Jalan-jalan ke Singkawang? Jangan lupa jalan-jalan ke destinasi ini - WisataHits
Jawa Barat

Jalan-jalan ke Singkawang? Jangan lupa jalan-jalan ke destinasi ini

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong. Salah satu destinasi yang belum banyak menjadi destinasi utama namun memiliki potensi besar adalah destinasi wisata di Indonesia Kota SingkawangKalimantan Barat.

Menurut situs web Pemerintah Kota Singkawang, kota ini disebut sebagai kota tepi laut dan juga perbukitan karena di kawasan ini banyak terdapat pegunungan. Tak hanya itu, di tempat ini juga terdapat gunung yang menyentuh langsung bibir pantai Laut Natuna, sehingga menawarkan pesona alam yang mempesona.

Fitur topografi tersebut menjadikan sejumlah titik destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan yang datang ke sini. Berikut destinasi wisata di Kota Singkawang sebagaimana dikutip Hypeabis.id dari situs resmi Pemerintah Kota Singkawang.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Ramah Kantong di Kota Minyak Balikpapan

 

Taman Bukit Bougenville

Terletak di kaki Gunung Pasi, taman ini dikelilingi oleh hutan dan perkebunan. Kondisi ini memberikan nuansa yang menyenangkan pada kawasan wisata Bougenville Hill Park. Salah satu tempat wisata di Kota Singkawang yang banyak memiliki banyak bunga kertas atau bunga bugenvil dalam dengan warna yang berbeda. Bunga, sering disebut sebagai bunga kertas, adalah koleksi utama Taman Bougenville.

totalitas spesies bunga bugenvil Ada 46 spesies di taman ini. Taman ini dianggap sebagai salah satu tujuan wisata paling populer. Selain tanaman hias, di Taman Bukit Bougenville juga terdapat kebun buah.

 

Pantai berpasir panjang

Destinasi wisata lain di kota Singkawang adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini diberi nama Pantai Pasir Panjang karena garis pantainya yang panjang. Di tempat ini traveler bisa bermain perahu cepatPerahu pedal, go-kart, dll. Juga tersedia tempat penampungan Pondok Wisata dan Toko Suvenir.

Traveler juga bisa menginap di hotel atau penginapan yang ada di Pantai Pasir Panjang. Dari pantai, panorama laut biru, hijaunya Pulau Lemukutan, Pulau Kabung dan Pulau Randayan bisa memanjakan mata. Tidak hanya itu, hamparan pantai yang luas dan bersih juga bisa menjadi tempat berjemur dan berbagai aktivitas seperti voli pantai atau sepak bola pantai.

 

Taman Pulau Sinka (Pulau Simping, Rindu Alam, Sinka Zoo)

Sinka Island Park adalah sebuah taman wisata yang meliputi kawasan gabungan dari 4 gunung, 2 pantai dan 1 tanjung. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati berbagai destinasi wisata seperti Pulau Simping yang dikenal sebagai pulau terkecil di dunia.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Rindu Alam, tempat tertinggi dari seluruh bagian Tanjung Bajau Resort. Rindu Alam terletak di antara 4 gunung, dan juga terdapat berbagai bunga indah di tengah puncaknya.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat kebun binatang Sinka Zoo dan merupakan satu-satunya di Kalimantan Barat. Di kebun binatang ini, wisatawan bisa melihat berbagai satwa yang ada dengan mengendarai kendaraan pribadi.

 

Warisan budaya rumah Boscha

Rumah ini adalah rumah seorang pengusaha kaya Belanda bernama Karel Albert Rudolf Bosscha. Pengusaha itu datang ke Singkawang pada awal tahun 1889 untuk memeriksa perkebunan teh.

Kemudian ia membangun rumah peristirahatan di Singkawang karena jarak antara Puncak Lembang, Sanggau Ledo dan Sambas terlalu jauh. Pada tahun yang sama, Bosscha menikah dengan seorang penduduk lokal berdarah Jawa.

Pengusaha itu hanya setahun di Singkawang karena bisnis perkebunan di Jawa Barat harus mengembangkannya. Bosscha House adalah rumah panggung dengan arsitektur kolonial dan sentuhan Melayu lokal.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Berita Google)

Penerbit: Syaiful Millah

Source: hypeabis.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button