Wisata Tanah Longsor Plunyon, KKN Lokasi Desa Penari Ditutup - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Tanah Longsor Plunyon, KKN Lokasi Desa Penari Ditutup

Bisnis.comSOLO – Lokasi syuting KKN di Desa Penari, Wisata Plunyon ditutup sementara pasca longsor.

Longsor melanda kawasan wisata di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (29/12/2022).

Longsor disebabkan oleh hujan deras yang semakin menggerus kawasan Sleman Kamis sore, menyebabkan sejumlah tempat wisata di lereng Gunung Merapi diterjang longsor. Selain Plunyon Kalikuning, tempat wisata yang terkena longsor adalah Telogo Putri.

Kepala Subbidang Pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi Ahmadi mengatakan, ada beberapa titik longsor di kawasan itu, salah satunya di kawasan menuju pintu masuk kawasan wisata Plunyon Kalikuning.

Penutupan wisata ini dilakukan untuk menghindari longsor susulan yang bisa saja terjadi selama beberapa hari ke depan.

“Kemudian di sekitar loket lalu masuk kembali di Jembatan Kalikuning, ada pagar pembatas yang jebol terkena longsoran. Bahannya cukup banyak, tapi kita harus memastikan tidak ada longsor lagi,” ujarnya.

Kondisi memungkinkan, wisata KKN ini akan dibuka kembali di Dancer Village pada Sabtu, 31 Desember 2022.

Komandan Posko SAR Kaliurang Kiswanto mengatakan, hujan deras menyebabkan tebing di belakang Tlogo Putri longsor hingga menghantam bekas bangunan kolam renang.

“Itu terus meluncur ke tempat yang dulunya kolam renang, akhirnya air meluap,” katanya.

Meski banyak wisatawan saat terjadi longsor di Tlogo Putri, namun dipastikan tidak ada korban jiwa atau korban jiwa.

Bangunan bekas kolam renang sudah lama tidak digunakan. Material dari longsoran batu tersebut berakhir di bekas kolam renang, sehingga hanya air yang meluber ke area tersebut.

“Pada dasarnya tidak menimbulkan kerugian atau bahaya. Hanya air yang mencapai dasar. Bangunan itu sudah lama tidak digunakan. Tinggal pengambilan air untuk air minum PAM. Jadi tidak ada orang di sekitar, jadi relatif aman,” katanya.

Menurut dia, luapan air juga tidak sampai ke kawasan terminal Tlogo Putri. Tebing di balik runtuhnya Telogo Putri tingginya sekitar 12-15 meter. Beberapa jam setelah kejadian, terpantau juga air yang meluap sudah surut.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button