Jaletreng Riverpark, taman kota dengan pemandangan sungai yang menawan di Tangsel - WisataHits
wisatahits

Jaletreng Riverpark, taman kota dengan pemandangan sungai yang menawan di Tangsel

Jaletreng Riverpark, taman kota dengan pemandangan sungai yang menawan di Tangsel

Jaletreng Riverpark merupakan taman kota yang dapat dikunjungi secara gratis. Taman yang terletak di Serpong, Tangerang Selatan ini menawarkan banyak atraksi.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Setapak, Setu, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten; Kasus: Verifikasi lokasi

Kota Tangerang Selatan memiliki beberapa taman kota menawan yang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu taman kota tersebut adalah Jaletreng Riverpark, sebuah ruang terbuka hijau seluas 7,2 ha dengan zona pejalan kaki di sepanjang Sungai Jaletreng, Tangerang Selatan. Dulu, taman menawan ini hanya dikhususkan untuk kegiatan olahraga dan seni.

Namun, taman indah ini telah diubah menjadi tempat wisata gratis. Wisatawan tidak perlu membeli tiket masuk untuk memasuki taman yang asri ini. Mereka hanya perlu membayar biaya parkir ketika mereka datang ke sini. Dengan demikian, taman ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi yang menarik, tetapi juga terjangkau untuk dikunjungi.

Beberapa review mengatakan taman kota di tepi Sungai Jaletreng ini mirip dengan Cheonggyecheon di Seoul. Kedua kawasan ini memiliki konsep yang hampir sama, yaitu kawasan pedestrian riparian yang terletak di tengah kota. Seberapa indah Taman Sungai Jaletreng? Periksa informasi di bawah ini.

Atraksi yang dimiliki Jaletreng Riverpark

Atraksi Taman Sungai JaletrengKredit gambar: Peta Google Francisca Xavier

Jaletreng Riverpark adalah salah satu taman paling populer di Tangerang Selatan. Di akhir pekan atau hari libur, taman kota cantik ini selalu dipadati wisatawan. Bahkan pada hari-hari biasa, banyak juga wisatawan yang datang ke taman ini, terutama pada pagi dan sore hari. Apa yang mendorong mereka datang ke taman sungai yang megah ini?

✦ Sungai Jaletreng yang Tenang

Taman kota yang baru diresmikan pada tahun 2021 ini terletak di sepanjang Sungai Jaletreng. Sungai tersebut merupakan anak sungai dari sungai Cisadane. Saat musim kemarau, air di sungai tampak jernih dan alirannya tenang. Kondisi ini membuat orang yang duduk di pinggir lebih rileks dan tenang.

✦ Pemandangan sungai yang indah

Di tepi sungai, wisatawan akan menemukan pemandangan hutan yang indah di tepi sungai. Selain itu, desain promenade atau zona pejalan kaki di tepi sungai juga sangat menarik. Area ini memiliki lantai dengan warna dan pola yang unik. Selain itu, sebagian dindingnya dipenuhi dengan mural-mural yang keren dan berwarna-warni.

✦ Taman yang teduh dan sejuk

Taman asri ini menawarkan suasana teduh dan sejuk karena memiliki banyak pepohonan. Riverpark sendiri sempat diubah menjadi hutan kota beberapa waktu lalu. Jadi jangan heran jika taman ini memiliki banyak tempat sejuk dan teduh untuk piknik dan bersantai.

✦ Fasilitas Jaletreng Riverpark Lengkap

Daya tarik lain dari taman sungai yang indah ini adalah fasilitasnya. Wisatawan akan menemukan fasilitas rekreasi yang lengkap di taman kota ini, mulai dari taman bunga hingga gazebo. Selain itu, mereka juga bisa menemukan wahana untuk anak-anak dan dewasa, berbagai jenis jajanan, dan penjual tanaman hias di taman asri ini.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Taman Sungai JaletrengKredit gambar: Google Maps Refan Alfarrel

Jaletreng Riverpark terletak di Taman Kota Area 2 BSD, Kota Tangerang Selatan, Banten. Karena letaknya yang berada di BSD, banyak wisatawan yang menyebut taman kota cantik ini Jaletreng River Park BSD. Riverpark yang menawan mudah diakses dari mana saja karena berada di tengah kota.

Jarak antara taman sungai ini dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta sekitar 36 km atau sekitar 40 menit dengan mobil melalui jalan tol Serpong-Cinere. Untuk mengunjungi taman kota ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Biaya parkir di taman kota yang indah ini berkisar antara Rp3.000 hingga Rp5.000 untuk kendaraan pribadi.

