Kadisbudpar Aceh mengajak masyarakat berkolaborasi mewujudkan desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Kadisbudpar Aceh mengajak masyarakat berkolaborasi mewujudkan desa wisata

Rabu 30 November 2022 | 16:16 WIB

| penulis :

Buku catatan : Juli

Aceh Besar, InfoPublik – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal berharap warga bergotong royong mewujudkan desa wisata.

Pernyataan tersebut disampaikan Almuniza saat mengeluarkan arahan sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Pengelolaan Homestay di Desa Lubok Sukon, Kabupaten Aceh Besar pada Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh empat desa di Banda Aceh, yaitu Gampong Lampulo, Punge Blang Cut, Ulee Lheue dan Lamjamee.

“Kolaborasi dan engagement harus ada di semua situasi sosial dan fokus melihat potensi yang ada dalam diri kita. Kami dari pemerintah negara bagian terus berusaha untuk terlibat dalam desa wisata bagi masyarakat, yang penting kita tetap kompak dan selalu membawa hal-hal yang positif kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Almuniza juga mengapresiasi empat desa yang mengikuti pelatihan pengelolaan homestay. Kedepannya, keempat desa tersebut akan menjadi desa wisata dan teladan bagi yang lainnya.

“Saat ini masyarakat kota sedang haus akan suasana ketenangan, sehingga mereka mencari alternatif wisata untuk menemukan suasana ketenangan yang terdapat di pedesaan. Jadi teman-teman berharap bisa memanfaatkan momen ini secara wajar dengan tetap mengedepankan kearifan lokal di masing-masing desa wisata,” kata Almuniza.

Terakhir, Almuniza mengimbau kepada para pelaku wisata di desa wisata untuk tidak mengubah ciri khasnya, terutama potensi keindahan desanya.

“Keramahtamahan harus kita jaga, para peternak Jamee Geutanyoe tradisional, berkomunikasi dengan lembut dan memberikan persembahan yang maksimal kepada para pengunjung karena itulah kekuatan kita (masyarakat Aceh),” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang diprakarsai Divisi Pengembangan Destinasi Disbudpar Aceh ini akan berlangsung hingga 28 November mendatang. (mc/10)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button