Jika berencana berlibur ke Bantul saat Nataru, wisatawan disarankan tidak naik jalur Cinomati - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Jika berencana berlibur ke Bantul saat Nataru, wisatawan disarankan tidak naik jalur Cinomati – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Suasana di pintu masuk objek wisata hutan pinus Mangunan, Dlingo, Bantul, Jumat (11/3/2017). (Santi Afdilah/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, BANTUL — Wisatawan diperkirakan akan memadati kawasan wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan Bantul menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menyambut wisatawan pada momen-momen tersebut.

Kepala Dinas Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul Sri Harsono mengatakan, wisatawan yang berlibur di kawasan wisata Puncak Becici dan Pinus Pengger di Dlinggo biasanya diarahkan melalui jalur Cinomati saat mencari rute melalui Google Maps.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Namun, dia sebenarnya tidak merekomendasikan wisatawan untuk melewati jalur tersebut karena banyak tanjakan terjal dan kondisi jalan juga sempit sehingga sangat berbahaya.

“Nanti kita pasang papan pengumuman sebelum masuk jalur Cinomati agar wisatawan tidak ke sana,” katanya saat dihubungi, Minggu (12/11/2022).

Ia menyarankan agar wisatawan atau warga yang ingin ke Dlingo dan Gunungkidul melewati Jalan Imogiri-Mgununan yang merupakan jalan lebar dan aman.

Baca juga: Saat patroli, warga menangkap pencuri kambing di Kulonprogo

Selain itu, Harsono juga mengimbau agar kendaraan berat seperti bus dan truk tidak melintasi Jalan Jogja-Wonosari, khususnya di perbatasan Piyungan, Bantul dan Patuk, Gunungkidul karena rawan longsor.

“Jalur Patuk menuju Wonosari hanya untuk kendaraan pribadi dan sepeda motor. Bus dan truk akan diarahkan ke Bayat di jalan Piyungan Prambanan menuju Klaten,” ujarnya.

Selain itu, kata Harsono, rekayasa lalu lintas juga dilakukan di Jalan Parangtritis pada masa libur Nataru untuk menghindari antrean kendaraan di depan Tempat Pemungutan Retribusi Utama (TPR) Parangtritis.

Jika sudah terjadi antrean kendaraan di depan TPR Utama Parangtritis, maka kendaraan yang menuju Parangtritis atau dari utara ke selatan akan dialihkan ke Pundong Splitter yang juga berakhir di selatan Jembatan Kretek I.

Baca Juga: Diumumkan Awal Tahun Ini, Ini Nama Calon Presiden yang Akan Disokong PPP

Apalagi di malam tahun baru, Jalan Parangtritis juga berlaku di selatan atau pantai.

Sedangkan kendaraan untuk perjalanan pulang akan diarahkan melalui Pantai Depok dan melewati Jembatan Kretek II menuju Jalan Samas kemudian menuju Jogja.

Pihaknya mengaku akan mengajukan permohonan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Senin, agar Jembatan Kretek II dibuka sementara selama libur Nataru.

“Rencana kami menyiapkan surat permohonan pembukaan Jembatan Kretek II yang sudah dibangun dan belum diresmikan untuk beroperasi sementara selama libur Nataru mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Libur Nataru, Wisatawan Dilarang Melewati Jalur Cinomati

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button