Riverpark terbuka untuk umum secara gratis. Selain itu, taman kota ini buka 24 jam sehari. Namun, wisatawan biasanya mulai ramai pada pukul 06.00 dan mulai tenang pada pukul 18.00. Di akhir pekan, turis biasanya datang jam 9 pagi. Selain itu, penjaja makanan dan wahana di taman ini juga hanya buka hingga pukul 18.00.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Taman Sungai Jaletreng yang MenarikKredit gambar: Google Maps Fahrizal Azmi

Jaletreng Riverpark merupakan tempat yang menawarkan banyak aktivitas menarik. Selain menarik, aktivitas ini benar-benar aman. Kegiatan ini juga cocok untuk wisatawan dari segala usia. Maka dari itu tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke sini bersama keluarga. Apa saja kegiatan menarik tersebut?

1. Bersantai di Jaletreng Riverpark

Taman kota yang indah ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai. Ada banyak area tempat duduk di taman yang bisa digunakan untuk bersantai. Suasana sejuk dan rindangnya taman kota di sore dan dini hari membuat aktivitas santai ini semakin menyenangkan. Dengan demikian, wisatawan akan merasa segar kembali saat kembali dari taman ini.

2. Naik kuda

Anak-anak yang berkunjung ke Jaletreng Riverpark akan dimanjakan dengan banyaknya wahana rekreasi. Salah satunya menunggang kuda. Kegiatan ini sangat cocok untuk mengajarkan si kecil mencintai binatang dan meningkatkan keberaniannya. Selama menunggang kuda, pawang anjing akan menemani mereka agar kegiatan ini dilakukan dengan aman sepenuhnya.

3. Naik Delman

Jika anak-anak tidak berani menunggang kuda, mereka bisa berkeliling taman dengan kereta kuda. Kegiatan ini hampir sama serunya dengan menunggang kuda. Selain itu, wahana delman ini juga mampu memberikan pengalaman menggunakan transportasi tradisional yang saat ini sudah sangat jarang ditemui di kota-kota besar.

4. Mengendarai mobil mainan

Kegiatan rekreasi lain yang bisa dilakukan anak-anak di taman sungai ini adalah menaiki mobil mainan. Ada banyak pilihan mobil listrik yang bisa disewa di taman ini, anak-anak pasti menyukainya. Selain itu, terdapat area khusus untuk berkuda yaitu di sekitar arena bermain, sehingga aman untuk anak-anak dan tidak mengganggu wisatawan lainnya.

5. Bermain di taman bermain

Taman bermain Jaletreng Riverpark tak kalah keren dengan area lainnya karena dinaungi oleh pepohonan. Selain itu, banyak permainan gratis yang bisa dimainkan anak-anak, seperti ayunan dan seluncuran. Selain itu, ada juga wahana lain yang bisa disewa seperti kereta mini dan rumah balon.

6. Sewa tempat tidur gantung

Wisatawan dewasa bisa menyewa hammock untuk bersantai di antara pepohonan rindang di taman kota ini. Di sebuah kawasan hutan kota, ada pengelola persewaan hammock. Tempat tidur gantung berwarna-warni dan tergantung di antara pepohonan. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati kesejukan dan keteduhan hutan kota dengan nyaman dan santai.

7. Jogging di Riverpark

Jogging merupakan kegiatan alternatif di Taman Sungai Jaletreng yang indah. Zona pejalan kaki yang indah di tepi sungai membuat kegiatan olahraga ini semakin menyenangkan untuk dilakukan. Jika wisatawan lelah, mereka bisa berhenti di salah satu kios tepi sungai dan beristirahat sambil menikmati pemandangan.

8. Bermain skateboard

Taman sungai yang indah ini terkenal dengan skatepark-nya. Lokasi skatepark ini tidak jauh dari theme deck 1 dan menghadap ke area “danau”. Di sini, wisatawan bisa mengasah keterampilannya dengan bermain skateboard. Taman skate ini juga diapit oleh dua tempat pengamatan. Dengan demikian, wisatawan yang lelah bermain skateboard bisa beristirahat dan berteduh di sana.

9. Ambil gambar

Jaletreng Riverpark tentunya memiliki banyak spot foto yang menarik. Salah satunya spot foto di taman bunga. Taman ini benar-benar indah dengan bunga dan lansekapnya yang menarik. Selain itu, wisatawan juga bisa mendapatkan foto yang instagramable di area berjalan kaki, taman bermain, dll.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Sungai JaletrengKredit gambar: Google Maps Fatih Sehat

Fasilitas yang tersedia di Jaletreng Riverpark sangat menunjang kegiatan rekreasi wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut adalah toilet, mushola, gazebo, tempat duduk, food court dan paviliun.

Selain itu, terdapat juga fasilitas yang mendukung kegiatan kesenian yaitu amfiteater. Dengan demikian, wisatawan tidak akan kesulitan memenuhi kebutuhannya di taman yang indah ini.

Jaletreng Riverpark adalah taman kota besar dengan pemandangan yang indah. Keindahan zona pejalan kaki taman megah ini bahkan sering dibandingkan dengan pejalan kaki Seoul yang terkenal. Selain asri, taman tepi sungai ini juga sejuk dan rindang karena dipenuhi pepohonan. Namun, taman sungai yang indah ini juga memiliki ruang terbuka untuk bermain.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button