Jawaban Soal Pamekar Ajarkan Pikeun-Sunda pada Siswa SMP Kelas 7 Halaman 72-74 - WisataHits
Jawa Barat

Jawaban Soal Pamekar Ajarkan Pikeun-Sunda pada Siswa SMP Kelas 7 Halaman 72-74

Jawaban Soal Pamekar Ajarkan Pikeun-Sunda pada Siswa SMP Kelas 7 Halaman 72-74

Bahasa kami adalah bahasa sunda (jika kami berbicara bahasa sunda)

di kota anjeun (di kota Anda)

bandung manis (bandung manis)

Ieu sajak untuk memori (sajak ini untuk memori)

jeung hiji-hijina nu rék dicaritakeun (dan satu-satunya yang bisa dikatakan)

ngan ka anjeun (hanya untukmu)

Hayang Kuring tanya Heula (saya mau tanya dulu)

saméméh farewell rék paanggang (sebelum pamit pergi jauh)

ieu Bandung nu heurin ku tangtung (Bandung paling padat penduduknya)

inilah kota lembang hérang jeung béntang (inilah kota lembang bintang yang bening dan bersinar)

mindeng meré ilham kana kalam? (seringkali kata-kata inspiratif?)

Ah, kacida bagjana, kanca (Ah, betapa bahagianya temanku)

tapi kita bisa membaca ieu kaendahan (kalau kita bisa membaca keindahan ini)

Dina Geulisna tempat Padumukan (dalam keindahan pemukiman)

sendirian di cai yang lemah (di tanah air sendiri)

Saya berbicara bahasa kita (dengan bahasa kita)

Pék menjawab pananya ieu di handap! (Jawab pertanyaan di bawah!)

1. Naon eta sajak? (Apa tema sajaknya?)

(Tema puisi cinta kota Bandung/Tema puisi cinta kota Bandung)

2. Apa amanat Naon Nu Hayang di pinggir Panyajak Ka Urang? (Pesan apa yang akan disampaikan penyair kepada kita?)

(Pesan panyajak nyaeta yen kaendahan Bandung lemah cai saja, bisa dibaca misalnya jeung Kacaritakeun, Kalayan Leuwih Endah pakai bahasa sendiri, nyaeta, bahasa sunda/amanat para pujangga, agar keindahan Bandung bisa terpancar sendiri dibaca dan diceritakan dengan lebih indah, misalnya dalam bahasa kita sendiri yaitu bahasa sunda)

3. Apakah Anda benar-benar ingin menggunakan kota Bandung? (Apa yang dipikirkan penyair tentang kota Bandung?)

(Sajak pamanggih atau amanat dina hiji nyaeta atau pasualan anu hayang ada di pinggir sajak panyajak ka anu maca. Amanat panyajak geus ada di pinggir dina nomor 2.)

4. Kecap naon baé anu menggunakan lambang dina éta, pantun pikeun ngantebkeun, indahnya kota bandung bukan? (Kata-kata apa yang digunakan dalam puisi sebagai simbol untuk menonjolkan keindahan kota Bandung?)

(Kecap Lémbang, Kota Hérang Jeung Béntang/Mindeng Méré Ilham Kana Kalam/Tempat Pencampuran Geulisna)

5. Apakah Anda pikir Anda baik-baik saja? Titénan sarta jéntrékeun artinya nu aya dina to kaopat! (Bagaimana sikap penyair terhadap pembaca? Perhatikan dan jelaskan arti bait keempat!

(Sikep panyajak ka urang anu maca/urang sunda pikeun miara basa gandana sangkan kaéndahan Bandung lebih lengkap. Sikap penyair mengajak pembaca/sunda untuk menjaga bahasa daerahnya agar keindahan Bandung semakin lengkap.)

