Jam buka saat ini dan harga tiket Taman Sari Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Jam buka saat ini dan harga tiket Taman Sari Jogja

KOMPAS.com – Taman Sari adalah wisata budaya dan sejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja. Taman Sari juga dikenal sebagai Water Park atau Istana Air karena kolam renang di dalamnya.

Situs ini masih berada di dalam Kompleks Keraton Yogyakarta, sekitar 650 meter atau tujuh menit berjalan kaki. Sebelum berkunjung, cek dulu jam buka dan harga tiket Taman Sari Jogja.

Baca juga: Kisah Taman Sari Jogja, Taman Air Tempat Para Sultan Bersantai

Taman Sari, YogyakartaShutterstock/Nuttaphong Kanchanachaya Taman Sari, Yogyakarta

Djoko Soekiman dalam buku Taman Sari (1993) mengatakan bahwa Taman Sari dibangun oleh Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengku Buwono I, pendiri Keraton Yogyakarta.

Berdasarkan naskah yang tersimpan di Keraton Yogyakarta, disebutkan bahwa yang melakukan pembangunan Gedung Taman Sari adalah Pangeran Mangkubumi atau Hamengku Buwana I, tulis Soekiman. Taman Sari (1993), dikutip Kompas.comSelasa (26/7/2022).

Baca Juga: Pari Klege di Kulon Progo Jogja, Wisata Kuliner Alam Terbuka Untuk Penyembuhan

Objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020).  Tamansari dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020). Tamansari dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.

Djoko mengatakan bahwa Taman Sari adalah taman air di dalam benteng. Sebelumnya, fungsi Taman Sari adalah sebagai tempat peristirahatan dan peristirahatan bagi Sultan Hamengku Buwono I, Permaisuri, anak-anak dan kerabat.

Mengunjungi Taman Sari, wisatawan dapat menemukan kolam pemandian, ruang ganti, taman, ruang dansa, lorong bawah tanah dan berbagai bangunan lainnya.

Wisatawan tidak hanya dapat belajar tentang sejarah dan budaya, tetapi juga mengambil foto di banyak tempat, mis. B. di kolam renang, di gerbang, di lorong, di tangga, dll.

Baca juga: Itinerary Tour Sehari di Sekitar Taman Sari, Ada Museum Budoyo di sana

Objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020).  Tamansari dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19/10/2020). Tamansari dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765.

Jam buka Taman Sari Jogja

Berdasarkan informasi dari Instagram Official Tamansari Jogja, @pariwisata_tamansari_yogyakarta, tempat wisata ini buka setiap hari. Jam buka Taman Sari Jogja mulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB.

Sehingga wisatawan dapat mengunjungi Taman Sari pada jam buka tersebut.

Baca Juga: 18 Wisata Pantai di Jogja, Daerah Paling Terkenal di Gunungkidul

Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Masih dari sumber yang sama, biaya masuk ke Taman Sari Jogja berbeda antara wisatawan lokal dan internasional. Tiket masuk untuk turis domestik adalah Rp 5.000 per orang, sedangkan tiket masuk untuk turis asing adalah Rp 15.000 per orang.

Selain tiket masuk, wisatawan dikenakan biaya tambahan untuk foto selain pemakaian telepon genggam Rp 3.000 per orang.

Baca Juga: 5 Wisata Malam Jogja Selain HeHa Sky View, Kunjungi Saat Liburan

Wisatawan berkunjung ke objek wisata Tamansari, Yogyakarta, Senin (19 Oktober 2020).  Di masa pandemi Covid-19, fasilitas wisata Tamansari menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjungnya.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi objek wisata Tamansari, Yogyakarta pada Senin (19/10/2020). Di masa pandemi Covid-19, fasilitas wisata Tamansari menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjungnya.

Taman Sari juga bisa digunakan untuk Lokasi atau lokasi film profesional. Namun, kondisi khusus berlaku untuk fasilitas ini.

Harga photo shoot Taman Sari untuk wisatawan lokal sudah termasuk foto sebelum pernikahan Rp 250.000, sesi foto profesional untuk pelajar dan Rp 150.000, sesi foto profesional umum Rp 250.000 dan foto produk Rp 500.000.

Sedangkan harga pemotretan untuk turis asing bagus untuk keperluan foto sebelum pernikahansesi foto profesional umum dan foto produk seharga Rp 500.000.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat HeHa Sky View Puas Dengan Pemandangan Jogja Yang Indah

Gapura Panggung sebagai pintu gerbang menuju objek wisata Tamansari, Yogyakarta.kratonjogja.id Gapura Panggung sebagai pintu gerbang objek wisata Tamansari, Yogyakarta.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (22.11.2021) pengunjung dapat menggunakan jasa pemandu alias pemandu wisata jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Taman Sari. Sedangkan harga pemandu wisata Taman Sari adalah Rp 50.000 per orang.

Nantinya pemandu akan menemani wisatawan dan menjelaskan sejarah dan kegunaan bangunan Taman Sari saat masih digunakan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button