Itera membuka program S1 baru di bidang Pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Itera membuka program S1 baru di bidang Pariwisata

Itera membuka program S1 baru di bidang Pariwisata

TEMPO.CO, jakarta – Institut Teknologi Sumatera (Itera) membuka program sarjana pariwisata pertama di Provinsi Lampung. Rektor Itera I Nyoman Pugeg Aryantha mengatakan, prodi baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pariwisata nasional.

Apalagi keberadaan pariwisata di Indonesia dengan potensi yang sangat besar masih belum maksimal, ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Itera pada Selasa, 24 Januari 2023.

Persetujuan pendirian program studi pariwisata di Itera tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No. 94/E/O/2023 tentang persetujuan pendirian program studi pariwisata untuk program mahasiswa di Institut Teknologi Sumatera ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 13 Januari 2023.

Baca Juga: Berapa Lama Mayat Manusia Bertahan Sebelum Membusuk di Tanah?

Pugeg mengatakan program sarjana pariwisata berfokus pada bidang perencanaan tujuan wisata, studi dan manajemen pariwisata, dan studi fisik dan ekologi dalam pariwisata.

“Indonesia belum masuk 10 besar tujuan wisata luar negeri. Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian, dan hadirnya program studi S1 ​​Pariwisata Itera ini merupakan upaya peningkatan kualitas dan kuantitas SDM di bidang pariwisata,” ujarnya.

Selain itu, ia juga merasa program S1 Pariwisata sangat dibutuhkan baik di Provinsi Lampung, Sumatera maupun Indonesia karena minimnya konektivitas, infrastruktur pariwisata yang kurang memadai serta kemauan masyarakat sekitar destinasi wisata.

Rektor juga menegaskan bahwa industri pariwisata dalam negeri belum diarahkan pada isu-isu global yang berkaitan dengan kualitas lingkungan.

“Ini salah satu penyebab rendahnya kualitas pariwisata Indonesia. Sedangkan potensi pariwisata Indonesia sangat luar biasa, mulai dari keindahan alam, keunikan fenomena alam dan budaya masyarakatnya yang sangat kaya,” ujarnya.

Dengan adanya program studi ini, lanjut Pugeg, diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul yang mampu melakukan analisis kebijakan dan merancang serta membuat rencana pariwisata, pengadaan infrastruktur pendukung, serta mengelola industri pariwisata itu sendiri dan memasarkan pariwisata tingkat nasional dan global. .

Selalu update informasi terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik gabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button