Pengamanan ketat gereja-gereja di berbagai wilayah jelang Natal - WisataHits
Jawa Tengah

Pengamanan ketat gereja-gereja di berbagai wilayah jelang Natal

Jakarta, CNNIndonesia

Gereja di berbagai daerah yang dijaga ketat selama perayaan Natal pada 12/25 Bahkan personel dari Densus 88 Polri juga ikut dikerahkan.

Pengamanan tersebut diberikan agar pesta Natal dapat berlangsung dengan aman dan meriah bagi masyarakat.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid juga menyatakan perayaan Natal tahun ini bisa 100 persen berlangsung di gereja. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dibatasi untuk mencegah penularan virus corona.

“Melakukan kebaktian Natal bisa dilakukan 100 persen di tempat ibadah. Kami berharap umat Kristiani dapat menjalankan ibadah Natal dengan sebaik-baiknya,” kata Zainut di Bali.

lampu

Di Lampung, polisi melakukan pengawasan ketat jelang misa Natal yang berlangsung Sabtu (24/12). Ada 1.018 gereja di Lampung yang dijaga aparat keamanan.

Polda Lampung menyebut 4.436 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan Natal tahun ini. Jika dirinci, 172 personel Polda Lampung, 2.340 personel, 1.924 personel Gabungan Polri/Polresta TNI dan Muspida.

“Selain keterlibatan Densus 88, BNPT dan ormas juga terlibat,” kata Direktur Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad kepada CNNIndonesia.com saat berbicara, Sabtu (24/12).

Jawa Tengah

Polisi mengerahkan sedikitnya 11.817 orang untuk menjaga 2.276 gereja di 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

“Saya sudah mengkondisikan seluruh jajaran 35 polres untuk memberikan pengamanan ekstra di gereja-gereja semaksimal mungkin,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi seusai katanya, Jumat (23/12).

Khusus untuk keselamatan jalan, Polda Jateng menyiapkan 283 posko pengamanan, posko pelayanan dan posko terpadu di seluruh jalan baik tol maupun non tol seperti Pantura dan Perbatasan.

Makassar

Sebanyak 144 gereja di Makassar, Sulawesi Selatan yang menggelar perayaan Natal dikawal ketat oleh Polrestabes Makassar dengan mengerahkan 400 personel.

“Terkait pengamanan Natal, kami telah menyiapkan 400 personel. Dengan 144 titik gereja akan menggelar kebaktian Natal pada 24-26 Desember,” kata Kapolres Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto.

Polrestabes Makassar juga berupaya meningkatkan patroli, besar dan kecil, untuk mencegah pelanggaran keamanan menjelang Natal.

“Tentu kita mengantisipasi berbagai ancaman yang kita prediksi dengan melakukan intelijen, dengan membaca keresahan Kamtibmas yang bisa terjadi,” ujarnya.

maluku

Sebanyak 3.140 personel TNI dan Polri dikerahkan mengamankan lokasi perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Personel gabungan tersebut meliputi 350 prajurit TNI, 2.228 personel Polri, 500 personel Satpol PP, Satker, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan.

Sekitar 755 lokasi yang menjadi fokus perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 akan dijaga personel. Misalnya, 507 gereja, 17 terminal, 53 pelabuhan, 12 bandara, 39 pusat perbelanjaan, 92 tempat wisata, dan 35 tempat dijaga untuk pesta malam Tahun Baru 2023 yang baru.

“Jadi kita fokus di sisi pelayanan, seperti pengamanan tempat ibadah Natal bagi umat Kristiani yang merayakan. Karena itu, fokusnya di Ambon, terutama untuk pusat-pusat massa,” kata Irwasda Polda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar.

Kupang

Puluhan gereja di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, telah disterilkan oleh anggota Satuan Gegana, satuan Brimob Polda NTT.

Seluruh bagian gereja tak luput dari penyisiran dan pemeriksaan oleh tim Gegana yang menggunakan metal detector dan thermoscientist untuk mencari benda dan material berbahaya.

Kapolres Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto mengatakan, polisi juga telah menyiapkan posko pengamanan dan pelayanan di puluhan titik di Kota Kupang untuk melakukan pengamanan selama perayaan Natal menjelang Tahun Baru.

“Ada pos jaga dan keamanan yang sudah dijaga personel kepolisian untuk menjaga keamanan,” kata Rishian.

(kdf/zai/eli/mir/dmr/sai/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button