Jangan hiraukan! BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek informasi cuaca sebelum berlibur ke Nataru - WisataHits
Jawa Timur

Jangan hiraukan! BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek informasi cuaca sebelum berlibur ke Nataru

AYOMALANG.COM – Cuaca di berbagai wilayah Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan intensitas hujan dan badai yang tajam, terkini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek informasi cuaca sebelum melakukan perjalanan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi cuaca saat melakukan perjalanan selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Bepergian dengan bijak dengan memperhatikan cuaca ekstrem yang akan terjadi agar selamat sampai tujuan dan menikmati libur Natal dan Tahun Baru, kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam konferensi pers daring di Jakarta, Selasa, 27 Desember 2018. 2022, mengutip jaringan Republika .co .id Ayomalang.com.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Pantai di Lumajang Jawa Timur, Cocok Jadi Destinasi Healing Saat Libur Akhir Tahun

Sedangkan untuk pengguna transportasi darat, BMKG telah mengintegrasikan informasi cuaca bagi pemangku kepentingan terkait seperti pemerintah daerah, baik untuk jalur tol maupun non tol.

“Dalam informasi tersebut terdapat jendela waktu dimana hujan cenderung tidak terjadi pada pagi hari, melainkan pada siang hingga sore hari. Saat itu bapak ibu bisa jalan-jalan,” ujarnya.

Guswanto menambahkan, untuk perjalanan udara, ada jeda saat cuaca cerah.

“Namun, tidak semua penerbangan harus ditutup. Jadi tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap memperhatikan pengamanan utama,” ujarnya.

Sementara untuk transportasi laut, kata Guswanto, BMKG juga bekerja sama dengan BPBD dan Dinas Perhubungan untuk memberikan informasi kondisi cuaca penyeberangan, baik tinggi gelombang maupun arus laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button