Daftar wisata ekstrim di Gunungkidul, bukan untuk yang lemah hati! - WisataHits
Yogyakarta

Daftar wisata ekstrim di Gunungkidul, bukan untuk yang lemah hati!

Kabupaten Gunungkidul terkenal dengan wisata pantainya yang eksotis. Di pantai yang indah ini, wisatawan menghabiskan waktu bermain air atau sekedar piknik dadakan dan menikmati makan siang.

Ternyata beberapa pantai di Gunungkidul tidak hanya menawarkan panorama yang indah atau sekedar bermain air. Buat kamu yang suka petualangan ekstrim, berikut 7 Pantai Unik dan Wisata Kuliner di Gunungkidul yang bakal bikin kamu berkeringat.

1. Gondola Tradisional di Pantai Timang

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Untuk Pengecut!Gondola di Pantai Timang (instagram.com/pantai_timang)

Bagi Anda yang mengaku berani, inilah saatnya menguji keberanian Anda dengan menaiki gondola tradisional di Pantai Timang. Awalnya gondola digunakan oleh nelayan sebagai jalan menuju Batu Panjang untuk mencari kepiting. Kini moda transportasi tradisional ini menjadi salah satu magnet bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Gunungkidul.

Pada turunan penyeberangan gondola hanya dapat menampung satu atau dua orang, petugas juga selalu mengecek kondisi, hal ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

2. Jembatan gantung di pantai Sinden

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Untuk Pengecut!Pantai Sinden (instagram.com/kharinawindi)

Jangan bayangkan bisa menikmati pasir putih seperti di tempat wisata lainnya saat berada di pantai Sinden. Pasalnya, pantai yang terletak di Desa Jepitu ini hanya memiliki tebing-tebing tinggi dan terjal yang akan membuat Anda mengepak.

Namun jangan mengira jika berkunjung ke pantai ini tidak bisa melakukan aktivitas seru. Anda bisa menyeberangi jembatan kayu yang menghubungkan Pantai Sinden dengan Pulau Kalong. Tidak hanya jaraknya yang jauh, Anda harus menyeberangi lautan saat ombak menerjang di bawah Anda. Buat kamu yang takut ketinggian, lebih baik jangan main-main!

Baca Juga: Pantai Gunungkidul Ngetun: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Wisata

3. Petualangan di Gua Jomblang

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Untuk Pengecut!Pemandangan Gua Jomblang (goa-jomblang.com)

Ingin mencari suasana atau wisata baru selain pantai di Gunungkidul? Tidak ada salahnya mencoba Goa Jomlang. Anda memasuki perut bumi dan berjalan melalui bebatuan di dalamnya. Pengalaman eksotis ini pasti akan membuat Anda mengingat tempat yang satu ini selamanya.

Jangan khawatir jika memasuki goa vertikal adalah pengalaman pertama Anda karena akan ada pendamping yang akan membantu Anda. Perlengkapan keselamatan seperti helm, tali, senter, dan sepatu bot juga tersedia di tempat wisata Goa Jomblang agar wisatawan tetap nyaman berada di dalam goa.

4. Mendaki gunung api purba Nglanggeran

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Untuk Pengecut!gunung tua nlangangeran (instagram.com/adyssal_adventure)

Berbicara tentang wisata ekstrim di Gunungkidul, jangan lupa untuk mencoba panjat tebing di gunung purba Nglanggeran. Berbagai macam tebing dengan tanjakan dan kesulitan yang berbeda-beda, asyik untuk dicoba.

Selain panjat tebing, panjat tebing adalah kegiatan lain yang menantang. Untuk menuju puncaknya, jalan yang perlu dilalui tidak terlalu curam, sehingga sangat cocok untuk pemula yang baru memulai pendakian.

5. Ikuti sungai di Gua Pindul

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Untuk Pengecut!Gua Pindul (instagram.com/goapindulwisata)

Sedang mencari aktivitas yang aman namun memacu adrenalin bersama keluarga di Gunungkidul? Jawabannya adalah bantaran sungai di Gua Pindul. Perjalanan seru menyusuri sungai di dalam gua adalah pengalaman seru yang cukup menegangkan. Seorang penjaga akan menemani Anda ke pengiriman dan memberi tahu Anda tentang kondisi gua.

Nah, tidak jauh dari Gua Pindul terdapat Sungai Oya yang menawarkan aktivitas seru berupa arung jeram. Kapan lagi bisa menikmati eksotisme tebing tinggi sambil arung jeram jika bukan di Gunungkidul?

Baca juga: Profil Hokky Caraka, Penyerang Utama Timnas U-19 Gunungkidul

6. Paralayang di Bukit Paralayang Watugupit

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Untuk Pengecut!Bukit Paralayang Watugupit (Instagram.com/wisatadiyogyakarta)

Rekomendasi wisata ekstrim lainnya adalah menikmati keindahan Gunungkidul dengan paralayang dari ketinggian. Saat berada di Bukit Paralayang Watugupit, Anda akan merasa seperti “terbang” dari perbukitan.

Meski lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis, Bukit Paralayang Watugupit berada di kawasan hutan Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul. Kalau kamu punya nyali untuk pergi paralayang, siapkan budget sekitar Rp 300.000!

7. Kenikmatan kuliner belalang goreng

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Untuk Pengecut!belalang goreng (pixabay.com/kai62)

Gunungkidul tidak hanya memiliki wisata alam yang menantang, ada juga kuliner unik yang jarang ditemukan di daerah lain, yaitu menikmati belalang goreng. Hewan yang dianggap pengganggu oleh petani diubah menjadi jajanan renyah oleh warga sekitar. Belalang goreng mudah ditemukan di sepanjang jalan menuju toko oleh-oleh di Gunungkidul!

Lengkapi wisata ekstrim di Gunungkidul bukan? Mulai dari pantai, gua hingga kuliner yang unik. Ngomong-ngomong, mana yang ingin kamu coba dulu?

Baca Juga: 11 Candi Hindu di Gunungkidul, Beberapa di Pantai

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button