Curug Klenting Kuning, Air Terjun Efektif di Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Curug Klenting Kuning, Air Terjun Efektif di Semarang

Curug Klenting Kuning bisa juga disebut Air Terjun atau Grojogan, masyarakat setempat biasa menyebutnya Grojogan Klenting Kuning.

Air terjun atau Grojogan ini terlihat unik karena tebing tempat aliran airnya berwarna kuning, konon hal ini disebabkan oleh airnya yang mengandung belerang yang cukup banyak.

Secara bahasa, Klenting Kuning berasal dari dua suku kata yaitu klenting yang berarti kendhi dan kuning yang berarti kuning. Jadi bisa diartikan bahwa Klenting Kuning adalah kendhi kuning.

ayo main airayo main air Google Maps. Sumber: Suby Lutolf

lihat juga: air terjun lawe

Kondisi Grojogan Klenting Kuning saat ini terlihat berbeda dengan sebelum kedatangan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Semarang. Mungkin karena tutup sementara sehingga beberapa spot terlihat terabaikan.

Namun keindahannya tetap bisa kita nikmati, berikut penjelasan dari Grojogan Klenting Kuning untuk semua orang yang menyukai wisata air terjun.

Lokasi Air Terjun Klenting Kuning

Lokasi Curug Klenting Kuning berada di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Perkiraan waktu untuk sampai ke Curug Klenting Kuning jika datang dari Ungaran hampir 1 jam sedangkan dari Bandungan memakan waktu sekitar 30 menit.

Rute yang bisa Anda tempuh saat berangkat dari Pasar Bandungan mengarah ke Jl. Sukorini untuk pergi ke Jl. Persekutuan Selatan. Lurus saja terus sampai sampai di Jl. Raya Sumowono.

Kemudian tinggal cari lokasi Curug Klenting Kuning itu sendiri, akses jalan bisa di akses mobil atau motor, tapi lebih seru ojek.

Setelah memarkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk sampai ke Grojogan Klenting Kuning. Jalur trekkingnya tertata dengan baik, Anda tinggal mengikutinya saja. Jaraknya tidak terlalu jauh, kurang dari 5 menit Anda sudah berada di depan Air Terjun Grojogan Klenting Kuning.

Trekking ke air terjunMendaki ke air terjun. Google Maps. Sumber: Air Terjun Curug Klenting Kuning

Lihat juga: Air Terjun Gending Asmoro

Jam buka Air Terjun Klenting Kuning

Jam operasional Air Terjun Klenting Kuning setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 08:00 hingga 18:00 waktu setempat.

Tiket masuk Air Terjun Klenting Kuning

Tiket masuk Grojogan Klenting Kuning sangat murah, Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000 per orang saja. Ditambah dengan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Air Terjun Klenting Kuning

Fasilitas di sekitar kawasan Curug Klenting Kuning memiliki beberapa fasilitas wisata utama, seperti:

  • Toilet,
  • Paviliun,
  • Masjid,
  • Parkir Kendaraan.

fasilitas yang tersediafasilitas yang tersedia. Google Maps. Sumber: Teguh AW

baca juga: air terjun terkadang mandi getar

Daya tarik air terjun Klenting Kuning

1. Cerita dibalik Grojogan Klenting Kuning

Sebuah cerita atau sejarah suatu tempat biasanya menjadi daya tarik utama dari atraksi tersebut. Jadi sebelum kita lanjut, mari kita simak cerita menarik di balik keberadaan air terjun Klenteng kuning ini.

Klenting Kuning adalah tokoh dalam cerita Ande Ande Lumut yang menikah dengan Panji Asmarabangun, putra mahkota Kerajaan Jenggala.

Klenting Kuning dan Panji Asmarabangun atau Ande Ande Lumut konon pernah bertemu tepat sebelum Grojogan Klenting Kuning. Di sekitar Grojogan Klenting Kuning juga terdapat mata air yang dianggap keramat dan bergizi oleh masyarakat sekitar.

grojogan klenting kuninggrojogan klenting kuning. Google Maps. Sumber: Suby Lutolf

lihat juga: air terjun panji songo

2. Lebih dari sekedar air terjun

Jika Anda berkunjung ke Grojogan Klenting Kuning, Anda akan menikmati beberapa air terjun dengan ketinggian dan bentuk yang berbeda-beda. Air terjun utama yaitu Grojogan Kuning memiliki ketinggian sekitar 8 meter.

Sedangkan air terjun kedua yang biasa disebut Grojogan Klenting Biru memiliki ketinggian yang lebih pendek namun memiliki bentuk yang lebar dan memiliki beberapa anak tangga. Untuk menuju Grojogan Klenting Biru, Anda hanya perlu naik.

Tidak ada kolam di sekitar Grojogan Klenting Biru, jadi Anda hanya bisa bermain-main saja. Sedangkan Grojogan Klenting Kuning memiliki kolam yang cukup luas.

3. Alam yang indah

Alam di sekitar Grojogan Klenting Kuning masih asri, di lereng Gunung Ungaran udara di sekitar air terjun terasa sangat sejuk, begitu juga air terjun.

Banyak terdapat tanaman bunga kecubung atau terompet, sehingga banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai spot untuk berfoto.

Sangat menyenangkan untuk bersantai di Grojogan Klenting Kuning, selain menikmati air yang mengalir, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang menyejukkan.

banyak bunga terompetbanyak bunga terompet. Google Maps. Sumber: Adynaufal

lihat juga: Air Terjun Semirang

Menyimpulkan

Sebuah tempat wisata alam harus selalu diusahakan agar keindahannya tetap bisa dinikmati agar bisa menjadi tujuan liburan yang nyaman.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button