Hari Libur Nataru, wisatawan diimbau untuk tidak berkendara di jalur Cinomati - WisataHits
Yogyakarta

Hari Libur Nataru, wisatawan diimbau untuk tidak berkendara di jalur Cinomati

Bantul, IDN Times – Satuan Lalu Lintas Polres Bantul siap menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Bumi Projotamansari saat liburan Natal dan Tahun Baru. Sejumlah titik menjadi perhatian khusus Satlantas Polres Bantul karena menjadi pusat penumpukan lalu lintas kendaraan atau memiliki medan ekstrim antara lain Tanjakan Cinomati di Ploso, Wonolelo, Pleret, Bantul.

1. Empat ruas jalan rawan kemacetan saat libur Nataru

Hari Libur Nataru, wisatawan diimbau untuk tidak berkendara di jalur CinomatiKapolres Bantul Iptu Fikri Kurniawan (kiri). (IDN Times/Daruwaskita)

Kapolres Bantul Iptu Fikri Kurniawan mengatakan empat titik yang mendapat perhatian khusus dari penempatan personel polisi itu adalah Pertigaan Tiga Piyungan, Jalan Parangtritis, Druwo Simpang Empat dan Jalan Jogja Wates di Sedayu.

“Keempat jalan ini akan kita kerahkan personel kepolisian karena merupakan daerah perbatasan dan juga jalur utama menuju destinasi wisata,” katanya, Senin (19/12/2022).

Dari empat titik yang mendapat perhatian khusus, ada dua ruas jalan yang rawan keramaian dan kemacetan lalu lintas, yakni Pertigaan Tiga Piyungan, kawasan perbatasan antara Bantul dan Gunungkidul, dan Jalan Parangtritis, jalur utama menuju destinasi Pantai Selatan Bantul.

“Kedua jalan itu akan ramai menjelang Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Baca juga: Masih Nekat Lewat Cinomati, Banyak Kendaraan Tak Mendaki

2. Jalur Cinomati mendapat perhatian khusus dari pejabat

Hari Libur Nataru, wisatawan diimbau untuk tidak berkendara di jalur CinomatiTanjakan Cinomati di Wonolelo, Pleret, Bantul (jogja.polri.go.id)

Fikri juga menjelaskan, perhatian khusus akan diberikan pada jalur Cinomati yang medannya cukup ekstrim. Di jalur Seba ini sering terjadi kendaraan tidak kuat menanjak hingga terjadi kecelakaan, terutama bagi pengguna jalan yang tidak mengetahui medan jalan dengan baik.

“Petugas akan meminta pengguna jalan untuk menurunkan persneling atau mengalihkan lalu lintas melalui Jalan Imogiri-Mangunan yang dianggap lebih aman dan jalan cukup lebar,” katanya.

3. Melakukan pemeriksaan ramp kendaraan angkutan umum

Hari Libur Nataru, wisatawan diimbau untuk tidak berkendara di jalur CinomatiIlustrasi kontrol ramp bus wisata. (IDN Times/Daruwaskita)

Selain itu, kata Fikri, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Bantul juga melakukan hal tersebut pemeriksaan jalan dari kendaraan penumpang umum seperti bus antar provinsi hingga bus wisata hingga jip wisata.

“Ini yang kami lakukan pemeriksaan jalan untuk memastikan kendaraan laik jalan

Baca juga: Libur Nataru, Mengunjungi Pantai Selatan Bantul Lebih Murah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button