6. Cing jéntrékeun bédana jeungs jatuh sajak! (Katakan padaku perbedaan antara sajak dan kumur!)

Puisi nyaeta hiji adalah karya sastra dina wangun ugeran anu henteu kauger atau aturan kaiket ku, ungkapan atau kekayaan gagasan sa balikitan mangrupa, anu ditulis menggunakan aturan pupuh (biasanya dalam wangun ku opat nepi ka genep bait, sarta ditulis dina hiji pupuh Kaidah/syair Wungkul adalah karya sastra berupa kalimat yang tidak terikat kaidah, sebaliknya Geguritan adalah ungkapan atau percampuran gagasan yang ditulis menurut kaidah umum, biasanya terdiri dari empat sampai enam bait dan dalam kaidah khusus ditulis hanya untuk Pupuh.

7. Karya sastra Naon Baé Nu ditulis dalam Wangun Ugeran Tea? (Karya sastra apa yang ditulis dalam bentuk puisi?)

(Karya sastra Sunda seperti dan seterusnya ditulis dalam Wangun Ugeran atau Teh Puisi Nyaeta Wawacan, pantun Carita, mantra, pantun, Kawih, Herbst, Jeung Sisindiran/karya sastra Sunda berupa puisi Wawacan, cerita Pantun, mantra, pantun, Kawih, Geguritan dan Sindiran)

8. Sebutkan unsur-unsur pantun! (Sebutkan unsur-unsur puisi!)

(Unsur dalam rima sejati: baris/tema, nada & suasana, rasa, pesan jeung/Unsur dalam rima, yaitu: tema, nada & suasana, rasa dan pesan penyair)

9. Ibu jéntrékeun nu maksudnya tema jeung amanat dalam sajak ka témbong bedana! (Coba jelaskan makna tema dan pesan dalam puisi untuk melihat perbedaannya!

(Subjek yang sebenarnya dari sajak Eusi-Rumka. Misalnya, subjek sajak, seperti penggunaan Atika, agak mirip dengan pesan sebenarnya dari Anu Hayang semacam itu, di tepi Panyajak- saya Ka-Anu- Maca-Reims Contoh: Pesan Dina Hiji Anu Miboga tema menghidupkan, sakabeh jelema kudu sumanget, sabar, jeung, menyebarkan ilmu/subjek yang jujur ​​adalah hal utama yang menghidupkan puisi itu. isi Contoh tema puisi adalah pendidikan, sedangkan pesan adalah sesuatu yang ingin disampaikan oleh penyair kepada pembaca puisi tersebut.Misalnya, dalam puisi bertema pendidikan, pesannya adalah setiap orang perlu semangat, sabar , dan jujur ​​dalam belajar.)

10. Apakah Anda memiliki patalina antara tema, suasana dan simbol jeung dalam sajak? terkejut. Apa hubungan antara tema, suasana dan simbol dalam puisi? Untuk menjelaskan.

(Tema, suasana, simbol dalam pantun bisa didiskusikan sambil menyanyikan pantun Hiji. Langkah-langkah Kahiji, tema pantun melolong Natukeun, seperti tema alam, perang, cinta. Sanggeus memiliki rasa atmosfir, kombinasinya tempo (visual), pangrungu (audio), rasa imajinasi Sanggeus imajinasi, menggunakan simbol atau simbol, seperti simbol benda, warna, suara, suasana Terakhir, pilih kecap, begitu-begitu, jadi lala mibanda wirahma (wirahma ), murwakanti (puisi), sarta berisi gaya dasar./Langkah pertama, pertama-tama tentukan tema puisi, misalnya tema alam, perang dan cinta, tentukan perasaan dan suasana, seperti kesedihan atau kegembiraan .Sesuai dengan selera dan suasana, ada gabungan antara citraan visual, auditori (audio) dan emosional.Setelah timbul imajinasi, gunakanlah simbol-simbol atau lambang-lambang, seperti lambang-lambang O objek, warna, suara, suasana. Setelah semuanya pada tempatnya, pilihlah kata-kata yang enak dibaca, yang memiliki wirahma (ritme), murwakanti (berima), dan mengandung gaya dasar.

Semoga bermanfaat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button