat Sungai Cipari mengalir deras.

7. Menghirup udara segar

Dengan adanya Kebun Raya Kuningan dapat membantu 45% kawasan lindung di Jawa Barat. Keberadaan pepohonan yang asri dan rindang dapat berfungsi sebagai lumbung oksigen untuk kebutuhan oksigen di Indonesia. Selain itu, ada fungsi lain yaitu menyerap karbon dioksida yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Memasuki kawasan ini, pengunjung dapat menghirup udara segar dan segar untuk memberikan efek relaksasi bagi pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Kuningan

Fasilitas Kebun Raya KuninganKredit Gambar: Instagram Kuningan Endah

Selain tempat yang estetis, tempat wisata di Kuningan Park ini juga memiliki fasilitas penunjang seperti tempat parkir kendaraan, motor dan mobil, mushola untuk ibadah para pengunjungnya. Toilet umum yang bisa digunakan oleh banyak orang.

Dan ada spot foto instagrammable yang cocok untuk kaum milenial. Ada juga toko di lokasi wisata. Serta area camping yang bisa digunakan untuk acara group agency. Ada juga hostel jika ingin bermalam di sini. Terdapat juga ruang pertemuan dan gazebo serta tempat duduk untuk istirahat sejenak.

Meskipun tidak banyak fasilitas pendukung yang tersedia di taman kuningan ini. Namun masih banyak tempat menarik dan indah yang bisa dikunjungi, sehingga bisa memanjakan mata saat melihatnya.

Demikian pembahasan tempat-tempat instagramable, rute perjalanan menuju lokasi, harga tiket masuk, serta aktivitas yang bisa dilakukan dan fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Kuningan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai alam dan bisa bersantai bersama keluarga dan teman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button