Jelang Natal, Tim Gegana Polda Jateng dan Polres Pati melakukan sterilisasi gereja - WisataHits
Jawa Tengah

Jelang Natal, Tim Gegana Polda Jateng dan Polres Pati melakukan sterilisasi gereja

Polresta Pati – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Personil gabungan tim Gegana Polda Jateng dan Polres Pati melakukan sterilisasi 6 gereja yang digunakan untuk perayaan Natal di wilayah kota Pati pada Jumat (24/12/2022).

Petugas Sat Samapta Polresta Pati dan Gegana Sat Brimob Polda Jateng dengan segala atribut, metal detector, spion inspeksi dan anjing pelacak K-9, menyisir halaman gereja, seluruh sudut dan ruangan utama yang digunakan untuk perayaan Natal.

Di antara enam gereja yang disterilkan adalah Gereja Injil Tanah Jawa (GITJ) Pati beralamat Jl. Sunan Muria, GKMI Gereja Tabernakel Ebenhaezer Alamat Jl. DR.Susanto Kel. Parenggan Pati, Gereja Yesus Kristus (GIA) Alamat Jl. Dr. Wahidin, Bethel Tabernacle Church of the Family of God Alamat Jl. Sunan Kalijaga Pati, Gereja St. Yusuf Alamat Jl. Kamandowo dan Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) menghubungi Jl. Thamrin #1A.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing melalui Direktur Humas AKP Pujiati mengatakan, sterilisasi gereja dilakukan menjelang perayaan Natal untuk memberikan rasa aman dan nyaman agar umat yang merayakan Natal dapat beribadah dengan khusyuk.

“Ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap SOP yang harus dilaksanakan oleh pihak kepolisian guna memberikan rasa aman, nyaman, dan peduli kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain sterilisasi, kata dia, Polres Pati juga telah menyiapkan posko pengamanan di enam gereja yang banyak jemaahnya dan meningkatkan pengamanan tempat ibadah untuk memantau objek-objek penting dan tempat-tempat wisata.

“Kami melakukan pekerjaan penyisiran dari halaman gereja, begitu juga dengan ruang utama yang digunakan untuk pesta Natal,” katanya.

Ia berharap dengan adanya pensterilan ini, jemaat akan merasa aman dan nyaman merayakan Natal, sekaligus melindungi gereja dari ancaman atau gangguan keamanan yang tidak diinginkan.

Menurutnya, saat tim Gegana menggeledah beberapa gereja, tidak ditemukan apa pun yang dianggap berbahaya.

“Namun, kami mengimbau masyarakat yang akan merayakan Misa dan Natal untuk tetap waspada,” jelasnya.

Pihaknya juga memperketat pengamanan dengan melakukan patroli pagi, siang, sore, dan malam.

“Kami menggunakan personel bersenjata lengkap, meski menjaga keamanan adalah kewajiban semua pihak, aparat dan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

(Resta Umum Pati)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button