Pantai Sako, pantai yang indah dengan keindahan alam yang menakjubkan di Padang - WisataHits
wisatahits

Pantai Sako, pantai yang indah dengan keindahan alam yang menakjubkan di Padang

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 05.00-20.00 WIB, Alamat: Bungus Barat, Kec. Bungkus Tlk. Kabung, kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Setiap pulau di Indonesia memiliki potensi wisata yang besar, mulai dari pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, hingga Papua. Berbagai tempat wisata di suatu pulau sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Sako di Kota Padang.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota, yang paling populer di kota Padang adalah sate padang. Karena kelezatan sate padang, banyak wisatawan yang penasaran untuk mencoba sate padang dengan mengunjungi kota padang dengan mencicipi sate padang langsung dari daerah asal dan menjelajahi berbagai tempat wisata di sana.

Saat berlibur di kota Padang, Pantai Sako bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Meski keberadaannya belum banyak diketahui oleh masyarakat sekitar khususnya wisatawan, tidak ada salahnya mencoba menelusuri pesona alam kota Padang yang tersembunyi ini.

Aktivitas Pantai Sako

Pantai Sako PadangKredit gambar: Google Maps Dika Abduhuu

1. Memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai lainnya

Yang menarik dari Pantai Sako adalah ukurannya yang kecil, namun pesona keindahannya tak tertandingi. Pantai seluas 6000 meter persegi ini memiliki topografi pantai dengan ciri khas landai dengan pasir putih dan sedikit coklat dan ombaknya sangat bersahabat bahkan bisa dibilang ombaknya kecil.

Kemudian, di tepi pantai, tumbuh pohon pinus yang berjajar dan mendominasi. Pinus tumbuh subur dan membentang sekitar 1 km di sepanjang pantai seolah membentuk jalan lurus. Panorama pantai semakin indah dengan hadirnya tempat duduk dengan atap payung beton.

Lokasi tempat duduk menghadap ke Samudera Hindia dan teluk. Ada juga beberapa perahu yang berlabuh atau berlayar karena pantai ini terletak dekat dengan Dermaga Bungus. Panorama dari kapal merupakan bonus panorama alam tambahan saat wisatawan datang ke Pantai Sako.

Karena karakteristik tersebut, pantai di kawasan Padang menjadi salah satu tempat liburan favorit para wisatawan. Bahkan para pecinta fotografi yang datang ke pantai ini sangat senang karena bisa berangkat dengan foto-foto yang instagramable. Bahkan, banyak pasangan yang mengambil foto prewedding di sana.

2. Ada pelabuhan nelayan di dekat pantai

Daya tarik lainnya adalah juga terdapat pelabuhan nelayan yang lokasinya dekat dengan pantai. Nama pelabuhannya adalah ‘Pelabuhan Pemancingan Laut Bungus’. Pelabuhan ini bukanlah tempat wisata, melainkan pelabuhan yang digunakan untuk melakukan bongkar muat kapal pengangkut ikan tuna.

Bahkan, pelabuhan perikanan ini telah ditetapkan sebagai pusat penangkapan ikan tuna yang terletak di bagian barat Indonesia. Bongkar muat ikan tuna yang dilakukan di sana akan dikirim ke luar negeri seperti Jepang.

Wisatawan yang ingin mencoba mengunjungi pelabuhan tersebut harus terlebih dahulu meminta izin kepada pihak keamanan pelabuhan karena memang status pelabuhan tersebut bukanlah tempat wisata yang bisa dikunjungi sewaktu-waktu. Jika wisatawan beruntung, mereka akan diizinkan memasuki area pelabuhan dan melihat bongkar muat di sana.

Tips jika wisatawan ingin mengunjungi Pantai Sako tanpa harus mengeluarkan uang bisa masuk melalui pintu masuk pelabuhan ini. Sesampainya di kawasan dekat pelabuhan, wisatawan cukup berjalan kaki ke kiri, menyusuri pantai. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki ke pantai beberapa meter.

3. Dikelola sendiri oleh masyarakat setempat

Pemerintah Kota Padang mengelola total 37 pantai di kawasan Padang. Namun, pengelolaan pantai yang disebut Sako ini tidak berada di bawah pengelolaan pemerintah setempat melainkan dikelola secara individu. Sebelumnya, pantai ini didirikan oleh masyarakat setempat dan dibuka pada 11 Mei 2011.

