Misteri Curug Panjang Bogor, Ada Pintu ke Dunia Lain! - WisataHits
Jawa Barat

Misteri Curug Panjang Bogor, Ada Pintu ke Dunia Lain!

Misteri Curug Panjang Bogor, Ada Pintu ke Dunia Lain!

Secara harfiah, Curug diartikan sebagai air terjun. Kata tersebut berasal dari bahasa Sunda. Curug biasanya terletak di lingkungan pegunungan karena erosi sering terjadi di lingkungan ini.

Curug merupakan salah satu tempat atau objek wisata yang sering dijadikan sebagai tempat rekreasi menyegarkan atau menghilangkan rasa lelah. Salah satunya adalah Air Terjun Panjang Bogor.

Namun, tahukah Anda bahwa ada rahasia tentang Curug Panjang Bogor yang masih dipercaya masyarakat setempat? Simak selengkapnya di bawah ini, ya?

1. Tentang Air Terjun Panjang Bogor

Misteri Curug Panjang Bogor, Ada Pintu ke Dunia Lain!Ilustrasi air terjun panjang (dok.google/Banas Barnas Somantri Ajisukma)

Air terjun ini terletak di Desa Citamiang, Kecamatan Megamending, Bogor. Curug Panjang merupakan bagian dari lereng Gunung Paseban. Harga tiket masuk ke kawasan Air Terjun Bogor Panjang adalah Rp 13.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara.

Sebelum pandemi Covid-19, objek wisata Curug Panjang Bogor buka 24 jam setiap hari, Senin hingga Minggu. Namun, kini air terjun ini buka pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Minggu mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Sementara itu, air terjun ini tetap buka 24 jam pada hari Jumat dan Sabtu.

Sebagai penunjang daya tarik wisata, Air Terjun Bogor Panjang menawarkan beberapa fasilitas bagi wisatawan. Mulai dari toilet umum, stand makanan dan minuman, tempat parkir, persewaan pelampung dan baju renang hingga tersedianya tempat perkemahan yang cukup luas.

2. Berbeda dengan air terjun lainnya

Misteri Curug Panjang Bogor, Ada Pintu ke Dunia Lain!Ilustrasi air terjun panjang (dok. Google/Alisa Rahardian)

Meski bentuk air terjun akan sama di berbagai wilayah Indonesia, Curug Panjang sebenarnya memiliki hal yang bisa dibedakan dari air terjun pada umumnya. Perbedaan tersebut adalah:

  • Bentuk air terjunnya memanjang seperti seluncuran. Meski tampak lebih rendah, aliran air yang mengalir di antara bebatuan cukup deras.
  • Ada pusaran air yang sangat berbahaya persis di bawah aliran air Curug Panjang.

3. Misteri Curug Panjang Bogor

Misteri Curug Panjang Bogor, Ada Pintu ke Dunia Lain!Ilustrasi air terjun panjang (dok.google/Novitauli Fransina Tambunan)

Setiap tempat sepertinya memiliki banyak rahasia dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Tak terkecuali Air Terjun Panjang Bogor.

Dipercaya bahwa ada banyak pintu menuju dunia lain yang tersebar di air terjun ini. Oleh karena itu pengunjung diminta untuk menjaga sopan santun di air terjun ini.

Selain itu, Anda harus menghormati batasan yang diajukan oleh pengelola. Salah satunya adalah peringatan adanya pusaran air yang cukup kuat di bawah air terjun ini.

Jika Anda tidak bisa berenang, Anda harus memakai jaket pelampung. Disarankan juga untuk tidak melenceng terlalu jauh dari pinggir kolam.

Baca Juga: 10 Potret Curug Bayan di Baturraden, Cantik dan Menyegarkan!

Itulah beberapa informasi tentang misteri Air Terjun Panjang Bogor. Tetap saja, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat obat setelah bosan dengan hiruk pikuk kota, disini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button