Jalan-jalan ke Magelang? Cobalah dan nikmati - WisataHits
Jawa Tengah

Jalan-jalan ke Magelang? Cobalah dan nikmati

JAKARTA, investor.id – Tahukah Anda bahwa ada sebuah kota di Indonesia yang dikelilingi oleh lima gunung sekaligus?
Ya, kota tersebut adalah Kota Magelang yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Telomoyo dan juga Menoreh.

Meski tidak memiliki bandara, Anda tetap bisa menuju kota ini terlebih dahulu melalui kota Yogyakarta atau Solo. Ada banyak penerbangan ke dua kota ini dengan maskapai seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Citilink dan juga maskapai lainnya.

Jarak antara Solo dan Magelang atau Yogya dan Magelang tidak terlalu jauh. Anda bisa memesan hotel yang menawarkan antar jemput bandara agar lebih mudah. Apalagi jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi sendiri. Anda dapat dengan mudah menemukan informasi tentang pengaturan ini di aplikasi Traveloka.

Meski bukan kota besar, bisa dikatakan kota Magelang cukup berkembang. Infrastrukturnya berkembang dengan baik, selain itu, ada beberapa sekolah populer atau pesantren terkenal di kota ini. Lokasinya juga strategis karena dekat dengan kota-kota besar seperti Jogja atau Solo.

Pecinta gunung akan senang datang ke Magelang karena ada lima gunung yang bisa dijelajahi. Namun jangan khawatir, meski tidak suka mendaki, Anda tetap bisa datang ke Magelang untuk menikmati sajian kuliner yang lezat. Apakah ada sesuatu? Berikut rekomendasinya:

1. Tahu Kupat Magelang
Makanan berat yang rasanya manis dan gurih ini sangat cocok untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Sesuai dengan namanya, bahan utama tahu kupat adalah tahu kupat dan kopong, yang digoreng dan diiris-iris, lalu di atasnya diberi saus berwarna cokelat yang rasanya manis dan asam.

Selain tahu, juga ditambahkan taoge, seledri, bawang goreng dan kacang goreng. Sebagai tambahan, Anda dapat meminta telur dadar atau protein lain yang tersedia. Penikmat Kupat Tahu Magelang sangat beragam dan mulai dari orang sederhana hingga presiden yang sangat menyukai kuliner ini.

Anda bisa dengan mudah menemukan Penjual Kupat Tahu Magelang di Kota Magelang. Namun yang paling terkenal adalah Kupat Tahu Magelang Mojok. Anda dapat memeriksa peta google untuk lokasi yang tepat.

2. Sop Senerek Pak Parto

Wisata di MagelangSop Senerek Pak Tartos. (Berita Dok. Magelang)

Dengan bahan dasar daging, iga atau buntut, serta ayam, Sop Senerek selalu diburu oleh pengunjung baru kota Magelang. Memang sup bening ini sangat terkenal dengan kelezatannya. Juga segar dan enak.

Kalaupun tampilan sup ini bisa dibilang sederhana. Gunakan hanya piring, nasi, kuah, potongan wortel, bayam, kacang merah dan juga lontong. Berdasarkan cerita, sup ini sebenarnya adalah masakan dari Belanda, yang kemudian diolah dengan resep tersendiri.

Orang Belanda menyebutnya Snert Soup alias Sop Kacang Polong. Tapi masyarakat kita berusaha merevisinya dan memberinya nama Sop Senerek. Apapun itu jangan lupa mampir dan coba sop ini kalau ke Magelang.

3. Bagian dari menjadi sehat

Buah Mangut Sehat. (Dok.Kompas.com)

kamu boleh tepercaya dengan hidangan yang disebut mangut. Di Yogyakarta tepatnya di daerah Bantul ada mangut lele yang terkenal dengan kelezatannya. Nah, di Magelang, Mangut yang terkenal adalah Mangut Beong Sehati.

Mangut beong menggunakan bahan dasar ikan beong goreng kemudian dimasak kembali dengan bumbu dan dicampur dengan santan dan di atasnya ditaburi potongan cabai. Mangut Beong berhasil menarik perhatian para pecinta kuliner. Warung yang menjual Mangut ini sangat melegenda dan bisa anda temukan tidak jauh dari tempat wisata Candi Borobudur.

Sangat menyenangkan bukan, setelah mengunjungi dan berkeliling candi, Anda bisa mampir ke booth Mangut Beong Sehati. Jangan lupa untuk memesan es teh agar lebih segar dan nikmat.

4. Wedang Kacang Kebon

Wedang Kacang Kebon Magelang (doc.travellingyuk.com)

Jika sebelumnya menu makanan berat, kali ini Anda bisa mencoba Wedang Kacang Kebon yang cocok disantap sambil ngobrol santai. Sesuai dengan namanya, wedang ini terbuat dari kacang tanah yang direbus hingga empuk kemudian disiram dengan air jahe dan ditambahkan gula.

Itu hangat tetapi juga hangat. Tidak hanya menikmati Wedang, Anda juga bisa memetik tahu, tahu bacem dan gorengan lainnya.

5. Mie Goreng Menayu Muntilan

Bakmi Goreng Menayu Muntilan (Kredit gambar: Bambuwulung.wordpress.com)

Anda pecinta mie jawa? Jika jawabannya iya, maka kamu wajib mampir untuk mencoba Mie Goreng Menayu ini. Mienya besar-besar, dimasak dengan ayam kampung, telur bebek dan juga bumbu mie Jawa yang enak. Selain itu, mi ini dimasak di atas anglo, bukan di atas kompor biasa.

Selain mie, ada menu lain seperti rica-rica goreng, nasi goreng, bihun, dan lain-lain. Mencocokkan kebutuhan Anda. Sekarang,Berikut lima restoran seru dan unik di Magelang. Jangan lupa untuk memesan tiket hotel atau pesawat melalui aplikasi Traveloka. Selamat merencanakan liburan Anda!

Penerbit: Jayanti Nada Shofa ([email protected])

Source: investor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button