Jalur pendakian baru Trisakti Sadarehe di Gunung Ciremai di Majalengka resmi dibuka - WisataHits
Jawa Barat

Jalur pendakian baru Trisakti Sadarehe di Gunung Ciremai di Majalengka resmi dibuka

KLIK CIAYUMAJAKUNING – Jalur pendakian Gunung Ciremai di kawasan Majalengka resmi ditambah.

Hal itu terjadi setelah jalan setapak bernama Trisakti Sadarehe, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) resmi dibuka untuk umum pada Sabtu (27/8).

Lokasi rute berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

Sebelumnya, Majalengka hanya memiliki satu jalur pendakian ke gunung tertinggi di Jawa Barat itu, yakni jalur Apuy di kabupaten Argapura.

Ketua Balai TNGC Teguh Setiawan mengatakan rencana pembukaan jalur Sadarehe sebenarnya sudah mengemuka sejak tahun 2019. Karena jalur tersebut sering digunakan oleh para pendaki sebagai jalur ilegal.

Guna meminimalisir angka kecelakaan akibat pendakian liar, kelompok masyarakat Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka mengusulkan untuk mengelola wisata pendakian di Jalur Sadarehe.

Selain itu, rencana pembukaan tersebut didukung oleh anggota Komisi IV DPR RI, Sutrisno, dan Direktur Jenderal KSDAE saat itu, Wiratno, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan pembukaan jalur tersebut. Dimulai dengan mengidentifikasi area potensial, mensurvei jalur kandidat, menghitung kuota dan daya dukung, mendirikan base camp dan jalur.

“Pertama pendakian pertama dilakukan ekspedisi pendakian Trisakti dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 17 Agustus 2022 yang diikuti 77 peserta,” kata Teguh, Sabtu (27 Agustus).

Akhirnya atas kesepakatan bersama, jalur resmi dibuka yang dilaksanakan secara simbolis pada Kamis (25/08) yang diikuti oleh unsur-unsur terkait, seperti: B. Dewan Desa Setempat, MPGC Tunas Karya, MPA Desa Bantaragung, MPA Desa Padaherang dan Anggota DPR RI, Sutrisno.

“Kemarin yang hadir 50 orang, terdiri dari Pemerintah Desa Payung, Tunas Karya MPGC yang diketuai Sutari, KKL Desa Bantaragung dan KKL Desa Padaherang, yang menyaksikan peresmian jalur pendakian baru di SPTN Wilayah II Majalengka”, ujarnya.

Source: ciayumajakuning.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button