Kado Istimewa HUT RI ke-77 Desa Sumberejo Kulon Kabupaten Ngunut Raih Juara 1 BUMDes Tingkat Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Kado Istimewa HUT RI ke-77 Desa Sumberejo Kulon Kabupaten Ngunut Raih Juara 1 BUMDes Tingkat Jawa Timur

JATITIMES – Sungguh istimewa Pemerintah Desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung mendapat bingkisan yang membanggakan dalam rangka HUT RI ke-77. Penghargaan Unggulan Ekonomi Pedesaan yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) terdaftar, ini adalah pemenang tingkat pertama terbaik di Jawa Timur.

Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (17/08/2022) pada kesempatan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Gedung Grhadi, Surabaya oleh Plt. Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Soekaryo.

Baca Juga: HUT RI ke-77, Bupati Blitar dan Wakil Bupati Tingkatkan Kebangkitan Ekonomi dengan Produk Lokal

Di lokasi penerimaan penghargaan ini, Kepala Desa Sumberejo Kulon dengan bangga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat dan seluruh jajaran BUMDes Sumber Mulyo.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Desa Sumberejo Kulon, DPMD, Kabupaten Ngunut khususnya BUMDes Sumber Mulyo, Perangkat Desa, BPD, LPM, Karangtaruna dan Lembaga Desa dan semuanya, ini adalah kado terindah dari Dirgahayu RI 77,” ujar M. Suhardi , Kepala Desa Sumberejo Kulon.

Dengan pencapaian ini, Suhardi berharap kedepannya bisa lebih solid dan bekerja dengan baik untuk kemaslahatan masyarakat.

“Harapan dan dukungan ke depan, sejalan dengan motto Kompak Jatim, untuk tetap bersatu dalam menjalankan program-program yang ada untuk kemaslahatan warga khususnya Desa Sumberejo Kulon,” imbuhnya.

Evaluasi kompetitif didasarkan pada uji lapangan yang mencakup enam aspek. Itulah aspek kelembagaan. Aspek tata kelola, aspek keuangan, dampak, kemitraan, serta aspek pembinaan, pengawasan dan akuntabilitas.

“Kerja keras yang telah dilakukan selama ini telah membuahkan hasil, tetapi kita tidak boleh berpuas diri. Untuk tahun depan, saya mengajak seluruh masyarakat untuk berbenah di bidang lain,” ujarnya.

Seperti diketahui, BUMDes Sumber Mulyo saat ini tengah fokus membangun unit usaha wisata kuliner.

Baca Juga: Hadiri HUT RI ke-77, Ketua DPRD Suwito: Sinergi Kunci Pemulihan Ekonomi

Wisata yang dimaksud bernama Mbalong Kawuk, wisata edukasi yang digarap dari potensi irigasi dan persawahan.

Dengan perkembangan pariwisata yang semakin ramai dikunjungi masyarakat, BUMDes Sumber Mulyo memanfaatkan peluang untuk menghasilkan sumber daya ekonomi.

Termasuk beberapa area bisnis seperti jaringan WiFi, pertokoan dan Payment Point Online Banking (PPOB) serta pariwisata.

Desa Sumberejo Kulon di kabupaten Ngunut juga mendapatkan penghargaan sebagai desa cemerlang se-Jawa Timur pada tahun 2021.

Kemudian masuk 6 besar pemenang Brilliant Village secara nasional.

Source: www.jatimtimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button