Tukad Bindu, Menikmati Pemandangan Sungai Yang Menawan Di Tengah Kota Denpasar - WisataHits
wisatahits

Tukad Bindu, Menikmati Pemandangan Sungai Yang Menawan Di Tengah Kota Denpasar

Tukad Bindu, Menikmati Pemandangan Sungai Yang Menawan Di Tengah Kota Denpasar

Ingin mengunjungi tempat wisata di Bali yang unik dan berbeda dari biasanya? Segera kunjungi Sungai Tukad Bindu di Denpasar, Bali.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Touri, Kesiman, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika berbicara tentang wisata di Bali, pasti yang terlintas pertama kali adalah pemandangan pantai yang indah. Atau mungkin berbagai pura di Bali yang sangat terkenal dengan nuansa syahdunya. Namun jika ada wisatawan yang mencari tempat wisata yang sedikit berbeda, maka Sungai Tukad Bindu Bali bisa menjadi pilihan.

Karena sungai ini bukan tempat wisata melainkan sungai yang kotor bahkan ekosistem di dalamnya pun rusak. Padahal, kawasan sungai ini dulunya dikenal sebagai tempat yang angker sehingga jarang dikunjungi orang. Hingga akhirnya terjadi perubahan dimana sungai dibersihkan dan hal ini didukung oleh masyarakat setempat.

Setelah kawasan sungai menjadi bersih, suasana di sekitarnya juga berubah. Sungai yang dulunya mengalir deras dan terasa angker ini kemudian menjadi tempat wisata yang ramai pengunjung. Memang wisatawan yang datang ke sini tidak hanya berasal dari Bali saja, melainkan juga dari seluruh pelosok Indonesia bahkan dari luar negeri.

Atraksi Tukad Bindu

Daya Tarik Tukad Bindu DenpasarFoto oleh Nyoman Koplit di Google Maps

Keberadaan wisata sungai di tengah kota Denpasar bagaikan udara segar. Karena saat ini Denpasar sendiri sudah menjadi kota dengan jumlah penduduk yang besar dan aktivitas kendaraan bermotor juga sangat tinggi. Nah berikut beberapa tempat wisata sungai ini yang membuat wisatawan penasaran dan ingin berkunjung.

✦ Taman bermain di Sungai Bersih

Daya tarik utama dari wisata yang sukses ini adalah arena bermain yang berada di atas sungai. Di sini wisatawan bisa bermain air sepuasnya, baik di anak tangga di tepi sungai maupun langsung di tengah sungai. Jika anda berkunjung pada sore hari akan banyak anak-anak kecil yang bermain di sungai menggunakan ban atau pelampung.

✦ Ruang Olahraga yang Nyaman

Di kawasan wisata ini juga terdapat area olahraga yang cukup luas dan dilengkapi fasilitas bakat. Kawasan ini biasanya akan ramai pada pagi atau sore hari, banyak penduduk setempat yang pergi ke sana untuk berolahraga. Bahkan, banyak juga yang bersepeda di sekitar kawasan ini.

✦ Ruang hijau di tengah kota Denpasar

Keberadaan wisata Tukad Bindu bagaikan angin segar bagi kota Denpasar. Karena menara ini sekarang menjadi kawasan hijau dengan pepohonan yang cukup banyak. Penduduk setempat yang ingin menghirup udara segar dan merasakan suasana tenang biasanya datang ke sini.

✦ Sumber irigasi subak untuk sawah sekitar

Yang tidak kalah menarik dari rangkaian sungai ini adalah fungsinya sebagai sumber pengairan sawah subak yang mengelilinginya. Subak sendiri merupakan salah satu tradisi masyarakat Bali mengairi sawah. Hal ini biasanya cukup menarik perhatian wisatawan untuk menjelajah lebih jauh.

