Jeju Air Airlines bekerja sama dengan pemerintah Sulawesi Utara - WisataHits
Jawa Barat

Jeju Air Airlines bekerja sama dengan pemerintah Sulawesi Utara

TEMPO.CO, jakarta – Maskapai Jeju Air dan Pemprov Sulut menandatangani nota kesepahaman di bidang pariwisata dan industri kreatif pada Jumat, 16 September 2022. Megawati Sukarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, menyambut positif penandatanganan nota kesepahaman tersebut karena merupakan bukti bahwa pariwisata Indonesia menarik bagi warga Korea Selatan.

Nota Kesepahaman ini antara Jeju Air dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menang menang Hal ini membuka peluang yang lebih luas untuk kerjasama antara para pemangku kepentingan pariwisata dan industri kreatif antara kedua negara.

Ketua Panitia Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional RI juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Sulut dengan Jeju Air ini, yang bertujuan untuk bersama-sama mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan bahwa konektivitas adalah kunci utama penciptaan kekayaan. Konektivitas yang baik memungkinkan kaum muda yang tinggal di pulau-pulau terpencil untuk tetap bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang baik.

Maskapai Jeju Air tidak hanya memberikan kebebasan lebih kepada masyarakat Korea Selatan untuk berkunjung ke Sulawesi Utara, namun juga masyarakat provinsi khususnya para pelaku pariwisata dan industri kreatif dapat lebih mudah mengakses pasar Korea Selatan, termasuk belajar. Hallyu / Gelombang Korea.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto. Sumber: Dokumen dari KBRI Seoul.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis penyumbang devisa negara. Masyarakat Korea Selatan tidak asing dengan provinsi Sulawesi Utara karena sebelum pandemi, wisatawan asal negeri ginseng itu termasuk wisatawan yang paling sering berkunjung ke Sulawesi Utara.

Jarak tempuh yang cukup dekat, yakni sekitar 5 jam penerbangan antara Kota Jeju dan Ibu Kota Manado, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara. Selain itu, terdapat kesamaan budaya dan kuliner yang cukup kuat antara masyarakat Sulawesi Utara dan Korea Selatan, seperti B. masakan yang rasanya panas dan asam.

CEO Jeju Air E Baek Kim menekankan wisata alam Indonesia dalam sambutannya, khususnya Provinsi Sulawesi Utara yang terkenal di kalangan masyarakat Korea Selatan. Sejauh ini baru ada 23 penerbangan maskapai Korea Selatan ke Indonesia. Dengan penandatanganan MoU ini, Jeju Air akan berupaya membuka rute ke berbagai wilayah Indonesia antara lain Bali, Lombok, Yogyakarta dan Jakarta.

Setelah penandatanganan MoU ini, rute dari bandara Korea Selatan seperti Incheon, Busan dan Jeju menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado akan dibuka pada akhir tahun 2022. Ini terjadi menjelang hubungan bilateral ke-50 Korea Selatan, yang jatuh pada 2023.

Didukung oleh KBRI Seoul, pembahasan draft MOU dilakukan secara online selama dua bulan. Sejak perumusannya, Nota Kesepahaman bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar pemangku kepentingan di industri pariwisata dan mempromosikan talenta baru di industri kreatif.

Baca juga: PDIP Catat Kasus Intoleransi di 10 Sekolah, DKI: Sanksi Tegas

Ikuti berita terbaru dari Tempo.co di Google Barus, klik di sini.

Source: dunia.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button