Koordinasi keamanan Nataru, polisi menjaga jalur wisata Pasuruan dan menyiapkan rekayasa lalu lintas - WisataHits
Jawa Timur

Koordinasi keamanan Nataru, polisi menjaga jalur wisata Pasuruan dan menyiapkan rekayasa lalu lintas

SURYA.CO.ID, PASURUAN – Satuan Lalu Lintas Polres Pasuruan telah melakukan serangkaian koordinasi untuk menghadapi Semeru Ops Lilin 2022. Memanfaatkan hasil rapat koordinasi tersebut, Kanitlantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugerah Putra memastikan jajarannya sudah siap untuk melakukan pengamanan wilayah selama Semeru Ops Lilin hingga Tahun Baru.

“Dalam rangka Operasi Semeru Lilin 2022, kami telah berkoordinasi dengan otoritas lintas sektor dan siap mengamankannya,” kata Yudhi, Selasa (20/12/2022) lalu.

Yudhi mengatakan jajarannya telah bersiap mengamankan arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ia juga telah berkoordinasi dengan BPBD untuk menyiagakan ambulans saat terjadi bencana di jalur wisata. “Kami juga menyiapkan skema evakuasi dan rekayasa lalu lintas jika terjadi bencana seperti tanah longsor di jalur wisata tersebut,” lanjutnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi agar personel BPBD yang bersiaga siap dengan peralatan darurat seperti gergaji mesin dan lainnya. Selain itu, kata Kasat, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga Tol Pasuruan untuk mengatasi kemacetan.

Diakuinya, kemacetan lalu lintas di gardu tol menyebabkan keterlambatan. Yang rawan adalah pintu tol Pandaan. Menurut Kasat, teknik pertama adalah menutup pintu tol Pandaan saat terjadi kemacetan dan dialihkan ke pintu tol Purwodadi. Ini untuk yang datang dari arah Surabaya.

Sedangkan arus kendaraan akan dialihkan dari Malang ke Gempol. Pintu tol Pandaan ditutup untuk sementara waktu. Penutupan juga terkait dengan proses pemotongan arus lalu lintas agar tidak terhenti total. “Kami juga sudah meminta petugas Jasa Marga untuk melakukan penyadapan mobile untuk mempercepat penyelesaian antrean,” jelasnya.

Kasatlantas juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan satu pos jaga, tujuh posko pengamanan, dua posko pengawasan, dan satu posko terpadu. “Postingan ini bisa diakses oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan selama liburan Natal tahun ini,” jelasnya.

Yudhi juga mengatakan ada tim pengganggu lalu lintas yang disiapkan khusus untuk mengatasi kemacetan di titik-titik tertentu. “Kami sudah menyiapkan itu. Saat ada laporan kemacetan, tim langsung bergegas masuk dan melakukan rekayasa lalu lintas di tempat,” pungkasnya. *****

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button