Kabar gembira, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak dibuka besok - WisataHits
Jawa Barat

Kabar gembira, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak dibuka besok

RBG.ID, SUKABUMI – Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi Seksi II Cibadak akan dibuka besok, Selasa, 20 Desember 2022.

Rencana ini dilaksanakan untuk mendukung kelancaran akses transportasi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada libur panjang Nataru.

Baca Juga: Akhirnya Pembebasan Lahan Tol Bocimi Seksi 3 Selesai

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi Dedi Chardiman mengatakan, berdasarkan rapat dan koordinasi Pemkab Sukabumi oleh pejabat Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dengan Kapolri dan beberapa menteri pada Jumat (16/12/2022). ), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan Tol Bocimi Seksi 2 akan difungsikan sebelum Natal 2022.

“Ya, pernyataan dalam rapat itu Menteri PUPR mengatakan Tol Bocimi akan beroperasi di Seksi 2 insya Allah. Namun, tanggal pastinya belum bisa diketahui secara pasti. Namun rencananya Tol Bocimi Seksi 2 akan beroperasi pada 20 Desember 2022,” kata Dedi Chardiman dikutip dari Radar Sukabumi, (grup rbg.id), Senin (19/12/2022).

Informasi yang merupakan pernyataan Menteri PUPR, lanjut Dedi Chardiman, merupakan kabar gembira bagi warga Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, Tol Bocimi sangat dinantikan dan didambakan oleh warga Sukabumi. Selain itu, keberadaan jalan tol untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas diyakini akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Kabupaten Sukabumi.

“Pada dasarnya tujuannya agar fungsional dan dapat digunakan sebelum Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Nataru, Permulaan operasi dan aktivitas lalu lintas pada 23 Desember 2022. Oleh karena itu, sangat beralasan jika Tol Bocimi diklaim dapat digunakan pada 20 Desember 2022. Lebih lanjut Menteri PUPR sudah menyatakan hal tersebut,” ujarnya.

Meski demikian, Dedi mengatakan untuk proses pengerjaan pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 saat ini sudah 100 persen selesai atau sudah selesai. Ia bisa mengetahui dari hasil observasi lapangan yang dilakukan timnya sejak pekan lalu.

“Ya, pekerjaan sipil untuk membangun Tol Bocimi Seksi 2 sudah selesai. Intinya, infrastruktur dasar proyek Tol Bocimi Seksi 2 sudah beroperasi sepekan lalu. Insyaallah kalau tidak ada halangan, besok tol sudah bisa dilalui,” jelasnya.

Bila seksi ini nantinya menjadi Tol Bocimi Seksi 2, maka akan beroperasi. Jadi, pintu keluar atau exit di tol itu ada di kawasan Sundawira.

“Bupati menginstruksikan kepada kami agar rekayasa di kawasan Cibadak dilakukan dengan sebaik mungkin, mulai dari Karangtengah dan diakhiri dengan memandu wisatawan yang ingin ke Palabuhanratu dan yang mobilnya utuh agar tidak melewati Cikidang. ,” dia menambahkan.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan akan meningkat pada libur panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Hal ini diduga karena berbagai faktor. Selain dibukanya Tol Bocimi Seksi 2, keberadaan kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi juga kerap menjadi idaman para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Ya, apalagi Cianjur dilanda gempa, masyarakat yang awalnya mengira akan naik mungkin bisa jalan kaki ke Palabuhanratu atau Geopark dan Jembatan Gantung Situgunung. Jadi tentunya pembukaan Tol Bocimi Seksi 2 ini sangat strategis,” jelasnya.

Untuk itu, dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi melakukan komunikasi intensif dengan semua pihak, terutama dengan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi, selama dua hari terakhir.

Menurutnya, terlepas dari politik, pihaknya mengaku akan melakukan rekayasa lalu lintas, termasuk di sepanjang jalur wisata menuju Kecamatan Kadudampit dan Palabuhanratu serta Geopark Ciletuh.

Baca Juga: Rp 41,6 Miliar UGR Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Bocimi Segera Lunas

“Nah, itulah yang kami selidiki pada pertemuan resmi. Anda hanya perlu melihat perkembangannya. Intinya insya Allah berbagai persiapan akan kami lakukan seiring dengan proyek perbaikan jembatan Pamuruyan yang kami kendarai hari ini,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan bisa selesai hari ini. Jadi, besok ruas Jembatan Pamuruyan-Cibadak bisa dilintasi dua jalur. Tapi nanti kita lihat perkembangan di kawasan ini dan menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan ini,” pungkasnya. (Gua).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button