Dikunjungi 3,8 Juta Wisatawan, Rata-Rata Traveler Habiskan Rp 2 Jutaan Saat Liburan di Jogja: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Dikunjungi 3,8 Juta Wisatawan, Rata-Rata Traveler Habiskan Rp 2 Jutaan Saat Liburan di Jogja: Okezone Travel

MELAYANI Pariwisata Kota Yogyakarta mengatakan, indikator kunjungan wisatawan ke kota tersebut tahun ini semakin membaik jika dilihat dari berbagai parameter diantaranya nilai pengeluaran rata-rata yang mencapai hampir 2 juta rupiah per wisatawan.

“Setidaknya ada tiga parameter yang menunjukkan kondisi pariwisata di suatu daerah. Mulai dari jumlah kunjungan wisatawan, lama menginap dan nilai pengeluaran wisatawan,” kata Wahyu Hendratmoko, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Berdasarkan data hingga akhir Juli, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 3.898.951 orang, dihitung berdasarkan okupansi kamar hotel di kota tersebut.

Sedangkan rata-rata lama menginap wisatawan tercatat 1,8 hari, dan rata-rata pengeluaran wisatawan mencapai Rp 1,9 juta.

Menurut Wahyu, ketiga parameter tersebut menunjukkan grafik yang mulai naik dibandingkan periode sebelumnya, menandai kebangkitan dan pemulihan pariwisata di Kota Yogyakarta setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Infografis Wisata Malam Yogyakarta

Meski demikian, memulai pemulihan kondisi wisata di Kota Yogyakarta merupakan sebuah tantangan, sehingga kondisi pemulihan akan tetap terjaga dan bahkan lebih baik dari waktu ke waktu.

“Salah satu tantangannya adalah meningkatkan lama tinggal bagi wisatawan. Kalaupun pada Juli hasilnya melebihi target yang kami tetapkan,” ujarnya.

Berdasarkan target, lama menginap wisatawan di Kota Yogyakarta tahun ini ditetapkan 1,6 hari. “Artinya lama tinggal wisatawan sekarang lebih baik. Namun, kami berusaha meningkatkan lama tinggal wisatawan menjadi lebih dari dua hari,” katanya.

Wahyu mengatakan lama tinggal wisatawan akan berdampak pada peningkatan nilai pengeluaran yang dikeluarkan wisatawan, sehingga perputaran ekonomi di Kota Yogyakarta dapat meningkat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Upaya Lawan IUUF, PPP Jalin Kerjasama Internasional dengan Negara-negara RPOA dan G20

Selain itu, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta juga berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisman yang juga menunjukkan grafik kenaikan sejak awal tahun.

“Biasanya kunjungan wisman mencapai 10 persen dari total kunjungan yang saat ini mencapai sekitar 3,9 juta wisman. Artinya sekitar 390.000 di antaranya adalah turis asing,” ujarnya merujuk puncak kunjungan wisman pada Juli-September.

Wahyu mengatakan, meski Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat jumlah kunjungan wisatawan yang cukup tinggi, kemungkinan angka tersebut lebih tinggi karena ada wisatawan yang berwisata ke Yogyakarta hanya sehari tanpa menginap.

“Kami akan menambah jumlah event karena diyakini bisa menjadi daya tarik wisata untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Sabtu 27 Agustus 2022, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menggelar Festival Prawirotaman di sepanjang Jalan Prawirotaman Yogyakarta mulai pukul 15.00 WIB, dan berbagai atraksi seni, tari, musik, karnaval budaya dan fashion di jalan-jalan menunjukkan orkestra.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button