Meski dikelola swasta, pantai ini sudah memiliki izin operasional resmi. Dari namanya memang belum populer di kalangan wisatawan karena merupakan masalah pengelolaan yang tidak berada di bawah pengelolaan masyarakat setempat. Namun, wisatawan dapat mengunjungi pantai ini kapan saja mereka mau.

Oleh karena itu, Pantai Sako merupakan salah satu surga tersembunyi di kawasan Padang. Wisatawan yang ingin menikmati panorama alam dalam suasana tenang bisa datang ke pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Sako PadangKredit Gambar: Proyek Google Maps SC93

Lokasi pantai ini berada di kota Padang, Sumatera Barat, tepatnya di kecamatan Teluk Bungus Kabung. Dari pusat kota ke lokasi, jaraknya sekitar 17 kilometer dan dapat ditempuh dengan sepeda motor atau mobil dalam waktu sekitar 30-40 menit. Rute hanya bisa ditempuh melalui Jalan Lintas Padang-Painan.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan diajak berjalan menyusuri perbukitan dengan panorama yang eksotis. Selama perjalanan menuju Pantai Sako yang terletak di pesisir Pantai Nagari Labuhan Tarok, wisatawan akan melewati beberapa destinasi wisata populer seperti perempatan yang mengarah ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Selain itu, Anda juga akan melewati Gunung Meru yang menampilkan pemandangan Pelabuhan Teluk Bayur dengan monyet-monyet liar berkeliaran di sepanjang jalan, kemudian Anda juga akan melewati meriam zaman penjajahan Jepang, Mercusuar Sei Bermas, Pantai Nirwana, hingga Pelabuhan Bungus di Teluk Kabung. .

Tidak perlu khawatir tersesat karena ada tanda-tanda keberadaan destinasi wisata Pantai Sako tidak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bungus. Sesampainya di perempatan, akan ada papan nama dengan nama pantai. Wisatawan bisa masuk sekitar 200 meter dari jalan raya melalui jalan berbatu.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantai Sako PadangKredit gambar: Google Maps Mira

Untuk wisatawan yang menuju ke sana, Pantai Sako terbuka untuk wisatawan dan penduduk lokal pada hari Senin hingga Minggu mulai pukul 5 pagi hingga 8 malam.

Biayanya Rp 5.000 per orang untuk anak-anak dan Rp 10.000 per orang untuk dewasa. Wisatawan yang membawa kendaraan bisa parkir di sisi timur, dekat toko, di samping muara sungai.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sakoko

Aktivitas di Pantai Sako PadangKredit gambar: Google Maps El Jabar

1. Perburuan Foto

Panorama pantainya sungguh eksotis. Terbukti dengan pemandangan perbukitan dan perahu serta deretan pohon pinus di tepian Pantai Sako. Lanskapnya menjadi background foto yang indah dan Instagrammable bagi wisatawan yang menyukai fotografi untuk merasa dimanjakan di sana.

2. Menikmati panorama pantai

Pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga bisa dikatakan pantai ini masih perawan. Wisatawan yang datang berkunjung dapat menikmati panorama alam berupa hamparan pasir putih kecoklatan dengan ombak yang cenderung tenang dan udara yang sejuk.

3. Olahraga di pantai

Karena ombak Pantai Sako tenang, wisatawan dapat menikmati aktivitas olahraga seperti voli pantai atau sepak bola di pantai. Bahkan, pantai populer ini sering dikunjungi oleh para atlet pencak silat yang belajar di pasir pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Sako PadangKredit gambar: Google Maps Faisal Rahmat

Fasilitasnya cukup lengkap, termasuk tempat parkir mobil yang luas di sebelah timur pantai. Akses jalan bisa dilalui kendaraan roda dua atau empat, namun jalannya masih berbatu.

Karena akses jalan masih berbatu, maka harus diperbaiki dengan aspal atau beton. Lalu ada toilet dan kamar flushing yang bisa digunakan wisatawan secara gratis.

Ada juga beberapa tong sampah dan tempat ibadah berupa mushola bagi umat Islam. Pantai ini belum banyak dikenal wisatawan, sehingga pengunjung bisa membantu mempromosikannya di media sosial.

Pantai Sako termasuk dalam salah satu daftar tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika wisatawan datang ke Kota Padang. Panorama alam pantai bisa membantu menghilangkan penat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button