Jalan Nglenyer Tingkatkan Penjualan Jambu Biji Kristal Merah - WisataHits
Jawa Timur

Jalan Nglenyer Tingkatkan Penjualan Jambu Biji Kristal Merah

Rabu 12 Oktober 2022 | 20:32 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Surabaya, InfoPublik – Program infrastruktur Pemkab Bojonegoro membangun jalan ke desa-desa terluar mendapat perhatian warga.

Salah satunya, akses menuju destinasi agrowisata jambu kristal merah di desa Bandungrejo kecamatan Ngasem menjadi semakin mudah. Di tempat wisata ini, pengunjung tidak hanya bisa mencicipi jambu kristal, tapi juga memetiknya langsung dari pohonnya.

Desa Bandungrejo sendiri terkenal dengan wisata buah lengkengnya. Namun, kini desa tersebut sedang mengembangkan potensinya menjadi buah jambu yang jernih.

Bagi Anda yang belum pernah ke sana, mengakses lokasi wisata Jambu Biji Kristal Merah tidaklah sulit. Lokasinya berjarak 5 km dari pertigaan Polsek Ngasem dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 7 menit. Bagi pengguna roda empat juga mudah karena jalannya lebar dan beraspal.

Tiba di lokasi jalan beraspal dan Nglenyer. Di kanan kiri jalan, Anda akan disuguhi taman jambu kristal merah dan taman lengkeng hijau.

Damun (50), salah satu pengelola Kebun Jambu Kristal Merah, mengatakan, kebun itu sudah berdiri sekitar satu tahun. Hingga saat ini pengunjung selalu ramai.

“Jambu kristal merah ini merupakan persilangan antara jambu kristal dan jambu biji merah. Baru kali ini di Kabupaten Bojonegoro,” jelasnya.

Dijelaskannya, ada sekitar 600 pohon di kebun yang saat ini memasuki musim panen. Dengan harga sekitar 15.000 rupiah/kilogram. Pemilik tanah rata-rata menjual Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Sementara pengunjung tidak hanya datang dari Bojonegoro tetapi juga dari luar daerah seperti Blora, Jawa Tengah. Saat ini pemasaran buah jambu kristal merah juga merambah media sosial.

Jalan nglenyer menuju desa tersebut dirasakan warga sebagai kontribusi nyata bagi pengembangan wisata jambu merah. Jalan aspal di lokasi berasal dari bantuan dana khusus (BKK).

“Manfaat lain dari pembangunan jalan aspal ini berdampak pada perekonomian masyarakat khususnya petani karena aksesnya sangat mudah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sejahtera Bandung Rejo Suprihadi mengatakan pihaknya mendukung penuh potensi wisata kebun jambu merah. “Semoga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Apalagi saat ini, lanjutnya, kawasan Bandungrejo sudah ditunjang dengan jalan yang sudah dicor dan diaspal, sehingga memudahkan masyarakat untuk menuju tempat-tempat wisata.

“Desa Bandung memiliki banyak potensi wisata yang belum tergarap secara maksimal. Selain keberadaan jambu kristal merah, juga ada kebun lengkeng, ayam petelur, dan peternak lebah,” ujarnya. (MC Diskominfo Provinsi Jawa Timur/non/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button