Jalan-jalan ke Sukoharjo dan jangan lupa mampir ke Baki Guitar Village - WisataHits
Jawa Tengah

Jalan-jalan ke Sukoharjo dan jangan lupa mampir ke Baki Guitar Village

Jalan-jalan ke Sukoharjo dan jangan lupa mampir ke Baki Guitar VillageFoto: Dua pengrajin membuat gitar (Solopos/R. Bony Eko Wicaksono)

MURIANEWS, Sukoharjo – Sukoharjo adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Sukoharjo terletak sekitar 10 kilometer dari kota Surakarta.

Sejauh ini, destinasi wisata di Sukoharjo beragam. Selain itu, juga terdapat berbagai peninggalan masa lalu di bagian kota ini.

Selain itu, ada satu lagi tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Sukoharjo. Yaitu kunjungan ke Desa Gitar Baki. Seperti namanya, desa ini merupakan penghasil gitar ternama.

Baca Juga: Cari Tempat Wisata Alam di Sukoharjo Gratis yang Instagrammable? Berikut rekomendasinya

Kampung Gitar yang dilansir dari laman kemenparekraf.go.id ini berlokasi di Desa Mancasan, Kecamatan Baki. Kampung Gitar Baki Sukoharjo merupakan kampung dengan ratusan keluarga yang berprofesi sebagai pengrajin gitar.

Saat memasuki Kampung Gitar Baki Sukoharjo, pengunjung bisa langsung melihat betapa terampilnya tangan para pengrajin dalam membuat berbagai jenis alat musik petik. Mulai dari gitar klasik, gitar akustik dengan model klakson, ukulele, mandolin, hingga biola.

Sejarah desa gitar Baki

Sudah ada sejak tahun 1975, hampir 90 persen masyarakat yang tinggal di Kampung Gitar Baki Sukoharjo mencari nafkah dari pembuatan gitar. Konon, keberlangsungan Kampung Gitar Baki Sukoharjo sebagai kampung wisata dan sentra gitar dimulai dengan penguatan masyarakat yang selalu mengedepankan kearifan lokal.

Bahkan kabarnya warga sudah bisa membuat berbagai jenis alat musik gitar secara turun temurun. Namun demikian, membangun sebuah gitar bukanlah tugas yang mudah, karena setiap pengrajin membutuhkan keterampilan dan kesabaran khusus untuk menciptakan alat musik yang lancar dan enak dimainkan.

Membuat alat musik gitar membutuhkan proses yang panjang. Dimulai dengan penghalusan dengan amplas, spatula, pengamplasan lagi, memasuki tahap pengecatan, pelapisan melamin, diakhiri dengan penjemuran dengan cara dijemur.

Menariknya, ternyata Kampung Gitar Baki Sukoharjo menawarkan pesanan gitar custom khusus yang tidak banyak dijual di pasaran. Baik kayu mahoni, jati belanda, waru atau sengon, Anda bebas memilih desain dan bahan.

Gitar lokal di pasar internasional

Seiring berjalannya waktu, industri gitar terus berkembang dan menyebar ke seluruh pelosok desa. Berawal dari Desa Mancasan, industri kreatif pembuatan gitar saat ini merambah ke Desa Ngrombo Kecamatan Baki dan Desa Pondok Kecamatan Grogol.

Tidak hanya perajin yang bertambah, pelanggan yang mengincar gitar lokal dari Baki Guitar Village juga meningkat. Tidak hanya dibeli oleh pecinta dan pemain alat musik petik dari Indonesia, gitar asli buatan pengrajin lokal ini berhasil menarik perhatian pasar internasional.

Beberapa negara menjadi tujuan ekspor gitar akustik dan ukulele dari Kampung Gitar Baki Sukoharjo. Ini termasuk Singapura, Filipina, Malaysia, Jerman, Italia dan sejumlah negara Eropa lainnya.

Bagaimana dengan Anda yang tertarik melihat proses pembuatan gitar di Kampung Gitar Baki Sukoharjo?

Pengarang : Dani Agus
Penerbit : Dani Agus
Sumber: Kemenparekraf.go.id

Source: www.murianews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button