✦ Kegiatan Peken Nusantara

Terakhir, daya tarik yang membuat wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke sini adalah aktivitas Peken Nusantara. Dalam kegiatan ini akan banyak hiburan seperti pertunjukan Live musicpermainan tradisional anak, pentas seni dan masih banyak lagi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa daya tarik wisata sungai ini tidak hanya dilihat dari sisi wisata saja. Namun berbagai fungsi yang dimiliki tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tukad Bindu DenpasarFoto oleh Satomi May di Google Maps

Tempat wisata Tukad Bindu terletak di Gang Sikarini, Jalan Turi, Desa Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. Untuk berkunjung wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Karena wisata ini terletak di kota Denpasar dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum sekalipun.

Jika wisatawan berangkat dari Bypass Ngurah Rai, jarak yang harus ditempuh sekitar 6,6 kilometer atau sekitar 20 menit. Namun jika ingin menggunakan angkutan umum, wisatawan harus menggunakan bus dari Padang Galak dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Harga tiket masuk dan jam buka

Meski berada di wilayah Kota Denpasar dan tempatnya sangat menarik, namun wisata Tukad Bindu ini tidak dikenakan biaya masuk atau tiket apapun. Jadi semua orang bisa berkunjung ke sini secara gratis dan menikmati pemandangan sungai di dalamnya. Namun jangan lupa untuk menyiapkan uang untuk keperluan lain seperti membeli makanan atau minuman.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Objek Wisata Tukad Bindu DenpasarGambar Balifta S di Google Maps

Tukad Bindu merupakan tempat wisata yang diciptakan dengan berbagai ide kreatif dari masyarakat sekitar. Nah, saat berkunjung ke sini tentunya banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan dan wisatawan tidak akan bosan. Berikut beberapa kegiatan yang wajib dilakukan wisatawan saat berkunjung ke wisata sungai ini.

1. Main air di sungai

Kegiatan ini akan sangat seru apalagi jika wisatawan berkunjung ke Tukad Bindu bersama teman atau keluarga. Tidak perlu khawatir dengan kebersihannya karena air di sungai ini sudah sangat bersih dan bebas dari sampah. Dengan demikian, pasti akan aman dan tidak berbahaya bagi kulit.

2. Cari spot foto unik di Tukad Bindu

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik dan bisa dilakukan saat berkunjung ke wisata sungai ini adalah berburu spot foto unik. Biasanya wisatawan berfoto di tepian sungai atau di area hijau. Dan di atas sungai juga terdapat jembatan bambu yang membuat background foto semakin menarik.

3. Latihan

Berolahraga di sekitar sungai juga bisa menjadi aktivitas yang tak kalah seru dan patut untuk dicoba. Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa fasilitas telah disediakan di sini bakat dan dapat digunakan secara gratis. Jika ingin lebih santai, wisatawan bisa berlari atau jalan-jalan santai.

4. Wisata kuliner

Selama di Tukad Bindu, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner. Di sekitar sungai terdapat warung-warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, bahkan makanan khas Bali bisa ditemukan di sini. Dan harga dari setiap menu yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Kini, wisatawan tidak perlu bingung lagi saat melakukan perjalanan sungai ini. Karena banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan seperti bermain air, hunting spot foto, berolahraga atau berwisata kuliner.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemukiman Tukad Bindu DenpasarFoto oleh Satomi May di Google Maps

Fasilitas di Sungai Tukad Bindu terbilang cukup lengkap, seperti adanya tempat parkir, toilet, dan flushing room. Tempat parkirnya juga cukup luas dan bisa untuk motor maupun mobil. Sedangkan ruang bilas bisa digunakan untuk wisatawan yang ingin bersih-bersih setelah bermain di sungai.

Ada juga fasilitas kebugaran yang bisa digunakan oleh siapa saja yang berkunjung ke sini. Dan bagi wisatawan yang berkunjung dengan membawa anak kecil tidak perlu khawatir anak-anak akan bosan. Karena tempat wisata ini juga dilengkapi dengan arena bermain yang seru.

Tukad Bindu merupakan wisata edukasi yang sangat cocok untuk berbagai kalangan. Anak-anak, remaja hingga orang dewasa tidak akan bosan mengunjungi sungai ini. Karena ada begitu banyak yang harus dilakukan dan itu sangat menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button