Jadwal lalu lintas di Bogor, dari ganjil genap hingga car free night - WisataHits
Jawa Tengah

Jadwal lalu lintas di Bogor, dari ganjil genap hingga car free night

TEMPO.CO, jakarta – Polres Bogor akan menerapkan beberapa strategi atau rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dari dan ke jalur Puncak akhir pekan ini menjelang malam tahun baru. Kebijakan yang diterapkan antara lain sistem satu arah di Jalur Puncak, genap dan ganjil, serta car free night.

Di Jalur Puncak, penerapan sistem satu arah bahkan sudah dimulai pada Jumat, 30 Desember 2022. Dikutip dari Antara, sistem satu arah dari Puncak Bogor ke Jakarta diberlakukan mulai pukul 14.50 WIB. Kendaraan menuju puncak akan berhenti langsung di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor.

Sistem satu arah ini diperkenalkan setelah terjadi kemacetan di jalur penghubung antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Teknik lalu lintas ini digunakan selama sekitar satu jam untuk mengurai kendaraan di Jalur Puncak.

Kepadatan kendaraan terjadi sejak pukul 13.15 WIB di beberapa tempat usai ibadah Jumat.

Beberapa titik yang terjadi kemacetan adalah dari Simpang Gadog hingga Cimory megamending jalur Jakarta hingga Puncak. Pada jalur Puncak menuju Jakarta, kemacetan terjadi di KFC Cisarua, Pasar Cisarua hingga Taman Safari Indonesia (TSI) dan Taman Wisata Matahari (TWM) hingga Cimory Megamending.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin dari Pos Pelayanan Terpadu Gadog mengatakan, volume kendaraan menuju Puncak meningkat sekitar 20 persen dibanding hari biasa.

Kepadatan lalu lintas pada Jumat sore ini disebabkan masyarakat yang merayakan malam tahun baru 2023 di Puncak ingin datang lebih awal sebelum jalur ditutup total akibat adanya “Car Free Night” (CFN) pada malam tahun baru 2023.

“Sejak awal kami diinformasikan bahwa pembatasan akan diberlakukan pada 31 Desember 2022 setelah aktivitas masyarakat di jalur Puncak meningkat dengan car free night pada malam tahun baru 2023,” kata AKBP Iman.

Ia mengatakan mulai Jumat pukul 15.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 24.00 WIB, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem kendaraan ganjil genap.

Iman mengatakan hingga 2.500 pekerja gabungan terlibat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk pengamanan.

“Operasi Lilin 2022 dilakukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 mulai 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023,” kata Iman.

Dia mengatakan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sepakat menempatkan 2.500 personel di 15 pos pengamanan di pusat-pusat keramaian.

Iman menjelaskan posko utama Operasi Lilin Lodaya berada di Mapolres Bogor, Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Rindu Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung dan Parungpanyang.

Baca Juga: Kawasan Puncak Akan Ditutup Selama Tahun Baru 2023

Apakah Anda ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Mari bergabung dengan grup Telegram GoOto.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button